Kenapa Kalo Lapar Perut Suka Bunyi Tanpa Permisi?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Rabu, 11 Maret 2020 11:22
Kenapa Kalo Lapar Perut Suka Bunyi Tanpa Permisi?
Andai aja perut bisa bilang-bilang kalau mau bunyi...

Kebalikannya kenyang itu lapar, tentu saja. Orang kalau kekenyangan bisa susah sampai susah gerak. Tapi sekalinya kelaparan, perut bisa bunyi kencang. Kalau kata banyak orang, itu namanya keroncongan.

Kalau bunyinya pas lagi ngumpul sama teman, apalagi meeting pekerjaan, aduh, rasanya malu gimana gitu. Kenapa sih kalau lapar itu perus harus bunyi, nggak bisa bilang-bilang dulu gitu? Aduh!

1 dari 3 halaman

Ternyata, dilansir dari Aladokter.com, kalau lapar perut kita emang suka bunyi tiba-tiba lias keroncongan. Ya, bisa diibaratkan bunyi itu merupakan sinyal untuk kita agar segera makan lagi.

Ketika lapar, ada zat pada otak yang mengaktifkan 'keinginan' kita untuk makan. Kemudian zat tersebut akan mengirim sinyal ke usu atau lambung. Terjadilah kontraksi pada sistem pencernaan yang akhirnya menyebabkan bunyi.

Ketika lapar, itu juga berarti kadar gula darah rendah dalam tubuh kita rendah. Usus pun nggak punya nutrisi dari darah yang cukup, dan karena hal itu bunyi di perut pun bunyi kencang. Ya, kalau udah gini, tandanya kamu harus segera makan.

2 dari 3 halaman

Perut juga bisa bunyi walaupun nggak lapar lho. Ya, dilansir dari Hellosehat.com, hal itu dikarenakan adanya gerakan peristaltik, yaitu gerakan yang nggak bisa disadari dan langsung diatur dari otak.

Gerakan tersebut merupakan gerakan yang dilakukan oleh organ di dalam perut seperti lambung, usus halus, dan usus besar. Entah dalam keadaan lapar atau nggak, gerakan tersebut bisa sewaktu-waktu terjadi kok.

3 dari 3 halaman

Kalau kamu sedang menghadiri pertemuan penting, kalau bisa jangan biarkan perutmu kosong, nanti bisa kelaparan. Apalagi kalau lagi ketemuan sama gebetan. Kalau udah begini, kan bisa-bisa kamu yang harus menanggung malu...

Beri Komentar