Kebiasaan Mengorok Saat Tidur Bisa Sebabkan Penuaan, Mitos atau Fakta?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Senin, 14 September 2020 08:25
Kebiasaan Mengorok Saat Tidur Bisa Sebabkan Penuaan, Mitos atau Fakta?
Apa hubungannya mengorok dan penuaan ya?

Mengorok atau mendengkur merupakan gangguan dalam tidur yang umumnya mengganggun orang disekitar. Suara bising yang keluar dari mulut ini ternyata dapat membuat seseorang jadi lebih cepat tua lho.

Dilansir dari MedicalDaily.com, terdapat sebuah penelitian dari jurnal Sleep yang menunjukkan satu hal yang menyebabkan kebiasaan mendengkur memang harus dihindari. Gangguan ini pun dapat menyebabkan penuaan dini.

1 dari 2 halaman

ilustrasi tidur dengan pasangan © Diadona

Saat mendengkur, hal ini akan mengganggu saluran nafas selama tidur. Karena hal ini akan menyebabkan kurangnya oksigen dalam darah.

Penelitian inimenunjukkan jika tubuh seseorang akan lebih tua 215 hari dibanding usia aslinya. Gangguan tidur juga diketahui juga dapat membuat seseorang lebih menua 321 hari dibanding usia sebenarnya,

" Usia biologis seseorang mungkin tidak sama dengan usia kronologikal. Data kami menyediakan bukti biologis yang mendukung munculnya efek fisik dan kesehatan dari masalah pernapasan ketika tidur yang tak diatasi," ungkap Xiaoyu Li, peneliti utama dari temuan ini.

2 dari 2 halaman

Ilustrasi Wanita Susah Tidur © Diadona

Penelitian ini menganalisis kesehatan dari 622 orang dewasa. Hasil temuan ini menunjukkan jika wanita cenderung mengalami penuaan biologis karena masalah pernafasan, lebih cepat dibanding pria.

" Walau wanita sering disebut memiliki risiko lebih rendah terkait masalah kesehatan yang disebabkan masalah pernapasan karena tidur, hasil temuan kami menunjukkan meningkatnya masalah biologis ini," jelas Li.

Karena mengorok saat tidur adalah sebuah gangguan, jadi sebaiknya usahakan untuk meninggalkan kebiasaan ini ya.

Beri Komentar