Kamu Sering Mengalami Kecemasan? Lakukan 5 Cara Ini untuk Meredakannya

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Sabtu, 28 Desember 2019 23:33
Kamu Sering Mengalami Kecemasan? Lakukan 5 Cara Ini untuk Meredakannya
Kecemasan dapat dialami oleh siapa saja. Namun jika kecemasan yang kamu alami sudah mulai menganggumu, kamu bisa mengatasinya dengan cara-cara berikut ini.

Ketika jantung berdetak lebih cepat dari baisanya, maka kamu perlu memahami jika ini merupakan respons terhadap situasi yang bisa memicu stress. Hal lain yang dapat menjadi ciri kecemasan adalah, tangan yang seketika berkeringat ketika kamu sedang dihadapkan pada suatu tugas atau pada suatu kejadian yang tidak biasa.

Sehingga kecemasan merupakan respons alami tubuh atas stress. Oleh sebab itu kamu perlu memahami faktor apa yang biasa menjadi pemicu munculnya kecemasan pada dirimu. Misalnya seperti, hari pertama di sekolah, hari pertama di kantor, bertemu keluarga pasangan untuk pertama kalinya, atau lainnya. Setiap orang memiliki pemicu yang berbeda-beda. Memahami apa yang menjadi pemicu pada dirimu adalah suatu hal yang penting, sehingga kamu dapat segera mengatasi jika tiba-tiba kamu mengalaminya.

Memahami apa yang menjadi pemicu kecemasan pada diri sendiri memang membutuhkan refleksi diri yang panjang dan lama. Dilansir dari healthline (19/12) kamu bisa melakukan hal-hal berikut untuk mengatasi serangan kecemasan yang datang tiba-tiba.

Merubah Pola Pikiran
Saat dalam situasi dengan rasa kecemasan, otak akan cenderung berfikiran hal-hal negatif, yang mana hal ini justru memperparah keaadan. Salah satu cara untuk menyikapinya adalah dengan menantang ketakutan dirimu sendiri. Coba tanyakan pada dirimu apakah itu ketakutan itu benar ataukah ketakutan itu hanya ada di pikiran kamu saja.

Tenangkan Pikiran
Cobalah berlatih untuk fokus. Ketika kamu sedang berada disituasi tersebut, tarik nafas panjang. Cobalah bernafas dalam 4 hitungan selama 5 menit secara keseluruhan. Kamu juga bisa melakukan meditasi 4-6-8 sebanyak 3 atau 4 kali, agar membuatmu merasa lebih nyaman.

Gunakan Aromaterapi
Aromaterapi baik itu berbahan minyak, dupa, atau lilin dengan aroma yang tidak menyengat seperti lavender, chamomile, dan cendana bisa membantu pikiran menjadi lebih tenang. Aromaterapi sendiri memang dianggap dapat membantu mengaktifkan reseptor tertentu di otak kamu, yang berpotensi mengurangi kecemasan.

Jalan Kecil
Coba lakukan jalan-jalan kecil baik itu di sekitar kantor atau turun ke lantai bawah lalu kembali ke atas. Namun jika memiliki tempat yang sesuai kamu juga bisa melakukan yoga selama 15 menit.
Terkadang, cara terbaik untuk menghentikan pikiran cemas adalah dengan berjalan menjauh dari situasi, dan meluangkan waktu bagi dirimu untuk fokus pada tubuh dan pikiran, sehingga dapat membantu meredakan kecemasanmu.

Tuliskan pikiranmu
Kamu dapat menuliskan hal apa yang membuatmu merasa cemas, karena terkadang dengan mengeluarkannya dari kepala dapat membuatmu merasa lebih lega. Trik ini dapat sangat membantu bagi mereka yang mengalami kecemasan secara sporadis, ataupun bagi yang memiliki gangguan Generalize Anxiety Disorder (GAD). Namun, jika kamu mulai merasa mengalami gejala GAD, maka kamu perlu segera mengkonsultasikannya ke dokter agar dapat memiliki strategi yang tepat untuk mengatasi gangguan tersebut.

Kecemasan mungkin akan selalu menjadi bagian dari hidup kamu, tetapi jangan sampai hal itu membuatmu menjadi lemah atau bahkan mengganggu kegiatanmu sehari-hari. Karena, bahkan gangguan kecemasan yang paling ekstrim pun dapat dipulihkan dengan penanganan-penanganan yang tepat.

Beri Komentar