Jangan Terkecoh, Makanan Ini Ternyata Tidak Sehat untuk Tubuhmu

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Sabtu, 28 Desember 2019 20:57
Jangan Terkecoh, Makanan Ini Ternyata Tidak Sehat untuk Tubuhmu
Meskipun memiliki image sebagai makanan sehat, nyatanya beberapa makanan berikut tidaklah benar-benar sehat loh.

Makanan tidak sehat merupakan salah satu alasan timbulnya banyak penyakit. Kini banyak makanan-makanan yang dikenal memiliki vitamin dan kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Namun ternyata beberapa makanan justru tidak sesuai dengan image sehatnya.

Dilansir dari healthline(27/08), berikut adalah makanan dan minuman yang tidak sesehat yang kita kira.

1. Makanan Olahan 'Rendah Lemak' dan 'Bebas Lemak'
Makanan ini memang tidak memiliki lemak yang tidak baik bagi tubuh. Namun makanan akan terasa hambar dan tidak enak ketika lemak yang ada didalamnya dibuang. Akhirnya banyak produsen yang menambahkan gula untuk memberikan rasa pada makanan tersebut.
Adanya penambahan gula yang berlebihan inilah yang merupakan masalah. Karena mengkonsumsi gula dengan berlebihan dapat memberikan banyak dampak negatif bagi tubuh.

2. Jus Buah Kemasan
Semua orang mngetahui jika buuah merupakan makanan sehat, tentu saja benar jika yang kamu konsumsi adalah buah sungguhan. Lalu bagaimana dengan jus buah kemasan yang biasa kamu beli?
Jus buah ini nyatanya bukanlah jus buah sungguhan, bahkan pada beberapa jenis tidak ada sama sekali buah didalamnya. Karena pada dasarnya yang kamu minum adalah air gula dengan perasa buah.

3. Margarin
Karena mentega memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi, maka kini orang-orang mulai beralih ke margarin. Meskipun begitu, margarin masih mengandung minyak nabati olahan.
Selain itu yang perlu diingat kembali adalah margarin bukan benar-benar makanan, margarin adalah kumpulan bahan kimia dan minyak olahan yang dibuat agar terasa dan terlihat seperti makanan.

Tidak mengherankan, Studi Jantung Framingham menunjukkan bahwa orang yang mengganti mentega dengan margarin sebenarnya lebih mungkin meninggal karena penyakit jantung.

4. Minyak Sayur
Kita sering disarankan untuk mengganti minyak biasa dengan minyak sayur. Minyak ini termasuk minyak kedelai, minyak canola, minyak biji anggur dan banyak lainnya.
Meskipun minyak ini telah terbukti menurunkan kadar kolestrol darah, darah, setidaknya dalam jangka pendek. Tidak ada jaminan bahwa mereka akan membantu mencegah titik akhir yang sebenarnya seperti serangan jantung atau kematian, yang benar-benar diperhitungkan.
Bahkan, beberapa uji coba terkontrol telah menunjukkan bahwa meskipun menurunkan kolesterol, minyak ini dapat meningkatkan risiko kematian dari penyakit jantung dan kanker.

Beri Komentar