Ini yang Terjadi Jika Kamu Terlalu Banyak Menkonsumsi Kopi

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Senin, 30 Desember 2019 10:45
Ini yang Terjadi Jika Kamu Terlalu Banyak Menkonsumsi Kopi
Konsumsi kopi dalam kadar yang berlebihan dapat memberikan dampak bagi tubuhmu, simak apa saja dampaknya dibawah ini.

Kopi adalah minuman yang sangat sehat, mengandung kafein, zat yang dapat meningkatkan mood, metabolisme, dan kinerja mental dan fisik. Penelitian juga menunjukkan bahwa kopi aman bagi sebagian besar orang ketika dikonsumsi dalam jumlah rendah hingga sedang, satu hari sekali misalnya. Namun, konsumsi kafein dosis tinggi mungkin memiliki efek samping yang tidak menyenangkan dan bahkan berbahaya.

Penelitian telah menunjukkan bahwa gen memiliki pengaruh besar pada toleransi tubuh pada kopi. Dilansir dari healthline (14/08), inilah resiko jika mengkonsumsi kopi berlebihan.

1. Kecemasan
Kafein dapat meningkatkan kewaspadaan. Ia bekerja dengan menghalangi efek adenosin, zat kimia otak yang membuamu merasa lelah. Pada saat yang sama, itu memicu pelepasan adrenalin, hormon "melawan atau melarikan diri" yang terkait dengan peningkatan energi.

Namun, pada dosis yang lebih tinggi, efek ini dapat menjadi lebih buruk, yang menyebabkan kecemasan dan kegugupan.

Faktanya, gangguan kecemasan yang disebabkan oleh kafein adalah salah satu dari empat sindrom terkait kafein yang tercantum dalam Manual Diagnostik dan Statistik Gangguan Mental (DSM).

Asupan harian kopi sebanyak 1.000 mg atau lebih per hari telah dilaporkan menyebabkan kegugupan, kegugupan dan gejala serupa pada kebanyakan orang, sedangkan asupan moderat sekalipun dapat menyebabkan efek serupa pada individu yang sensitif terhadap kafein.

2. Insomnia
Kafein dapat membantumu tetap terjaga di siang hari, tetapi dapat berdampak negatif pada kualitas dan kuantitas tidur. Kurangi konsumsi kafein menjelang sore untuk menghindarkanmu dari susah tidur.

3. Kerusakan otot
Rhabdomyolysis adalah kondisi yang serius di mana serat otot yang rusak memasuki aliran darah, menyebabkan gagal ginjal dan masalah lainnya. Penyebab umum rhabdomyolysis termasuk trauma, infeksi, penyalahgunaan obat, ketegangan otot, dan gigitan ular atau serangga beracun. Jadi batasi asupanmu hingga 250 mg per hari.

4. Ketagihan
Disamping berbagai nutrisi yang dikandungnya, tak dapat dipungkiri jika kopi dapat membuat ketagihan. Tidak mengkonsumsi kopi selama beberapa jam dapat menyebabkan gejala psikologis atau fisik pada mereka yang mengkonsumsi dalam jumlah besar setiap hari.

5. Tekanan Darah Tinggi
Kafein meningkatkan tekanan darah ketika dikonsumsi dalam dosis tinggi atau dikonsumsi sebelum berolahraga, serta bagi orang yang jarang mengkonsumsinya. Tetapi efek ini mungkin hanya sementara, jadi kamu benar-benar perlu mengetahui ketahanan tubuhmu terhadap kopi.

Beri Komentar