Hati Ayam Bahaya untuk Kesehatan, Mitos atau Fakta?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Rabu, 9 Juni 2021 08:27
Hati Ayam Bahaya untuk Kesehatan, Mitos atau Fakta?
Bermula beredarnya video yang mengatakan hati ayam berbahaya untuk kesehatan. Beberapa dokter pun menjelaskan lebih lanjut tentang ini.

Siapa di sini yang suka banget sama hati ayam? Entah giman diolah hati ayam, rasanya enak banget, bukan? Selama ini kayaknya baik-baik makan hati ayam. Namun baru-baru ini, viral video dari TikTok yang mengatakan bahwa Hati Ayam tersebut berbahaya, apalagi untuk bayi.

Video tersebut salah satunya diunggah oleh akun TikTok @tonibss. Ini video selengkapnya.

@tonibss

Balas @nataliaagnes6 suka beri hati ayam buat anak anak??? cuplikan video on youtube-lifestyleone(fullvideo) ##polahidupsehat ##sehatgamahal

? original sound - Tonibss ???? inspirator healthy

Di video tersebut, dikatakan hati (ayam) memiliki tinggi kolesterol. Selain itu, fungsi hati adalah untuk menetralisasi racun-racun berbahaya yang masuk ke dalam tubuh. Yang pada intinya, hati ayam itu tidak sehat untuk dikonsumsi

Namun apakah benar demikian?

1 dari 5 halaman

Sayangnya, DR. dr. Tan Shot Yen, M. hum, mengatakan bahwa kabar tersebut tidaklah benar. Ditambahkan lagi, dirinya mengatakan marah besar, sebab hati ayam itu justru salah satu makanan yang sehat banget. Kandungan zat besi lebih banyak bahkan dari daging sapi yang harganya lebih mahal.

Story IG dr. TanStory IG dr. Tan © Instagram.com/drtanshotyen

Tak hanya itu, dr. Tan juga memperlihatkan kandungan gizi yang dimiliki oleh hati ayam dan membandingkannya dengan hati sapi dalam takaran 100 gram.

      View this post on Instagram      

A post shared by DR. dr. Tan Shot Yen,M.hum (@drtanshotyen)

2 dari 5 halaman

Bahaya makan hati ayam ini sudah tersebar di mana-mana, dan dikaitkan dengan bahayanya untuk bayi atau anak kecil. Mengenai hal tersebut, dr. Tan pun membantah dan menambahkan bahwa hati ayam tidak bahaya sama sekali. Malahan, hati ayam disarankan untuk anak kecil lho!

Story IG dr. TanStory IG dr. Tan © Instagram.com/drtanshotyen

      View this post on Instagram      

A post shared by DR. dr. Tan Shot Yen,M.hum (@drtanshotyen)

3 dari 5 halaman

Sependapat dengan dr. Tan, dr. Deva Putriane yang tergabung dalam ERHA Dermatology, bahwa hati ayam itu bagus untuk tubuh, bahkan penting terlebih untuk bayi atau anak kecil. Dia bahkan gemas banget ketika mendengar kabar hati ayam itu tidak sehat untuk kesehtan, terlebih pada bayi.

Dr. Deva sendiri membagikan pemikirannya melalui laman TikTok pribadinya @dr.devaputriane.

@dr.devaputriane

gemesh pagi2 boleh di baca bu di IDAI kl hati ayam penting dan bagus karna tinggi zat besi ????,dewasa sama anak2 tidak bisa di samakan ##mpasidrdeva

? original sound - dr. Deva Putriane

Sumpah aku gemes banget. Ada video yang lewat dan aku banyak ditag tentang hati ayam. Videonya nggak bisa diduetin dan nggak bisa distitch. Di sini aku mau menjelaskan bahwa hati ayam itu penting karena tinggi zat besi dan itu sudah tertera di Ikatan Doktor Anak Indonesia."

4 dari 5 halaman

Melalui laman Aladokter, bahkan hati ayam sendiri mempunyai manfaat kesehatan untuk bayi. Manfaat tersebut adalah mencegah anemia, menjaga kesehatan mata, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu perkembangan otak dan sistem saraf, dan juga bermanfaat untuk perkembangan si bayi.

Meski demikian, apapun itu termasuk makan hati ayam, jangan dikonsumsi berlebihan. Terlebih pada anak kecil atau bayi, bisa diberikan sedikit demi sedikit saja, ya~

Gimana menurut kalian?

Beri Komentar