Habis Berenang Mata Jadi Memerah, Kenapa Ya?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Selasa, 25 Januari 2022 14:27
Habis Berenang Mata Jadi Memerah, Kenapa Ya?
Keadaan ini sering terjadi, bukan?

Kejadian ini sering banget terjadi, dan nyeselin. Ketika berenang asik banget, sih. Namun setelah selesai, sering banget nih mata jadi memerah, dan rasanya jadi agak perih gitu.

Kenapa ya habis berenang sering banget mata jadi memerah gitu?

 

1 dari 4 halaman

Ilustrasi Mata MerahIlustrasi Mata Merah © allaboutvision.com

Penjelasan kenapa mata jadi sering memerahkan setelah berenang dijelaskan oeh Centers for Disease Control and Prevention. Dijelaskan hal tersebut dikarenakan adanya kontaminasi keringat dan urine yang mengikat klorin di dalam air.

Kontaminasi tersebut menciptakan senyawa kimia yang membuat mata jadi merah. Keadaan pun akan jadi buruk jika berenangnya di dalam ruangan nih. Udara yang minim bisa menimbulkan reaksi kimia tertentu yang bisa menimbulkan iritasi yang jauh lebih buruk lagi.

 

2 dari 4 halaman

Klorin baik untuk membersihkan kolam renang, namun jia sirkulasi udaranya baik. Bau klorin yang dianggap kolam renang disterilkan dengan baik, ternyata adalah gejala klorin terkontaminasi air urine dan keringat. Sebab, kolam renang sehat harusnya tidak ada bau kimia yang kuat.

Namun, bukan berarti justru berhenti olahraga renang begitu saja. Setelah tau bahaya kencing sembarang, mulai sekarang jangan lagi buang air urine di kolo renang. Para penjaga juga harus ketat dan membuat peraturan tersebut dengan seksama. Pemilihan kolom renang yang terpecaya juga penting banget terkait hal ini.

 

3 dari 4 halaman

Ilustrasi BerenangIlustrasi Berenang © Shutterstock

Kamu juga bisa menggunakan kacamata renang untuk menjaga kesehatan mata saat berenang, juga jangan lupa melepas lensa kotak jika memang memakainya. Bilas juga mata dengan air bersih setelah berenang untuk mengurangi mata yang memerah.

Namun jika mata terlanjut memerah, kamu bisa menggunakan obat tetes mata agar perih dan iritasinya ringan. Bisa juga dengan terapi dengan membuka mata lebar dalam beberapa detik, tutup beberapa saat, kemudikan buka lagi. Ulangi beberapa kali. Bisa juga dengan mengompres mata dengan handuk dingin, serta masih ada beberapa cara lainnya.

Beri Komentar