Gak Perlu Sering-Sering Pakai Sabun, Sederet Bahan Alami Ini Bisa Bersihkan Buah dan Sayur Lho!

Reporter : Anif Fathul Amin
Senin, 24 Januari 2022 17:03
Gak Perlu Sering-Sering Pakai Sabun, Sederet Bahan Alami Ini Bisa Bersihkan Buah dan Sayur Lho!
Buah tetap bersih dan gizinya nggak berkurang!

Sebelum diolah atau dimakan langsung, buah dan sayur tentu harus dicuci dulu, nih. Mencuci buah dan sayur dilakukan untuk menghilangkan kotoran, bakteri, pestisida, dan hal lain yang menempel di permukaannya.

Buah dan sayur yang tidak dicuci sebelum diolah atau dikonsumsi bisa menyebabkan masalah pencernaan, seperti sakit perut. Namun mencuci buah dan sayur dengan menggunakan air sabun ternyata tidak disarankan, lo.

Wah, padahal kita menganggap, dengan mencuci menggunakan sabun, maka buah dan sayur akan lebih bersih. Penjelasan mengapa buah dan sayur sebaiknya tidak dicuci dengan sabun bisa teman-teman baca pada artikel di bawah ini, ya!

1 dari 6 halaman

Ilustrasi Mencuci Buah © Diadona

Sebenarnya, mencuci buah dan sayur dengan air mengalir adalah cara yang paling sering digunakan. Meskipun tanpa sabun, mencuci buah dan sayur dengan air mengalir bisa mengurangi residu jenis pestisida sebanyak sembilan macam dari 12 pestisida yang diuji.

Agar berbagai residu pada buah dan sayur bisa hilang sempurna, sebenarnya mencuci dengan cairan khusus terbukti lebih ampuh dibandingkan hanya air saja.

2 dari 6 halaman

Tahukah kamu? Selain sabun, zat lain yang sebaiknya tidak digunakan untuk mencuci buah dan sayur adalah alkohol maupun cairan desinfektan, nih. Kedua zat ini bisa ikut termakan dan mengganggu pencernaan, misalnya menyebabkan keracunan.

Kalau ingin membersihkan buah dan sayur tanpa memakai pembersih khusus maupun zat kimia lainnya, kita bisa, nih, menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah untuk mencuci buah dan sayur agar lebih bersih.

3 dari 6 halaman

Air Cuka

Cara pertama adalah dengan menggunakan campuran air dengan cuka untuk mencuci buah dan sayur. Campurkan cuka dan air dengan perbandingan 1:3, misalnya satu cangkir cuka dicampur dengan tiga cangkir air.

Kemudian rendam buah dan sayur selama 20 menit dalam larutan air cuka tadi, teman-teman. Berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal penelitian Food Control, terbukti bahwa larutan air dan cuka yang dapat menghilangkan residu pestisida.

Namun, pastikan untuk mengikuti takaran dan waktu rendam yang telah disarankan, ya.

4 dari 6 halaman

Air Garam

Ilustrasi Air Garam © Diadona

Selain campuran air cuka, larutan air garam juga bisa digunakan untuk membersihkan buah dan sayur secara efektif, nih. Caranya, campur garam dan air dengan perbandingan 1:10, contohnya satu sendok garam dengan 10 sendok air.

Sama seperti menggunakan air cuka, rendam buah dan sayur dalam larutan air garam selama 20 menit. Air garam juga dianggap lebih murah secara biaya jika dibandingkan larutan air cuka. Namun bagi penderita tekanan darah tinggi, sebaiknya hindari cara ini dan gunakan cara lainnya sebagai alternatif untuk membersihkan buah dan sayuran.

5 dari 6 halaman

Air Soda Kue

Selain air garam dan air cuka, kita juga bisa mencuci buah dan sayur dengan menggunakan campuran air dengan soda kue, nih, teman-teman. Kita bisa mencampurkan dua sendok teh soda kue ke dalam satu liter air, kemudian rendam buah dan sayur selama 12 hingga 15 menit dalam larutan itu.

Penelitian lain yang meneliti penggunaan air soda kue, mengungkapkan bahwa dibandingkan air keran dan cairan pemutih, soda kue terbukti paling efektif membersihkan buah dan sayur dari residu pestisida. Pada buah seperti apel, soda kue bereaksi tak hanya di permukaan namun juga membersihkan hingga ke bawah kulit apel.

Beri Komentar