Gejala Usus Buntu Ringan pada Wanita dan Anak-Anak

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 19 Februari 2020 14:31
Gejala Usus Buntu Ringan pada Wanita dan Anak-Anak
Penyakit usus buntu ini bisa tiba-tiba menyerang dan langsung mengharuskan kamu untuk menjalani tindakan operasi sesegera mungkin. Seperti apa sih gejalanya?

Kamu mungkin sering mendengar penyakit usus buntu dan penanganannya yang langsung dilakukan melalui tindakan operasi. Penyakit usus buntu atau yang selanjutnya bakalan kita sebut dengan radang usus buntu, terjadi ketika usus buntu mengalami penyumbatan atau obstruksi pada usus buntu.

Penyumbatan pada usus buntu dapat disebabkan oleh penumpukan lendir, parasit, atau yang paling umum, kotoran. Saaat ada penyumbatan, bakteri dapat berkembang biak dengan cepat di dalam organ. Ini menyebabkan usus buntu menjadi iritasi dan bengkak, akhirnya mengarah ke radang usus buntu.

Meskipun usus bagian ini memang merupakan bagian dari saluran pencernaan, itu adalah organ sisa yang kegunaannya masih belum diketahui. Dengan kata lain, usus buntu bukan merupakan organ vital dan kamu bisa hidup normal dan sehat tanpa usus buntu.

Gejala usus buntu awal dapat bervariasi antara kelompok umur, dan dapat dikacaukan dengan gejala kondisi lainnya.

1 dari 4 halaman

Gejala Usus Buntu pada Wanita

Ilustrasi sakit perutIlustrasi sakit perut © Medical News Today

Orang dewasa atau mereka yang berada pada kelompok umur lebih tua,

Gejala Usus Buntu pada Wanita Hamil

Pada wanita hamil, gejala usus buntu mirip dengan ketidaknyamanan saat kehamilan. Diantaranya kram perut, mual, dan muntah.

Namun, wanita hamil mungkin tidak selalu memiliki gejala usus buntu klasik, terutama di akhir kehamilan. Ini karena rahim yang tumbuh mendorong usus buntu lebih tinggi selama kehamilan. Sehingga sakit pada gejala usus buntu dapat terjadi di perut bagian atas daripada sisi kanan bawah perut.

Gejala usus buntu pada wanita hamil juga bisa berupa mulas, kembung, atau sembelit dan diare.

2 dari 4 halaman

Gejala Usus Buntu Ringan

Ilustrasi Sakit PerutIlustrasi Sakit Perut © aidsmap.com

Trus apa dong fungsi dari keberadan usus buntu ini sendiri? Beberapa peneliti percaya kalau usus buntu ini mengandung jaringan yang membantu sistem kekebalan tubuh.

Apa yang terjadi saat gejala usus buntu dibiarkan begitu saja tanpa adanya tindakan? Usus buntu tersebut dapat pecah dan melepaskan bakteri berbahaya ke perut. Infeksi yang dihasilkan disebut peritonitis, dan ini merupakan kondisi serius yang memerlukan perhatian medis segera.

Berbagai gejala usus buntu diantaranya

  • Sakit perut
  • Demam suhu rendah
  • Mual
  • Muntah
  • Kehilangan selera makan
  • Sembelit
  • Diare
  • Sulit Kentut

3 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Gejala Usus Buntu

Ilustrasi Usus BuntuIlustrasi Usus Buntu © news.lvhn.org

Nggak semua orang mengalami gejala usus buntu yang sama, sehingga penting banget untuk memeriksakan diri ke dokter begitu gejala usus buntu mulai muncul. Mengapa? Menurut Johns Hopkins Medicine , usus buntu dapat pecah secepat 48 hingga 72 jam setelah timbulnya gejala.

Berikut ulasan lebih lanjut mengenai gejala usus buntu:

Sakit Perut

Radang usus buntu biasanya menyebabkan munculnya nyeri tumpul, kram, atau nyeri di seluruh perut secara bertahap.

Ketika usus buntu menjadi lebih bengkak dan meradang, maka akan mengiritasi lapisan dinding perut, yang dikenal sebagai peritoneum.

Hal ini menyebabkan rasa sakit lokal yang tajam di bagian kanan bawah perut. Rasa sakitnya cenderung lebih konstan dan parah daripada rasa sakit yang sebelumnya saat gejala usus buntu mulai terasa.

Namun, beberapa orang mungkin memiliki usus buntu yang terletak di belakang usus besar. Radang usus buntu yang terjadi pada orang-orang ini dapat menyebabkan sakit punggung bagian bawah atau nyeri panggul.

Demam ringan

Radang usu buntu biasanya menyebabkan demam antara 37,2 ° C dan 38 ° C. Gejala usus buntu mungkjin membuat kamu merasa kedinginan.

Jika usus buntu pecah, infeksi yang dihasilkan dapat menyebabkan demam tersebut meningkat. Pecahnya usu buntu ini ditandai dengan demam lebih dari 38,3 ° dan peningkatan denyut jantung.

Gangguan Pencernaan

Gejala usus buntu bisa saja terjadi melalui mual dan muntah. Kamu juga mungkin kehilangan nafsu makan dan merasa tidak bisa makan. Ditambah, gejala usus buntu juga bisa berupa sembelit atau diare parah.

Saat kamu susah kentut, ini mungkin merupakan tanda obstruksi sebagian atau total usus .

4 dari 4 halaman

Gejala Usus Buntu pada Anak

Ilustrasi Anak Sakit PerutIlustrasi Anak Sakit Perut © choc.org

Anak-anak selalu nggak bisa menggambarkan rasa sakit atau rasa ketidaknyamanan yang mereka rasakan. Mereka juga mungkin sulit menentukan rasa sakit di bagian tertentu, dan justru mengatakan kalau rasa sakit sebagai gejala usu buntu tersbeut, ada di seluruh bagian perut.

Hal ini nih yang bikin orang tua dan dokter kesulitan mengidentrifikasi usus buntu tersebut. Orang tua dapat dengan mudah mengira apendisitis sebagai infeksi lambung atau infeksi saluran kemih (ISK).

Masalahnya adalah, orang tua tidak boleh meremehkan gejala usus buntu yang terjadi. Mengapa? Usus buntu yang pecah berbahaya bagi siapa saja, tetapi risiko kematian paling tinggi terjadi pada bayi dan balita.

Pada anak, gejala usus buntu mungkin tidak dengan terjadinya rasa sakit di satu area tertentu. Namun mnungkin juga gejala usus buntu tersebut meliputi rasa sakit di seluruh tubuh saat disentuh, atau mungkin justru tidak ada rasa sakit sama sekali.

Ilustrasi Usus BuntuIlustrasi Usus Buntu © everydayhealth.com

Anak-anak di usia kurang dari 2 tahun sering menunjukkan gejala usus buntu berupa:

  • Muntah
  • Perut kembung atau bengkak
  • Perut yang lembut

Sementara itu, untuk anak-anak yang lebih tua dan remajamungkin mengalami gejala usus buntu berikut:

  • Mual
  • Muntah
  • Nyeri di sisi kanan bawah perut

Saat anak-anak atau bayi kurang sering buang air besar, kemungkinan hal tersebut karena adanya penyakit lain. Padahal pada orang dewasa, hal tersebut merupakan salah satu gejala usus buntu.

Sakit Perut

Nah karena anak-anak dan bayi sering tidak mengalami gejala usus buntu yang dialami oleh orang tua, penelitian menunjukkan bahwa sakit perut masih merupakan gejala paling umum dari gejala usus buntu untuk kelompok usia ini.

Beri Komentar