Disebut Lebih Segar, Langsung Minum Susu Mentah Bisa Bahaya lho!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Rabu, 26 Januari 2022 09:27
Disebut Lebih Segar, Langsung Minum Susu Mentah Bisa Bahaya lho!
Wah, kenapa ya?

Susu merupakan salah satu minuman yang begitu penting untuk tubub. Sejumlah manfaatnya pun sudah banyak kalian dengar, bukan?

Banyak yang mengatakan susu sapi yang masih segar alias masih mentah itu baik. Padahal melansir dari Medical Express via Merdeka.com, minum susu segar itu bisa bahaya lho!

1 dari 5 halaman

Ilustrasi Wanita Minum SusuIlustrasi Wanita Minum Susu © Shutterstock

Susu sapi segar alias mentah berarti belum mengalami pasteurisasi. Ia memiliki kandungan gen tahan antimikrobial apabila dibiarkan gitu saja pada suhu ruangan.

Penelitian yang dilakukan oleh Jinxin Liu dari University of California Davis mengatakan bahwa gen tersebut bisa berpindah ke bakteri lain. Artinya, bakteri bisa jadi berkembang dengan gen kebal antibiotik. Untuk mencegahnya, bisa disimpan di dalam kulkas

 

2 dari 5 halaman

" Kami tak bermaksud menakut-nakuti orang, kami hanya mau mengedukasi mereka. Jika memang masih ingin mengonsumsi ssu mentah, pastikan disimpan di kulkas untuk meminimalisasi risiko berkembangnya bakteri dengan gen kebal antibiotik," ucap Jinxin.

Penelitian tersebut secara tak langsung membantah kabar yang beredar selama ini baha susu mentah punya kandungan probiotik, alias bakteri sehat melimpah dibandingkan dengan susu yang sudah dipasteurisasi.

 

3 dari 5 halaman

Gen kebal antimikrobial ini bisa berbahaya untuk tubuh. Di dalam kandungan ini bisa membaut obat-obatan infeksi yang telah dikonsumsi jadi tidak bekerja. Jika susu mentah dibarikan dalam suhu temperatur ruangan, ternyata bisa berbahaya nantinya.

Jadi susu segar sebaiknya tidak dibiarkan begitu saja di ruangan terbuka, melainkan simpan dikulkas terlebih dahulu. Lebih baik untuk merebusnya terlebih dahulu sampai mendidih sebelum diminum.

 

4 dari 5 halaman

Namun pilihan alternatif lain yang pasti aman adalah membeli susu yang sudah melalui berbagai proses untuk memastikan bakteri berbahaya pada susu sudah tidak ada.

Semoga bermanfaat!

Beri Komentar