Daging Kambing untuk Mengobati Darah Rendah? Simak Faktanya ya!

Reporter : Mila I
Selasa, 12 Juli 2022 07:57
Daging Kambing untuk Mengobati Darah Rendah? Simak Faktanya ya!
Untuk kamu yang punya darah rendah, wajib simak!

Daging kambing dipercaya bisa meningkatkan tekanan darah dalam tubuh. Oleh sebab itu, banyak orang yang percaya kalau daging kambing bermanfaat untuk mengobati darah rendah.

Lantas, bagaimana faktanya menurut penelitian medis? Simak selengkapnya yuk!

1 dari 5 halaman

Benarkah Daging Kambing Bermanfaat untuk Darah Rendah?

Tekanan darah rendah atau hipotensi adalah suatu kondisi saat tekanan darah berada di bawah normal. Ini menunjukkan tubuh tidak mendapatkan suplai darah sesuai kebutuhannya.

Melasnir Mayo Clinic, kamu dikatakan mengalami hipotensi kalau angka tekanan darah lebih rendah dari 90 mmHg pada bagian atas (sistolik) dan 60 mmHg pada bagian bawah (diastolik). Gejala hipotensi yang paling umum biaanya pusing, kliyengan, sampai pingsan.

Lalu, benarkah makan sate kambing atau olahan lainnya bisa menambah tekanan darah?

Faktanya, manfaat daging kambing untuk darah rendah tidak terbukti medis. Bahkan, sebuah studi dalam Asian-Australasian Journal of Animal Sciences (2014) menyatakan bahwa daging kambing tidak menyebabkan peningkatan tekanan darah.

2 dari 5 halaman

Kasus meningkatnya tensi setelah mengonsumsi olahan kambing umumnya terjadi akibat pengolahannya yang kurang tepat. Misalnya, daging kambing yang diolah dengan cara digoreng atau dibakar dengan minyak berlebih bisa meningkatkan kadar lemak jenuh di dalamnya.

Pada akhirnya, asupan lemak jahat memicu penumpukan lemak pada pembuluh arteri. Inilah yang meningkatkan risiko tekanan darah tinggi atau hipertensi.

3 dari 5 halaman

Apakah Orang dengan Darah Rendah Boleh Makan Daging Kambing?

Orang dengan darah rendah boleh-boleh saja untuk mengonsumsi daging kambing. Tapi, perlu diingat bahwa ini bukan bertujuan untuk mengobati kondisi darah rendah tersebut.

Daging kambing adalah sumber yang baik bagi vitamin B12 atau kobalamin. Kekurangan vitamin B12 adalah salah satu penyebab tekanan darah rendah. Tubuh akan lebih sedikit memproduksi sel darah merah saat kekurangan asupan vitamin B12. Kondisi ini bisa membuatmu lebih berisiko mengalami anemia.

Sebuah studi kasus dalam BMJ Case Reports (2019) pun menemukan bahwa kekurangan vitamin B12, anemia, dan hipotensi saling berhubungan.

4 dari 5 halaman

Meski tidak mengatasi darah rendah, pengidap hipotensi bisa merasakan manfaat daging kambing untuk kesehatan seperti berikut:

  • Membantu mengurangi risiko obesitas karena kandungan lemak jenuhnya lebih rendah daripada daging merah lain, seperti daging sapi atau domba.
  • Mencegah penyakit jantung dengan mengelola kolesterol dan tekanan darah.
  • Menjaga kesehatan tulang dan mencegah gangguan pada tulang, seperti osteoporosis.
  • Mendukung pertumbuhan dan memelihara kesehatan otot.

5 dari 5 halaman

Tips Makan Daging Kambing

Untuk merasakan manfaat daging kambing untuk darah rendah, kamu dianjurkan memilih potongan daging tanpa lemak bila ingin mengonsumsinya.

Para ahli merekomendasikan untuk memasak daging kambing dengan cara dikukus maupun direbus. Kamu bisa menambahkan bumbu dan rempah guna menambah cita rasanya.

Hindari memasak dengan cara dibakar atau digoreng. Kalaupun tidak bisa, kamu perlu mengurangi penggunaan minyak goreng, margarin, atau mentega saat mengolahnya.

Selain itu, penting bagi untuk melakukan pengobatan darah rendah sesuai anjuran dokter ya. Semoga informasi ini bermanfaat!

Beri Komentar