5 Rekomendasi Jamu yang Baik Dikonsumsi untuk Kesehatan Perempuan

Reporter : Mila
Senin, 11 Juli 2022 07:57
5 Rekomendasi Jamu yang Baik Dikonsumsi untuk Kesehatan Perempuan
Wajib simak nih, ladies!

Kebanyakan orang tidak mau minum jamu karena rasanya yang pahit. Padahal, minuman tradisional khas Indonesia ini punya berbagai macam manfaat untuk kesehatan.

Jamu terbuat dari bahan-bahan alami, seperti tumbuh-tumbuhan, daun-daunan, dan akar-akaran yang kerap digunakan untuk mengobati penyakit tertentu. Tak hanya itu, jamu juga bisa dugunakan untuk menghilangkan bau badan dan menjaga kecantikan.

Buat kamu yang ingin mencoba ramuan turun-temurun ini, terutama jamu yang baik untuk kesehatan wanita, simak rekomendasinya berikut ini ya!

1 dari 6 halaman

Jamu Beras Kencur

Kamu sering pegal-pegal? Coba minum jamu beras kencur secara rutin. Jamu ini bisa membuat tubuh jadi terasa lebih bugar dan tidak gampang lelah.

Kencur yang ada di dalam jamu bisa memberikan rasa hangat dalam tubuh saat diminum, sehingga kamu akan merasa sehat dan segar. 

Selain itu, jamu beras kencur juga punya manfaat kecantikan. Seperti untuk mengatasi jerawat, mencerahkan dan mengencangkan kulit, serta membantu menurunkan berat badan. 

2 dari 6 halaman

Jamu Kunyit Asam

Jamu kunyit asam adalah salah satu yang baik untuk kesehatan wanita. Komposisi jamu kunyit asam diyakini bisa mengurangi rasa sakit yang muncul ketika haid. 

Jamu kunyit asam juga bisa melancarkan siklus haid dan menyuburkan kandungan. Minum jamu ini secara rutin juga bisa menghilangkan bau badan, karena kandungan minyak atsiri di dalamnya dapat mengontrol produksi keringat dan melawan bakteri penyebab bau badan.

3 dari 6 halaman

Jamu Sinom

Setelah minum jamu yang pahit, biasanya kamu akan diberi sinom. Sinom adalah daun asam jawa yang masih muda dan biasanya diracik dengan campuran temulawak, kunyit, kayu manis, kapulaga, dan gula merah sebagai pemanis. 

Tidak hanya rasanya yang enak, jamu sinom juga bisa menyegarkan tubuh serta membantu proses detoksifikasi. Kalau racun dalam tubuh dapat dikeluarkan, maka kulit wajahmu akan lebih bersih dan bebas dari jerawat.

4 dari 6 halaman

Jamu Pahitan

Seperti namanya, minuman tradisional ini memang memiliki rasa yang pahit. Meski pahit, jamu ini punya cukup banyak khasiat untuk kesehatan wanita. Misalnya untuk mencegah bau badan, mencegah timbulnya jerawat, melancarkan peredaran darah, dan menghilangkan gatal-gatal pada kulit.

5 dari 6 halaman

Jamu Kunci Sirih

Jamu kunci sirih adalah perpaduan dari daun sirih dan temu kunci. Seperti yang sudah diketahui oleh banyak orang, daun sirih memiliki manfaat yang baik untuk wanita, yaitu mengatasi masalah keputihan, menghilangkan bau badan tidak sedap, dan mengatasi jerawat. 

Jamu kunci sirih juga bisa mengencangkan organ kewanitaan, memperkuat email gigi dan mencegah peradangan.

Beri Komentar