Cenderung Ompong, Ini Tips Rawat Gigi untuk Lansia

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Jumat, 23 Juli 2021 07:27
Cenderung Ompong, Ini Tips Rawat Gigi untuk Lansia
Beberapa tips ini bisa membantu perawatan gigi pada lansia.

Seiring bertambahnya umur, fungsi orang tubuh pada lansia akan berkurang. Salah satu bagian tubuh manusia tersebut adalah gigi. Ya, pada lansia, gigi cenderung menjadi ompong . Benar, kan?

Namun meski demikian, tetap jangan dibiarkan. Melansir dari berbagai sumber, ini tips merawat gigi untuk lansia!

1 dari 9 halaman

Gosok Gigi

Ilustrasi Gigi Lansia Ilustrasi Gigi Lansia © Shutterstock

Tentu, hal pertama yang perlu diperhatikan dan dilakukan adalah menggosok gigi setiap hari, minimal dua kali. Rutin menggosok gigi bisa mengurangi penumpukan plak pada permukaan gigi.

Karena faktor umur, lansia seringkali mengalami penurunan gisu. Teknik menyikat gigi pun harus dilakukan dengan tepat. Disarankan untuk menggunakan sikat gigi yang halus dan lembut. Untuk pasta gigi, gunakan yang ada kandungan fluoride agar gigi tetap kuat dan sehat.m

2 dari 9 halaman

Dental Flossing

Selain sikat gigi, melakukan dental flossing juga penting untuk lansia. Yaitu melakukan pembersihan sela-sela gigi menggunakna benang khusus. Dalam sehari, minimal bisa dilakukan satu kali.

 

3 dari 9 halaman

Berkumur Antiseptik

Sikat gigi sudah, dental flossing sudah, selanjutnya jangan lupa juga untuk menggunakan obat kumur antiseptik. Zat pada obat kumur antiseptik bermanfaat untuk mulut dan permukaan gigi. Penggunaan obat kumur antiseptik juga bisa membunuh bakteri sehingga mengatasi radang gusi (gingivitis).

 

4 dari 9 halaman

Bersihkan Gigi Palsu

Ilustrasi Gigi Lansia Ilustrasi Gigi Lansia © Shutterstock

Kalau punya gigi palsu, juga wajib dibersihkan secara menyeluruh. Sikat dan bilas juga gigi palsu setiap hari. Di malam hari, lepaskan gigi palsu tersebut, kemudian rendam di dalam air hangat atau di dalam air yang sudah terisi pembersih khusus.

Selain itu, disarankan juga melakukan pembersihan dan pemijatan jaringan bawah gigi, miinal satu kali sehari agar sirkulasi dan kesehatan pada jaringan meningkat.

 

5 dari 9 halaman

Batasi Makanan Manis

Selain merawat gigi dan mulut, lansia juga perlu memperhatikan faktor luar. Salah satunya adalah dengan membatasi makanan dna minuman manis, atau yang mengandung pati. Sebab, pada dasarnya makanan dan minuman jenis itu bisa merusak gigi karena akhirnya bisa ada bakteri yang menumpuk pada gigi.

6 dari 9 halaman

Berhenti Merokok

Bagi yang hidupnya merokok, untuk menjaga kesehatan gigi lansia seharusnya berhenti merokok. Kebiasaan ini bisa mempercepat kerusanan gigi, mulut, serta gusi. Selain itu, merokok juga bisa menjadi faktor risiko faktor mulut.

 

7 dari 9 halaman

Jaga Pola Makan Sehat

Ilustrasi Gigi Lansia Ilustrasi Gigi Lansia © Shutterstock

Terakhir adalah dengan menjaga pola makan yang sehat, terutama memperhatikan makanan hasil fermentasi seperti keju, mentega, kefir, dan yogurt. Selain itu, tambahkan juga makanan yang bisa meningkat sistem kekebalan tubuh, seperti bawang putih, sayuran hijau, kiwi, minyak kelapa dan lainnya, guna membantu melindungi diri dari infeksi dan penyakit pada mulut seiring bertambahnya usia.

 

8 dari 9 halaman

Persika ke Dokter Gigi

Untuk memastikan kesehatan gigi, disarankan untuk mengunjungi dokter gigi secara rutin setiap enam bulan sekali. Jika nantinya ada masalah, diharapkan bisa diatasi dengan baik, cepat, dan tepat.

 

Beri Komentar