Cegah Datangnya Keriput Di Wajah Dengan Melakukan Ini

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Kamis, 26 Desember 2019 12:13
Cegah Datangnya Keriput Di Wajah Dengan Melakukan Ini
Kulit keriput merupakan salah satu tanda penuaan pada kulit yang tidak disukai banyak orang. Untuk itu kamu perlu mengetahui bagaimana mencegah datangnya kulit keriput.

Kulit keriput memang menjadi sesuatu yang dikhawatirkan bagi sebagian besar orang, terlebih wanita.

Untuk itu kamu perlu merawat kulitmu sejak dini. Dirangkum dari webmd (17/09), berikut adalah hal yang perlu kamu ketahui.

1. Lindungi dirimu dari sinar matahari
Banyak diketahui jika sinar matahar dapat memberikan dampak negatif bagi kulit. Untuk melindungi kulitmu dari paparan UV dan UVB, maka kamu perlu menggunakan SPF 30 hingga 50, bhkn meski saat musim penghujan.

2. Pelembab
Pelembab bekerja seperti air pada kulit, yaitu melembabkan. Pelembab menjaga kulit agar tetap terdehidrasi dan ternutrisi.

3. Makanan Bernutrisi
Menurut penelitian, wanita yang mengkonsumsi daging dalam jumlah besar dan camilan tidak sehat cenderung memiliki lebih banyak kerutan wajah daripada wanita yang memasukkan lebih banyak buah dalam makanan mereka.

Makanan yang tinggi zat anti flimasi dapat meningkatkan elastisitas kulit dan melindungi terhadap kerusakan kulit dan penuaan dini. Beberapa makanan dan minuman dengan kualitas ini adalah seperti teh hijau, minyak zaitun, ikan salmon
dan alpukat.

4. Tidur telentang
Menurut sebuah studi 2016, posisi tidur mungkin memiliki efek pada keriput kulit. Studi ini menemukan bahwa orang yang tidur miring atau rawan terhadap gaya kompresi mekanis, yang dapat mempercepat pembentukan keriput, dan juga mengubah kulit wajah.

Salah satu cara untuk mencegah hal ini adalah dengan mencoba tidur telentang ketimbang di samping atau perut.

5. Jauhi Rokok
Asap tembakau merusak kolagen dan elastin, serat yang memberikan elastisitas dan kekuatan pada kulit.

Selain itu, nikotin dalam rokok menyebabkan pembuluh darah mengerut. Hal ini mengurangi aliran darah ke kulit. Akibatnya, kulit tidak mendapatkan banyak oksigen. Ini juga akan membatasi nutrisi penting, seperti vitamin A, yang bisa sampai ke kulit.

Menurut Mayo Clinic, panas yang terkait dengan rokok juga dapat menyebabkan keriput. Selain itu, pengucilan berulang bibir untuk menghirup dapat menyebabkan kerutan dini di sekitar mulut.

Keriput adalah bagian dari penuaan yang tak terhindarkan, tetapi ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk memperlambat dan mencegah.

Beri Komentar