Cara Mengobati Bisul yang Bernanah di Kemaluan Wanita, Pantat dan Ketiak secara Alami

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 5 Februari 2020 14:45
Cara Mengobati Bisul yang Bernanah di Kemaluan Wanita, Pantat dan Ketiak secara Alami
Nggak perlu kahawatir kalau kamu kena bisul, karena ada banyak cara menghilangkannya yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah.

Jadi, apa sih bisul itu? Mengapa sampai terbentuk bisul?
Bisul merupakan benjolan berisi nanah yang terbentuk di bawah kulit. Bisul ini sering menyakitkan dan sering tumbuh dengan ukuran yang besar.

Dilansir dari helatline.com, bisul sendiri terbentuk karena bakteri yang menginfeksi lalu memicu peradangan pada folikel rambut. Bisul ini bahkan ada yang tumbuh sampai seukuran bola bisbol lho, dan membuat area tersebut jadi merah dan menyakitkan.

Kamu nggak perlu memencet si bisul ini tadi kok. Tapi kalau nggak dikeringkan, maka bisul tersebut bisa banget menginfeksi area kulit terdekat, mendorong infeksi lebih dalam ke kulit dan menyebabkan lebih banyak bisul bermunculan.

1 dari 4 halaman

Cara Mengobati Bisul yang Bernanah

Ilustrasi Garam Laut Mati © Diadona

Bisul ini seringnya menyerang area seperti wajah, leher, ketiak, bahu, bokong, dan paha. Ini karena daerah tersebut sering terkena gesekan dan keringat. Namun bukan nggak mungkin bisul muncul di area yang sensitif seperti pada kemaluan wanita.

Garam Epsom

Garam epsom punya banyak manfaat untuk kecantikan dan kesehatan, dan kali ini garam epsom ternyata cukup ampuh sebagai cara mengobati bisul.

Bahkan dalam cara mengobati bisul, garam ini sebenarnya dapat membantu mengeringkan nanah, dan menyebabkan bisul mengering.

Untuk cara mengobati bisul, cukup larutkan garam Epsom dalam air hangat dan rendam kompres di dalamnya. Setelah beberapa saat, oleskan kompres ke area bisul selama 20 menit. Lakukan cara mengobati bisul ini setidaknya tiga kali sehari sampai bisulnya hilang.

Perlakukan Bisul dengan Lembut dan Hati-Hati

Saat sudah terlihat akan pecah, kamu harus memberikan perhatian ekstra pada bisul tersebut dalam cara mengobati bisul dan mnencegah penyebarannya. Seperti apa?

Pertama, saat bisul sudah mau meletus, letakkan waslap hangat dan basah di atas bisul beberapa kali sehari.
Selanjutnya, tambahkan sedikit tekanan saat memegang waslap tanpa langsung menusuk bisul.
Nah, setelah si bisul pecah secara alami, tutuplah dengan perban atau kain kasa yang segar dan bersih. Ini akan mencegah infeksi menyebar ke tempat lain.
Dan jangan lupa untuk mencuci tangan dengan baik.

2 dari 4 halaman

Cara Mengobati Bisul di Kemaluan Wanita secara Alami

Ilustrasi Air Mawar dan Minyak Tea Tree © Diadona

Rasa Panas

Bukan dengan didekatkan api ya, tapi cukup alirkan sedikit panas misalnya dengan mengompres sebagai cara mengobati bisul. Ini karena treatment panas bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah si suatu bagian tubuh, membawa lebih banyak sel darah putih dan antibodi untuk melawan infeksi.

Untuk treatment panas sebagai cara mengobati bisul, cukup lakukan dengan kompres hangat selama 20 menit setiap kali. Lakukan ini tiga atau empat kali sehari, setiap hari, sampai bisul tersebut hilang.

Tea Tree Oil

Tea tree oil atau minyak pohon teh bsia sebagai cara mengobati bisul karena sifat ntibakteri dan antiseptiknya yang kuat, sehinga bsia membasmi bakteri penyebab bisul.

Sebagai cara mengobati bisul, minyak pohon teh ini nggak bisa diaplikasikan langsung karena punya efek terbakar. Untuk itu, campurkan lima tetes tea tree oil dengan satu sendok teh kelapa atau minyak zaitun, lalu usapkan di area bisul.

Selanjutnya dalam cara mengobati bisul, usapkan campuran tersebut ke area dengan menggunakan kapas selama dua atau tiga kali sehari, sampai bisul benar-benar hilang.

 

3 dari 4 halaman

Cara Mengobati Bisul di Pantat

kunyit © Diadona

Bisul umum banget ada di pantat karena area tersebut sering mendapatkan gesekan dan berkeringat. Trus gimna dong cara mengobati bisul yang muncul dan megganggu di pantat kamu?

Jangan Dipencet Hey!

Bisul mungkin sama seperti jerawat yang bikin gemes bangte pengen pencet. Tapi ingat deh, hal ini justru jadi kebalikan dalam cara mengobati bisul. Memencet bisul bisa menyebabkan penyebaran infeksi atau mungkin menyebabkan infeksi sekunder pada bisul.

Bubuk Kunyit

Bubuk kunyit bisa sebagai cara mengobati bisul karena sifat antibakteri dan anti-inflamasinya, dimana kedua sifat tersebut bisa menyembuhkan bisul dan membuangnya dengan cepat. Bubuk kunyit juga sudah digunakan sebagai pembersih darah alami selama ribuan tahun dalam pengobatan.

Sebagai cara mengobati bisul, kamu bisa langsung mengkonsumsi bubuk kunyit atau menggunakananya sebagai olesan.

Cara mengobati bisul dengan kunyit bubuk:

Rebus satu sendok teh bubuk kunyit dalam air atau susu, dan minum tiga kali sehari setelah dingin.
Atau, campur kunyit dengan air dan / atau jahe untuk membuat pasta, dan oleskan ke bisul setidaknya dua kali sehari.

4 dari 4 halaman

Cara Mengobati Bisul di Ketiak

Minyak Jarak © Diadona

Sebenarnya bsiul bisa sembuh dengan sendirinya, dan sangat tidka disarankan untuk dipencet atau sengaja menusuknya. Tapi kalau bisul ada di ketiak pasti mengganggu banget kan? Beikut cara mengobati bisul.

Salep Antibiotik

Cara mengobati bisul bisa saja semudah kamu mendapatkan salep antibiotik di pasaran, sih. Salep tersebut bekerja cepat dan menyejukkan area bisul.

Cara mengobati bisul bisa kamu lakukan dnegan mengleskan salep tersebut setidaknya dua kali sehari sampai bisul beneran hilang.

Minyak Jarak

Minyak jarak bisa sebagai cara mengobati bisul karena kandungan senyawa yang disebut asam risinoleat. Asam ini merupakan antiinflamasi yang alami namun kuat. Dikombinasikan dengan sifat antibakteri yang kuat, membuatnya menjadi cara mengobati bisul secara alami yang sangat bagus.

Cara mengobati bisul dengan minyak jarak bisa kamu dapatkan dengan mengoleskannya langsung ke bisul setidaknya tiga kali sehari sampai si bisul pergi dan nggak kembali.

Tindakan Medis

Saat bisul kamu sudah berukuran besar dan bernanah, maka cara mengobati bisul yakni dengan datang ke dokter dan minta perawatam. Karena mungkin cuman dokter aja sih yang bisa melibasnya dengan aman.

Ditambah, bisul besar akan jadi lunak dan nggak bisa pecah dnegan sendirinya. Nah, dalam beberapa kasus disebut kalau dokter sangat mungkin akan memberikan kamu antibiotik untuk membantu membersihkan infeksi.

Ini biasanya dilakukan sebagai cara mengobati bisul yang ada pada wajah. Mengapa? Karena mereka memiliki risiko komplikasi yang lebih tinggi seperti infeksi sekunder atau jaringan parut

Beri Komentar