Butuh 5 Tahun untuk Kendalikan Covid-19 Menurut WHO, Lama Juga ya?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Jumat, 15 Mei 2020 13:27
Butuh 5 Tahun untuk Kendalikan Covid-19 Menurut WHO, Lama Juga ya?
Ya ampun 5 tahun...

Setiap orang di seluruh dunia pasti bertanya-tanya kapan pandemi virus corona berakhir. Tentu kita ingin hidup seperti sedia kala, beraktivitas seperti biasanya, berkumpul dengan kerabat dekat tanpa mengkhawatirkan apapun tentang virus.

Kalau kalian tetap bertanya-tanya kapan virus corona covid-19 dapat dikendalikan, menurut World Health Organization, melansir dari Dailymail.co.uk, butuh memakan sampai 5 tahun.

1 dari 4 halaman

Pernyataan ini diungkapkan oleh kepala ilmuwan WHO, Soumya Swaminathan saat konferensi digital Global Boardroom FT.

" Saya akan mengatakan dalam jangka waktu empat hingga lima tahun, kita bisa melihat cara mengendalikan (virus) ini," ucapnya.

Tetapi, meskipun kita berharap untuk mengakhiri pandemi ini bergantung dengan menahan virus dan pengembangan vaksin yang efektif, para ahli lain telah mengurangi ekspektasi terkait penetapan kapan berakhirnya virus ini.

2 dari 4 halaman

Bisa Jadi Endemik

Ilustrasi suasana di Turkey dalam pandemi virus corona © Diadona

Bahkan, Soumya mengatakan bahwa virus corona Covid-19 bisa menjadi virus endemik, virus yang tidak akan pernah hilang. Ia mengambil contoh bandingan dengan HIV.

" HIV belum hilang, kita sudah sepakat dengan irus ini dan menemukan terapi dan metode pencegahannya. Sehingga orang tidak merasa takut seperti sebelumnya. Kita menawarkan hidup sehat yang panjang untuk orang dengan HIV."

Jadi, dia melanjutkan: " Saya tidak berpikir ada yang bisa memprediksi kapan atau apakan penyakit ini (virus corona) akan hilang."

3 dari 4 halaman

Vaksin adalah Satu-satunya Harapan

Ilustrasi Obat Virus Corona Covid-19 © Diadona

Dia menambahkan, bahwa satu-satunya harapan untuk menghilangkan keberadaan virus ini adalah dengan ditemukannnya vaksin yang sangat efektif.

" Kami memiliki satu harapan besar: jika kami menukan vaksin yang sangat efektif yang bisa kami distribusikan kepada semua orang yang membutuhkannya di seluruh dunia, kami mungkin punya kesempatan untuk menghilangkan virus ini. Tapi vaksin tersebut harus sangat efektif, dan tersedia untuk semua orang, dan kita semua harus menggunakannya.

Beri Komentar