Buka Puasa dengan Gorengan Emang Favorit, tapi Kalo Keseringan Bahayanya Bukan Main!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Senin, 27 April 2020 11:27
Buka Puasa dengan Gorengan Emang Favorit, tapi Kalo Keseringan Bahayanya Bukan Main!
Siapa yang nggak bisa lepas dari gorengan saat buka puasa?

Masyarakat Indonesia kayaknya nggak bisa lepas dari gorengan sebagai menu berbuka. Rasanya kalo gak makan goreng saat buka puasa, kayak ada yang kurang gitu. Entah itu tempet goreng, bakwan, tahu isi, dan lain-lain. Emang sih goreng ini favorit banget untuk buka puasa, tapi kamu tahu gak ternyata makan gorengan ini bisa sangat berbahaya untuk kesehatanmu kalau disantap sering-sering?

1 dari 4 halaman

Bahaya Buka Puasa dengan Gorengan

Ilustrasi Gorengan © Diadona

Gini, gorengan tentu saja mengandung minyak yang mengandung lemak. Merangkum dari Hellosehat, karena hal ini, gorengan merupakan makanan yang sulit dicerna perut. Kamu jadi lambat merasa kenyang, dan karenanya akan terus nambah makan gorengan lagi dan lagi.

Lalu apa yang akan terjadi ketika gorengan digunakan sebagai menu puasa? Saat perut kosong, yang pertama kai disantap adalah gorengan. Perut tentu saja akan sangat kesusahan untuk mencernanya. Kalau udah begini, saluran pencernaan untuk mencerna zat gini lain pun akan terganggu.

Gangguan tubuh pun karena menjadikan gorengan sebagai menu buka puasa pun bisa bermacam-macam. Untuk yang punya saluran pencernaan yang sensitif, heartburn bisa terjadi. Bisa juga konstipasi atau sembelit karena sulitnya gorengan dicerna dan kandungan serat yang sedikit.

2 dari 4 halaman

Kalo keseringan, dalam jangka panjang bisa-bisa kamu mengalami gangguan kesehatan yang parah. Lemak jahat pada gorengan bisa menumpuk dan membentuk plak pada arteri di tubuh. Aliran darah pun terhambat, dan bisa-bisa terkena jantung dan stroke.

Selain itu, sering banget makan gorengan bisa memicu sel-sel kanker berkembang dalam tubuh, terutama kanker prostat pada pria. Hmm, kok bahaya banget ya ternyata?

3 dari 4 halaman

Jadi, Tetap Boleh Apa Gak Makana Gorengan?

Ilustrasi Gorengan © Diadona

Melansir dari Liputan6.com, seorang dokter spesialis gizi dari RUmah Sakit Pondok Indah-Puri Indah yang bernama Raissa E Djuanda mengatakan boleh-boleh saja. Namun, harus dipertimbangkan jumllah asupan minyak hariannya. " Boleh asalkan (asupan) minyak harian enggak boleh lebih dari lima sendok makan dan minyak yang dipakai bukan minyak yang dipakai berulang kali, bisa menimbulkan penyakit seperti kolesterol."

Selain itu, boleh mengonsumsi gorengan sebagai menu buka puasa, asal jangan langsung menyantapnya. Santap dulu dengan makanan lain yang manis seperti kurma sebelum menyantap gorengan.

4 dari 4 halaman

Nah kalo misalkan kamu tetap mengonsumsi gorengan saat berbuka, kamu harus lebih memperhatikan tubuh kamu agar tetap terhidrasi. Jangan sampai kamu menjadi sedikit minum air putih. Imbangi juga dengan konsumsi jus segar dan cairan esensial lainnya yang diperlukan tubuh.

Semoga bermanfaat, ya!

Beri Komentar