Kurma Memang Disarankan untuk Santap Berbuka, Tapi Kalau Berlebihan Bisa Bahaya Lho untuk Tubuh!

Reporter : Mila
Minggu, 26 April 2020 16:57
Kurma Memang Disarankan untuk Santap Berbuka, Tapi Kalau Berlebihan Bisa Bahaya Lho untuk Tubuh!
Berapa sih takaran yang tepat mengonsumsi kurma waktu berbuka?

Kurma memang identik dengan bulan Ramadan atau puasa. Buah dengan rasa manis ini, biasanya jadi favorit waktu berbuka puasa sebagai takjil. Meskipun baik karena disarankan oleh Rasulullah Muhammad SAW, tapi konsumsi kurma berlebih juga bisa berdampak buruk untuk kesehatan.

1 dari 1 halaman

Ilustrasi Kurma © Diadona

dr Diana F Suganda, SpGK. MKes., spesialis gizi Rumah Sakit Pondok Indah,  , kurma punya kalori yang cukup tinggi dalam setiap butirnya. Kalau mengkonsumsi berlebihan, bisa berdampak seperti risiko obesitas.

" Kalori kurma cukup tinggi, satu butir ukuran kecil saja bisa sampai 50-70 kalori. Kalau yang gede bisa sampai 150 kalori per butir. Kalau terlalu banyak akhirnya total kalori yang kita makan berlebihan kan," jelasnya.

Ia juga menjelaskan, bahwa waktu puasa, kalori yang masuk ke tubuh nggak boleh lebih dari kebutuhan harian. Kebutuhan kalori hari tiap orang berbeda-beda, mulai dari jenis kelamin sampai jenis aktivitas yang mereka lakukan.

" Rata-rata perempuan butuh 1.500 kalori per hari, sedangkan 1.700 kalori per hari," jelasnya singkat.

Jadi, meskipun ada anjuran yang mengatakan bahwa mengonsumsi kurma waktu berbuka itu sebanyak tiga biji, tapi balik lagi ya kepada masing-masing orang. Untuk itu ketahuilah jenis kurma apa yang akan kamu makan dan yang penting jangan sampai berlebihan, okay?

Beri Komentar