Berkembangnya Sel Kanker dan Penyakit Jantung Karena Konsumsi Gula Berlebih

Reporter : Yayuk Harini
Senin, 30 Desember 2019 16:19
Berkembangnya Sel Kanker dan Penyakit Jantung Karena Konsumsi Gula Berlebih
Gula adalah bahan yang selalu ada dalam kandungan makanan. Tetapi, terlalu banyak mengonsumsi gula bisa berbahaya, loh. Salah satunya adalah meningkatkan perkembangan sel kanker dalam tubuh.

Gula adalah bahan yang hampir ada dalam kandungan setiap apa yang kita konsumsi. Mulai dari makanan, minuman dan camilan yang kamu konsumsi setiap hari pasti tidak tertinggal unsur kandungan gula. Kamu tentunya tau dong, kalau kita tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi gula secara berlebihan. Tetapi, nggak jarang kamu selalu mengabaikan hal ini.

Dilansir dari Huffington Post Journal of American Heart Association dalam Dream (18/12/2019), menyebutkan bahwa orang di seluruh dunia rata-rata mengonsumsi kelebihan 500 kalori gula dari ukuran semestinya. Hal ini juga menyebabkan banyak orang mengidap sejumlah penyakit dan gangguan kesehatan karena gula. Tak bisa dianggap remeh, karena ini terbukti bahwa gula memilki kandungan yang sangat membahayakan.

1 dari 3 halaman

Gula Menyebabkan Serangan Jantung

Ilustrasi Sakit Jantung © Diadona

Gula terbukti merusak jantung. Penelitian dari jurnal yang sama mengungkapkan, molekul pada gula yang disebut glukosa 6-fosfat menyebabkan perubahan jantung yang berujung paga gagal jantung.

2 dari 3 halaman

Gula Menjadi Makanan Sel Kanker

Ilustrasi Kanker Payudara © Diadona

Kamu sudah tau belum kalau dalam diri setiap manusia memiliki risiko kanker, loh. Namun, tubuh memiliki daya untuk mengatur keseimbangan sehingga mampu mematikan sel kanker dan membuatnya nggak bisa berkembang. Patut disayangkan, ketika kamu mengonsumsi gula berlebih justru akan memberikan sel kanker kesempatan untuk tumbuh dan menggagu dalam proses melakukan keseimbangan. Hal ini berakibat pada berkembangnya sel kanker yang tak terkendali yang berpotensi menimbulkan kerusakan organ.

3 dari 3 halaman

Gula Menimbulkan Lemak di Perut

Ilustrasi Kegemukan © Diadona

Obesitas menjadi momok tersendiri bagi orang yang menyukai gula. Pasalnya, jumlah orang pengidap obesitas pun kian bertambah beberapa tahun terakhir ini. Bukan hanya orang dewasa tetapi juga anak-anak turut andil. Penyebab terbesarnya adalah minuman manis. Gula terbukti menyebabkan penumpukan lemak perut sehingga mudah untuk mengalami obesitas.

Wah, sangat disayangkan jika kamu tidak bisa mengatur pola makan dalam rangka mengatur kandungan gula dalam tubuh. Yuk, mulai hidup sehat dengan mengontrol asupan gula dalam tubuh. Bagaimana pola makan dan kontrol asupan gula kamu selama ini? Share jawaban kamu di kolom komentar, yak!

Beri Komentar