Berhubungan Intim Saat Menstruasi Tidak Bisa Hamil ? Hanya Mitos

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Jumat, 27 Desember 2019 16:27
Berhubungan Intim Saat Menstruasi Tidak Bisa Hamil ? Hanya Mitos
Mitos yang beredar adalah jika ketika menstruasi, maka kamu tidak dapat hamil. Hal ini tidak sepenuhnya benar, simak penjalasannya dibawah ya!

Jika kamu sedang mencoba untuk hamil atau tidak, kamu dapat mengaturnya dengan mengetahui siklus menstruasi. Ini akan membantu melacak hari-hari paling subur ketika bisa lebih mudah hamil. Mitos kesuburan yang umum adalah bahwa seorang wanita tidak bisa hamil ketika dia sedang menstruasi. Hal itu tidak sepenuhnya benar, meskipun peluang untuk hamil lebih rendah pada hari-hari di haid.

Dirangkum dari healthline (07/030), inilah yang perlu kamu ketahui tentang kesuburan selama masa menstruasi. Bagi kebanyakan wanita, siklus ovulasi berkisar antara 28 dan 30 hari. Ini berarti bahwa jika kamu berhubungan seks saat menstruasi, maka kamu tidak akan berovulasi sampai beberapa hari kemudian. Tetapi wanita dengan siklus yang lebih pendek tidak akan memiliki jumlah waktu yang sama diantara mengalami menstruasi dan berovulasi.

Pertimbangan lain adalah bahwa sperma pria dapat hidup di dalam wanita hingga 72 jam setelah ejakulasi. Sementara menjelang akhir periode, peluang untuk hamil akan meningkat. Jika kamu ingin tahu tentang pola ovulasi, kamu dapat melacak jumlah hari antara menstruasimu. Ini termasuk ketika kamu mulai menstruasi, dan kemudian ketika kamu memulai lagi menstruasimu. Selama beberapa bulan, kamu dapat mengidentifikasi pola untuk menentukan secara kasar kapan siklus ovulasimu terjadi.

Lalu bagaimana peluang seorang wanita untuk dapat hamil di masa haid?

Kemungkinan seorang wanita untuk hamil dapat naik dan turun sepanjang siklus ovulasi. Sementara rata-rata siklus bulanan wanita mungkin 29 hari, yang lain mungkin memiliki siklus yang bervariasi dari 20 hingga 40 hari, atau lebih lama.

Kemungkinan seorang wanita akan hamil satu sampai dua hari setelah pendarahan mulai hampir nol. Tetapi kemungkinan mulai meningkat lagi setiap hari berturut-turut, meskipun dia masih berdarah. Pada kira-kira hari ke 13 setelah memulai menstruasi, peluang kehamilannya diperkirakan meningkat 9 persen. Meskipun angka-angka ini mungkin rendah, itu tidak berarti seorang wanita bisa dijamin 100 persen bahwa dia tidak akan hamil pada menstruasi.

Beri Komentar