Benarkah Usus Tidak Bisa Mencerna Permen Karet?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Sabtu, 26 Maret 2022 08:27
Benarkah Usus Tidak Bisa Mencerna Permen Karet?
Kalau dibayangin sih kayaknya susah ya soalnya ya kayak karet gitu...

Banyak yang mengatakan mengenai bahaya menelan atau tertelannya permen karet. Ada yang bilang bisa menyebabkan usus buntu karena pemen karet tidak bisa dicerna. Namun, apakah benar demikian?

 

1 dari 4 halaman

Ilustrasi Wanita Makan Permen KaretIlustrasi Wanita Makan Permen Karet © Shutterstock

Namun ternyata melansir dari Hellosehat.com, permen karet memang dirancang untuk tidak ditelan. Permen karet memiliki tekstur yang kenyal dan lengket, sebab mengandung getah karet alam atau karet butil.

 

2 dari 4 halaman

Bahannya jadi sintetis sehingga tidak bisa dipecah maupun dicerna oleh tubuh. Saat menelan permen karet, yang dipecah hanya karbohidrat dan minyak pada permen karet. Namun, kandungan karet pada permen karet tetap kebal oleh enzim, bahkan asam lambung pun tidak bisa memecah dan mencerna karet ini.

Namun, bukan berarti jika permen karet tertelan jadi khawatir. Sebab meski tidak bisa dicerna, permen karet yang tertelah tetap bergerak melalui saluran pencernaan, melewati lambung dan usus, hingga akhirnya bergabung dengan feses dan terbuang dari anus.

 

3 dari 4 halaman

Bukan berarti pula permen karet langsung segera keluar. Karena bahannya, permen karet perlu waktu beberapa hari agar bisa keluar. Mungkin bisa memakan waktu 2-3 hari.

Meski bisa dibilang tidak berbahaya, tapi pada suatu kasus tertelannya permen karet bisa menyebabkan sembelit, sehingga jaid susah untuk buan air besar. Jadi sebaiknya ketika makan permen karet, jangan sampai tertelan, ya!

Beri Komentar