Kaum Rebahan Gak Boleh Mager Berlebihan, Bisa Terjebak Lifestyle Salah Ini Nih!

Reporter : Anif Fathul Amin
Rabu, 23 Maret 2022 17:03
Kaum Rebahan Gak Boleh Mager Berlebihan, Bisa Terjebak Lifestyle Salah Ini Nih!
Ayo bangun guys, manfaatkan waktumu dengan baik kuy!

Pernahkah kamu merasa sangat tidak produktif sampai sebagian waktumu hanya dihabiskan untuk tidur dan berdiam diri? Biasanya, kita akan beralasan bahwa hari ini sedang mager atau malas melakukan kegiatan apapun. Tanpa disadari, banyak diantara kita yang sering merasa seperti ini hampir setiap hari, bahkan 'mager' sudah menjadi gaya hidup.

Jika kamu merasa malas berkegiatan setiap hari, mungkin kamu sedang terjebak dalam sedentary lifestyle, yaitu gaya hidup malas gerak. Merasa relate dengan hal ini? Yuk, kenali beberapa tanda sedentary lifestyle, agar kamu bisa segera memperbaiki gaya hidup tersebut. Jangan biarkan kamu terlena dengan kemalasan, ya!

1 dari 6 halaman

Banyak menghabiskan untuk kegiatan tak bermanfaat

Ilustrasi Mager © Diadona

Waktu 24 jam pasti terasa sangat singkat untukmu, karena sebagian bahkan sepanjang hari hanya kamu habiskan untuk berdiam diri. Rasanya seperti ada magnet di kasur yang membuatmu ingin rebahan terus. Kegiatanmu dalam sehari selain makan dan mandi hanyalah menonton film, mendengarkan lagu, dan tidur lagi.

Padahal, banyak pekerjaan yang harus kamu selesaikan. Tapi, kamu lebih memilih untuk menyelesaikannya saat dekat deadline. Kebiasaan ini harus kamu hentikan agar tak banyak waktu yang kamu buang sia-sia. Kamu bisa mulai melakukan kegiatan simple, seperti bangun pagi dan melakukan peregangan badan.

2 dari 6 halaman

Mengalami gangguan tidur

Orang yang mengalami sedentary lifestyle biasanya selalu merasa lemas sepanjang hari. Di siang hari kamu selalu merasa mengantuk, padahal kamu tidak bisa tidur di malam hari. Mungkin saja kamu mengalami insomnia atau gangguan tidur. Insomnia biasanya disebabkan oleh stres atau kebiasaan tidur yang buruk.

Supaya kebiasaan buruk ini bisa hilang, cobalah mengganti bantal dan seprai dengan bahan yang lebih nyaman. Kamu juga bisa menyalakan lilin aromaterapi, pilihlah aroma favorit yang membuat kamu rileks dan nyaman. Jangan lupa, matikan gadget dan redupkan lampu saat kamu ingin tidur.

3 dari 6 halaman

Mengonsumsi makanan tak sehat

Ilustrasi Junk Food © Diadona

Mengonsumsi makanan tak sehat seperti junk food dan gorengan memang enak. Namun, jika kamu mengonsumsinya setiap hari, mungkin kamu harus mulai waspada. Orang yang malas gerak memang cenderung memilih makanan yang mudah dibuat dan mengenyangkan, seperti mie instan dan frozen food. Akan lebih mudah lagi kalau delivery makanan, jadi tidak perlu memasak.

Walaupun terkesan lebih praktis, pola makan tak sehat ini harus kamu ubah karena bisa mengganggu kesehatanmu. Kalau malas memasak, mulailah dengan memesan makanan yang lebih sehat. Bukan berarti kamu harus berhenti makan junk food, namun selingi dengan makanan lain seperti sayur dan buah.

4 dari 6 halaman

Kesehatan mulai tak stabil

Ilustrasi Wanita Sakit Kanker Paru-Paru © Diadona

Walaupun hanya berdiam diri dan tak melakukan kegiatan apapun, sedentary lifestyle justru membuatmu lebih rentan terkena penyakit. Selain badan yang selalu terasa lemas dan tak bertenaga, kepalamu juga akan terasa berat karena pola tidur yang tidak teratur, belum lagi raut wajah yang terlihat tidak fresh dan sendu. Selain itu, gaya hidup ini juga bisa merusak kesehatan mentalmu.

Maka dari itu, gaya hidup malas gerak ini harus segera kamu ubah demi kesehatan fisikmu juga. Selain rutin olahraga, cobalah untuk mengonsumsi vitamin dan suplemen kesehatan. Perbanyaklah minum air putih dan kurangi minuman tak sehat seperti kafein dan soda. Jangan lupa, keluar rumah setiap pagi agar kulitmu terpapar sinar matahari.

5 dari 6 halaman

Sulit melakukan kegiatan sehari-hari

Ilustrasi Mager © Diadona

Malas gerak tidak hanya memperburuk kualitas pekerjaanmu, tapi juga membuatmu malas melakukan kegiatan-kegiatan simple. Bahkan untuk mandi saja rasanya sulit, karena kamu terlalu malas berjalan ke kamar mandi. Baju kotormu pun sudah menumpuk tak karuan karena tidak dicuci.

Solusinya, mulailah rapikan kamar dan bereskan tempat tidurmu setiap pagi. Walaupun nanti akan kotor lagi, kamar yang bersih membuatmu lebih berkonsentrasi dan nyaman dalam berkegiatan. Daripada laundry dan memesan makanan, kamu bisa mencuci dan memasak sendiri. Selain lebih sehat, kamu juga bisa irit biaya, lho!

Beri Komentar