Gak Perlu Healing Jauh-Jauh, Minum Air Putih Ternyata Juga Bisa Jadi Cara Mudah Hindari Stres Lho!

Reporter : Anif Fathul Amin
Kamis, 24 Maret 2022 17:03
Gak Perlu Healing Jauh-Jauh, Minum Air Putih Ternyata Juga Bisa Jadi Cara Mudah Hindari Stres Lho!
Air putih memang punya sejuta khasiat buat kesehatan manusia.

Bagi generasi saat ini, bepergian jauh atau yang saat ini disebut healing adalah salah satu metode untuk menghindarkan diri dari penat yang berlebih. Mereka berpikir jika bisa bepergian jauh dengan menikmati alam atau wisata, bisa jadi bertujuan sebagai sarana ampuh menghilangkan stres.

Padahal, menghindari stres atau penat tak serumit dengan healing jauh-jauh. Baru-baru ini ada sebuah studi yang mengatakan bahwa menghindari stres bisa ditempuh dengan minum air putih secara cukup lho! Gimana tuh?

1 dari 5 halaman

Ilustrasi minum air putih © Diadona

Dikutip dari laman Liputan6.com, Psikolog Analisa Widyaningrum mengatakan bahwa minum air putih di saat sahur dan buka puasa dapat memengaruhi kesehatan mental selama bulan Ramadan. Stres dan perasaan tertekan yang mungkin muncul selama satu tahun bergulat dengan pandemi COVID-19 juga bisa diatasi, salah satu caranya, dengan cukup minum air putih.

" Sebenarnya hal terpenting dari minum air putih adalah transportasi ke oksigen. Pada saat minum, kita sedang men-delivery itu," kata dia.

2 dari 5 halaman

Ilustrasi Minum Air Putih © Diadona

" Nah, kenapa itu pengaruh ke mental? Karena pada saat oksigen itu mengalir melalui pembuluh darah kita menuju jantung, itulah produksi hormon-hormon positif yang dibutuhkan oleh tubuh kita," Analisa menambahkan.

Menurut Analisa, hormon endorfin dan dopamin juga terproduksi kalau transportasi oksigennya lancar.

" Makanya, itulah yang terjadi pada teman-teman ketika meminum air putih. Air di dalam tubuh sepenting itu," kata Analisa dalam webinar 'Melindungi Diri dan Raih Kemenangan Ramadan Bersama AQUA' belum lama ini.

3 dari 5 halaman

Ilustrasi Minum Air Putih © Diadona

Dalam kesempatan tersebut, Analisa memerkenalkan sebuah metode bernama Mindful dringking. Guna memeroleh manfaat dari minum air putih untuk kesehatan mental yang lebih baik, minumlah secara pelan-pelan.

" Kalau cepat-cepat selain kesedek, juga kita enggak bisa release," katanya.

Sederhananya, dengan minum air putih pelan-pelan, kita bisa lebih sadar bahwa ada nutrisi atau zat baik yang masuk ke dalam tubuh kita. Analisa pun memberikan tips mengenai hal yang sebaiknya dilakukan setelah minum.

4 dari 5 halaman

Ilustrasi Minum Air Putih © Diadona

" Habis minum, usahakan untuk latih mindfulness-nya dengan cara mengambil napas 4 hitungan dengan bernapas lewat hidung, mulutnya ditutup, seperti meditasi ringan. Lalu hembuskan lewat bibir pelan-pelan," jelasnya.

Mengatur napas ketika minum serta mengingat adanya kandungan nutrisi pada air minum bisa berdampak baik bagi kita. Analisa menyebut bahwa hal ini bisa membuat kita menjadi lebih rileks dan tenang.

Beri Komentar