Benarkah Nata De Coco Mengandung Plastik?

Reporter : Anif Fathul Amin
Senin, 30 Desember 2019 11:46
Benarkah Nata De Coco Mengandung Plastik?
Isu yang menyebut bahwa nata de coco mengandung plastik ternyata salah, BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan menampik isu tersebut.

Bebebrapa waktu lalu masyarakat dikejutkan dengan salah satu unggahan menyebutkan bahwa nata de coco mengandung bahan yang berbahaya bagi tubuh. Disebut bahwa nata de coco memiliki bahan seperti plastik yang tak akan larut didalam perut. Benarkah?

Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia melalui laman resmi pom.go.id membantah hal tersebut. Menurutnya, nata de coco adalah pangan yang berbahan bakju air kelapa. "Sehingga menjadikan panganan ini kaya akan serat tinggi yang baik untuk tubuh" tulis BPOM.

Dilansir dsri Merdeka.com (13/12) BPOM juga menjelaskan bahwa kandungan benang serat tipis yang ada di nata de coco sangat diperlukan dan penting untuk pencernaan. Namun BPOM juga menghimbau agar tetap melihat mutu nasta de coco. Kualitas nata de coco bisa dilihat dari warnanya yang putih bersih, transparan, memiliki struktur kuat, tidak lengket, tidak berbau asam, dan tidak mengandung kotoran.

Dalam laman Kementrian Badan Litbang Pertanian menjelaskan bahwa kualitas nata de coco dipengaruhi oleh bebebrapa faktor, diantaranya adalah bahan bahan baku, penambahan sumber nitrogen, penambahan sumber karbon, starter nata, wadah fermentasi, dan sanitasi lingkungan. Lalu, Balitbang juga menambahkan bahan baku pembuatan nata de coco haruslah dari air kelapa muurni, agar manfaat yang dihasilkan tak membahayakan tubuh.

Beri Komentar