Konsumsi 5 Makanan Ini Bisa Bikin Gigi Retak Tanpa Kamu Sadari lho!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Kamis, 4 Maret 2021 16:27
Konsumsi 5 Makanan Ini Bisa Bikin Gigi Retak Tanpa Kamu Sadari lho!
Kok bisa ya? Makanan apa aja sih? Coba simak artikel berikut.

Salah satu bagian tubuh yang begitu penting untuk dijaga kesehatannya adalah gigi. Konon, gigi sakit itu rasanya lebih parah dari sakit hati lho!

Nah kalian udah pernah ngerasain pasti kan gimana kalau gigi itu udah nggak sehat. Apalagi kalau udah retak gitu.

Penyebab gigi retak memang bermacam-macam. Namun melansir dari Channel News Asia via Merdeka.com, bisa jadi salah satunya disebabkan mengkonsumsi makanan berikat ini nih! Tanpa disadari, gigi tau-tau retak.

 

1 dari 6 halaman

Kerupuk atau Keripik

Ilustrasi Keripik Singkong © Diadona

Siapa sangka kalau cemilan satu ini bisa bikin gigi retak? Padahal, gigi merupakan salah satu organ tubuh yang paling keras. walau kayaknya kerupuk atau keripik itu empuk, tapi faktanya keripik atau kerupuk ada yang keras lho. Kalau nyemil ini ngunyahnya perlahan, ya.

2 dari 6 halaman

Batu Pada Nasi

Ilustrasi nasi putih © Diadona

Kamu pernah nggak, pas lagi makan nasi, tiba-tiba ada batu kecil gitu yang ikut ke gigit? Nah, hal-hal kecil kayak gini nih. Meskipun sepele, hal remeh gini bisa gigi retak lho!

" Kecelakaan ketika mengunyah, seperti ketika seseorang tidak sengaja menggigit sesuatu yang keras ketika makan bisa berujung pada keretakan. Hal ini kadang bisa disebabkan karena batu kecil yang terdapat pada nasi atau sayuran," jelas Dr. Chan Pei Yuan, konsultan di National Dental Centre Singapore's Department of Restorative Dentistry.

3 dari 6 halaman

Pop Corn

Makanan yang satu ini enak banget kalau lagi bersantai, terutama pas lagi nonton film. Ya, pop corn. Emang sih pop ini makanan yang gurih dan renyah, kebayang nggak bakal berbahaya. Namun, kamu juga perlu hati-hati bahwa pop corn ini di dalamnya bisa jadi masih ada biji jagungnya. Kalau gak sengaja kegigit, bisa parah buat gigi dah.

4 dari 6 halaman

Permen Kenyal

Ilustrasi Sakit Gigi © Diadona

Kamu suka makan permen? Ya wajar sih, makanan ini enak banget emang buat sambilan. Namun yang menjadi masalah adalah ketika permen itu berbentuk lengket dan kenyal. Makanan ini bisa memperlemah kondisi gigi nih. Jadi, pilih perman yang agak keras ya, jangan yang kenyal banget.

5 dari 6 halaman

Kacang

Salah satu makanan yang bisa menjadi cemilan paling yahut ialah kacang. Bisanya, kacang dalam satu tempat hanya satu jenis. Namun bisa juga kacang campuran dengan berbagai jenis. Khusus kacamg campuran, kamu harus hati-hati kalau ada kacang kenari atau almond dan sejenisnya. Kacang bahkan kulitnya keras banget sehingga kalau nggak hati-hati bisa menyebabkan gigi retak.

Beri Komentar