Bahaya Minuman Bersoda untuk Wanita, Ibu Hamil dan Saat Menstruasi

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 1 Februari 2021 17:19
Bahaya Minuman Bersoda untuk Wanita, Ibu Hamil dan Saat Menstruasi
Bahaya minuman bersoda termasuk diantaranya bisa bikin nyeri menstruasi kamu makin parah lho

Bahaya minuman bersoda kerap dikaitkan dengan tingginya kadar gulanya. Memang sih, terlebih jenis gula yang digunakan adalah fruktosa yang bisa menambah lemak di perut dan lemak hati. Namun di luar itu, ada bahaya spesifik untuk para wanita.

Minuman bersoda adalah minuman dengan kandungan karbon dioksida terlarut dan biasanya ditambahkan pemanis. Air bersoda atau berkarbonasi mengandung lebih banyak karbon dioksida daripada air lainnya dan yang bikin kita ngerasain sensasi gelembung setiap meminumnya.

Saat kita minum minuman bersoda, biasanya kita bakalan ngerasain sensasi geli kan? Itu terjadi bukan karena kandungan karbondioksidanya melainkan karena asam karbonat yang tercipta selama proses karbonasi.

Minuman bersoda memang tak baik bila diminum dalam jumlah berlebihan. Lebih lanjut mengenai bahaya minuman bersoda, yuk simak dalam ulasan berikut ini.

1 dari 3 halaman

Bahaya Minuman Bersoda untuk Wanita

Bahaya Minuman Bersoda © Diadona

Dalam kaitannya antar bahaya minuman bersoda dengan kesehatan wanita, banyak mitos yang mengatakan nih kalau minuman bersoda bisa melancarkan haid. Beneran apa nggak hayo?

Dikutip dari SehatQ, ternyata hal ini nggak benar sama sekali. Namun sebuah penelitian menyebut kalau ada hubungan antara siklus haid pertama seorag gadis dengan konusmi minuman bersoda.

Penelitian yang melibatkan 5.500 gadis yang dilakukan oleh peneliti dari Harvard Scholl of Public Health menyebut kalau keberadaan gula yang berlebih bisa mengubah hormon seorang gadis.

Mereka yang minum lebih dari satu setengah gelas minuman manis seriap hari selama kurun waktu lima tahun mengalami menstruasi pertama hampir tiga bulan lebih cepat ketimbang mereka yang tidak, lho!

Awalnya peneliti berasumsi kalau bahaya minuman bersoda ini berkaitan dengan pola makan yang nggak sehat. Tapi setelah melihat dari hubungan dengan kalori, indeks masa tubuh, berat badan dan juga faktor gaya hidup, ternyata penyebab menstruasi yang lebih cepat pada mereka memang karena minuman soda atau minuman yang manis.

Nah dari penelitian ini mereka menyimpulkan kalau sebaiknya konsumsi berhati-hati ketika mengkonsimsu minuman bersoda ini. Kenapa? Karena ternyata ada bahaya minuman bersoda yang dikonsumsi berlebihan terhadap perubahan hormon pada seorang wanita. Dan siapa tahu nih di masa depan ada efek negatif minuman bersoda berlebihan ini terhadap kesehatan reproduksi dan juga masa depan.

Nah kalau bahaya minuman bersoda untuk kesehatan secara keseluruhan sih mulai darii obesitas, naiknya gula darah dan masih banyak lagi.

2 dari 3 halaman

Bahaya Minuman Bersoda bagi Ibu Hamil

Bahaya Minuman Bersoda © Diadona

Ibu hamil memang harus memperhatikan apa yang dikonsumisnya, termasuk boleh nggak sih minum minuman bersoda? Adakah bahaya dari minuman bersoda ini untuk ibu dan janinnya?

Dikutip dari Parenting Firstcry, minuman bersoda punya efek sampingnya tersendiri. Bila dikonsumsi secara berlebihan, ini bisa berdampak buruk untuk ibu dan bayi lho!

Porsi aman dari minuman bersoda adalah satu atau kurang dari satu porsi, sekitar 330 mml. Ini tak terkecuali minuman bersoda yang tidak mengandung diet lho ya.

Entah ibu mengkonsumsi minuman soda yang mengandung gula atau tidak, bahaya minuman bersoda pada ibu hamil terletak pada kadeinnya. Penelitian yang dilakukan oleh American College of Obstetricians and Gynecologists menunjukkan kalau seorang wanita nggak boleh mengkonsumsi lebih dari 200 mg kafein per hari.

Nah, sedangkan satu porsi soda mengandung antara 32-42 mg kafein. Maka dari itu, kalau seorang wanita hanya membatasi membatasi konsumsi soda harian menjadi satu porsi per hari, maka ini masih aman. Dengan catatan tak ada konsumsi minuman berkafein lainnya lho ya!

Lebih lanjut, berikut kandungan dan bahaya minuamn bersoda pada ibu hamil:

Kafein

Soda mengandung kafein yang tinggi dan dikenal bisa meningkatkan tekanan darah seseorang. Soda juga bsia menyebabkan insomnia, yang lebih lanjut bisa bikin ibu hamil merasakan sembelit dan juga dehidrasi.

Dalam satu prosi soda mengandung sekitar 42 mg kafein. Sedangkan konsumsi lebih dari 300 mg kafein sehari dapat menyebabkan keguguran, dan konsumsi lebih dari 500 mg kafein dalam sehari dapat menyebabkan nafas tinggi kronis pada bayi saat lahir.

Gula

Tahu kan kalau kadar insulin yang stabil penting bante untuk pertumbuhan optimal bayi. Sedangkan kandungan gula dalam minuamn bersoda sangat mungkin meningkatkan kadar gula dalam darah dan bikin ledakan insulin.

Selain itu konsumsi tinggi gula juga merupakan bagian dari bahaya minuman bersoda mengingat gula bisa bikin obesitas, keguguran atau cacat bawaan.

Air Berkarbonasi

Masih mengutip dari Parenting Firstcry, air berkarbonasi yang ada dalam soda ini merusak kesehatan tulang ibu dan dapat menyebabkan masalah seperti sakit punggung. Ini karena tulang secara bertahap jadi lebih lemah untuk menopang perut yang sedang tumbuh.

Biasanya sih air berkarbonasi memang cuman mengandung gas, tapi beberapa juga ada yang menambahkan mineral seperti kalium dan natrium yang bisa menyebabkan lonjakan tekanan darah.

3 dari 3 halaman

Bahaya Minuman Bersoda saat Menstruasi

Bahaya Minuman Bersoda © Diadona

Meski ternyata bahaya minuman bersoda pada siklus menstruasi hanya terjadi pada siklus menstruasi pertama, namun ternyata tak cuman itu doang lhoo

Ada bahaya minuman bersoda untuk mereka yang sedang dalam siklus haid, yakni bisa memperburuk gejalanya. Misalnya nih sakit kepala, kram perut, kembungnya perut dan juga yang lainnya. Jadi mending banyakin minum air putih aja deh!

Bahaya minuman bersoda akan terjadi ketika minuman ini dikonsumsi secara berlebihan. Ini juga berlaku untuk minuman lainnya yang mengandung gula. Nah, kalau kamu ketagihan minuman ini, segera batasi sebelum terlambat ya!

 

Beri Komentar