Apakah Bau Orang Tua Berbeda? Ini Fakta Tentang Perubahan Bau Badan pada Lansia

Reporter : Hevy Zil Umami
Selasa, 28 Juni 2022 16:19
Apakah Bau Orang Tua Berbeda? Ini Fakta Tentang Perubahan Bau Badan pada Lansia
Apakah "bau orang tua" benar-benar ada? Atau apakah istilah itu hanyalah stereotip tidak benar tentang manula? Jawabannya tidak sepenuhnya benar.

Meskipun para ilmuwan telah menemukan bahwa orang yang lebih tua mengalami perubahan fisiologis yang dapat menyebabkan aroma yang berbeda, bau itu tidak selalu tidak menyenangkan seperti yang sering disiratkan oleh istilah tersebut. Dan itu biasanya bukan akibat dari kebersihan atau tata rumah yang buruk. Untungnya, ada banyak hal yang dapat kamu, para usia senior lakukan untuk meminimalkan penyebabnya jika bau tersebut mengganggumu.

Artikel ini akan mengajarkanmu mengapa aroma alami seseorang dapat berubah seiring bertambahnya usia. Kamu juga akan mempelajari tips untuk mencegah bau yang khas. Dan kamu akan mengetahui mengapa kamu tidak perlu panik jika kamu menyadari bahwa tubuhmu memiliki bau yang berbeda dari biasanya. Selain itu, kamu akan menemukan faktor-faktor lain yang dapat memengaruhi aroma seorang senior dan mendapatkan tips tentang cara berbicara dengan orang yang kamu cintai tentang bau badan.

1 dari 4 halaman

Mengapa Bau Orang Berbeda saat Mereka Bertambah Tua?

Apakah Bau Orang Tua Berbeda? Ini Fakta Tentang Perubahan Bau Badan pada LansiaApakah Bau Orang Tua Berbeda? Ini Fakta Tentang Perubahan Bau Badan pada Lansia © 2022 https://www.griswoldhomecare.com

Jika kamu mengendus bau khas di fasilitas tempat tinggal yang dibantu atau panti jompo yang kamu kunjungi, kamu mungkin bertanya-tanya mengapa. Apakah orang tua memiliki bau yang berbeda seiring bertambahnya usia? Jawabannya sering, iya. Tetapi penyebab bau biasanya bukan karena kebersihan atau masalah kesehatan yang buruk. Sebaliknya, itu adalah hasil dari proses penuaan kulit yang normal. Zat yang menyebabkannya disebut nonnal. Jadi, jika kamu pernah bertanya, " Apa itu 'bau orang tua' dan apa penyebabnya?" Kamu harus mulai dengan belajar tentang nonnal dan mengapa hal itu menjadi perhatian seiring bertambahnya usia.

Produksi nonnal terjadi secara alami. Sepanjang hidupmu, kulit akan menghasilkan asam lemak omega-7. Ketika minyak alami ini rusak di kulitmu, hasilnya adalah bahan kimia berbau kuat yang disebut 2-nonnal.

Sampai tahun seniormu, tubuh akan menghasilkan antioksidan yang cukup untuk memperlambat proses oksidasi ini. Tetapi ketika kulit yang menua melemah, dua hal terjadi: kamu menghasilkan lebih sedikit antioksidan, dan, pada saat yang sama, membuat lebih banyak asam lemak. Hasilnya? Lebih 2-nonnal dan lebih dari bau yang berbeda. Bau badanmu berubah seiring bertambahnya usia karena perubahan kimia tubuh ini.

2 dari 4 halaman

Bagaimana Kita Dapat Mencegah Bau Nonnal?

Apakah Bau Orang Tua Berbeda? Ini Fakta Tentang Perubahan Bau Badan pada LansiaApakah Bau Orang Tua Berbeda? Ini Fakta Tentang Perubahan Bau Badan pada Lansia © 2022 https://www.freepik.com

Menghilangkan bau nonnal bisa jadi hal yang menantang. Salah satu alasannya adalah bahwa nonnal tidak larut dalam air. Itu berarti mandi cepat tidak akan mudah membilasnya. Dan sebagian besar sabun dirancang untuk mengatasi kotoran atau keringat, tetapi tidak nonnal.

Beberapa item perawatan kulit dan kebersihan telah dipasarkan sebagai sabun nonnal atau sabun mandi nonnal dalam beberapa tahun terakhir. Banyak dari produk ini dikembangkan di Jepang, di mana kata untuk bau seorang senior adalah " kareishuu." Menurut peneliti Jepang, ekstrak kesemek efektif menghilangkan nonnal. Alhasil, banyak produk yang mengklaim bisa menghilangkan nonnal mengandung kesemek.

3 dari 4 halaman

Apakah Bau Orang Tua Berbeda? Ini Fakta Tentang Perubahan Bau Badan pada LansiaApakah Bau Orang Tua Berbeda? Ini Fakta Tentang Perubahan Bau Badan pada Lansia © 2022 https://www.eatthis.com

Selain menggunakan sabun nonnal, perubahan gaya hidup dapat membantu. Tujuan dari perubahan ini adalah untuk mengurangi stres (yang dapat meningkatkan produksi nonnal) dan menjaga kulit dan pakaian tetap bersih. Lihat strategi ini yang dapat membantu menyingkirkan nonnal:

Minum banyak air. (Saat kamu mengalami dehidrasi, kulitmu bisa menjadi lebih kering, sehingga zat apa pun yang diproduksi tubuh akan lebih terkonsentrasi.) Botol air yang punya takaran dapat membantumu melacak seberapa banyak kamu minum dan memastikan kamu mendapatkan cukup hidrasi.

4 dari 4 halaman

Beri Komentar