Apa Saja Kandungan Gizi dan Kegunaan Minyak Makan Merah? Simak juga Segudang Manfaat yang Dimiliki

Reporter : Arif Mashudi
Jumat, 15 Maret 2024 11:47
Apa Saja Kandungan Gizi dan Kegunaan Minyak Makan Merah? Simak juga Segudang Manfaat yang Dimiliki
Segala tentang minyak merah bisa kamu cari tahu di sini

Nama minyak makan merah pasti masih begitu asing di telinga kita. berbeda dengan minyak-minyak lain seperti minyak goreng, minyak zaitun, ataupun minyak kelapa yang memang sudah populer.

Tapi tau nggak sih, beberapa waktu lalu, Presiden Indonesia Joko Widodo baru saja ameresmikan pabrik percontohan minyak makan merah di Sumatera Utara. Harapannya, jenis minyak satu ini bisa menjadi alternatif minyak goreng bagi masyarakat luas.

Lantas seperti apa itu minyak makan merah, apa saja kandungan gizinya, dan seperti apa manfaatnya buat kesehatan tubuh. Untuk infromasi detailnya mari kita simak ulasan di artikel berikut ini ya, Diazens.

1 dari 5 halaman

Kandungan dan Kegunaan Minyak Makan Merah © Diadona© Shutterstock.com

Apa Itu Minyak Makan Merah?

Seperti dilansir dari laman Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), Minyak makan merah atau sering disebut dengan minyak sawit merah merupakan salah satu produk turunan kelapa sawit dimana pengolahannya tidak melalui proses pemucatan untuk mempertahankan kandungan karotenoidnya.

Minyak Makan Merah adalah produk yang ideal karena alami, non-GMO, bebas trans-fat, bebas PHO dan diproses pada suhu rendah Minyak makan merah dapat dikonsumsi secara langsung maupun tidak langsung. Kelemahannya jika dikonsumsi secara langsung adalah menimbulkan rasa getir dan bau palmy yang masih tercium, serta warnanya yang merah pekat.

Kemudian, dari laman Indonesia Baik, diterangkan jika minyak makan merah disebut juga sebagai refined palm oil. Minyak makan merah merupakan produk dari minyak sawit mentah (CPO) yang setelah proses penyulingan tidak melanjutkan proses-proses selanjutnya.

Minyak makan merah memiliki warna terang mencolok dan aroma yang kuat. Warna mencolok dari minyak ini berasal dari kelapa sawit yang memang berwarna merah tua. Sebab selama proses produksi, minyak makan merah tidak melalui proses penyulingan atau bleaching seperti minyak goreng sawit biasa.

2 dari 5 halaman

Kandungan dan Kegunaan Minyak Makan Merah © Diadona© Shutterstock.com

Kegunaan Minyak Makan Merah

Sama seperti minyak goreng yang bening itu, minyak makan merah ini fusngi utamanya juga untuk menggoreng makanan. Hanya saja harganya ditaksir lebih murah daripada minyak goreng bening di pasaran.

Yang membedakan ini dari minyak goreng pada umumnya adalah, minyak makan merah ini bisa dipergunakan untuk menumis bahan pangan, salad dressing, bahan baku margarine dan shortening, dan sebagainya. Oh iya, minyak ini juga bisa digunakan sebagai pewarna merah alami serta dapat dibuat berbagai produk olahan, seperti keju nabati, fat replacer, bahkan dapat diformulasi pada produk sabun alami dan skin care.

3 dari 5 halaman

Kandungan dan Kegunaan Minyak Makan Merah © Diadona© Shutterstock.com

Kandungan Gizi pada Minyak Makan Merah

For your information saja ya, minyak makan merah ini lebih baik daripada minyak goreng curah loh. Hal ini berdasarkan jurnal dengan judul Minyak Sawit Merah: Kandungan, Karakteristik, dan Manfaat yang ditulis oleh Dr. Ir. Tungkot Sipayung. Dalam jurnal tersebut, disebutkan bahwa minyak sawit merah memiliki khasiat kesehatan lebih tinggi dibandingkan dengan minyak goreng sawit pasaran.

Dari segi warnanya yang merah, minyak ini memiliki kandungan karotenoid yang tinggi. Selain itu, minyak ini juga mengandung tokoferol, tokotrienol, dan asam lemak yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Kemudian, minyak makan merah ini juga punya kandungan fitonutrien yang tinggi. Fitonutrien ini melibatkan Vitamin E, provitamin A, skualena, dan komponen minor lainnya. Selain itu, minyak ini juga punya kandungan asam lemak, karoten, squalene, dan vitamin E.

4 dari 5 halaman

Kandungan dan Kegunaan Minyak Makan Merah © Diadona© Shutterstock.com

Manfaat Minyak Makan Merah untuk Kesehatan Tubuh

berbicara tentang manfaat untuk kesehatan tubuh, minyak makan merah ini juga diterangkan punya segudang manfaat. Hal ini juga disampaikan di Jurnal yang ditulis oleh Dr. Ir. Tungkot Sipayung.

Berikut ini adalah beberapa manfaat minyak makan merah untuk kesehatan tubuh:

Pro Vitamin A

  • Berperan penting dalam menjaga integritas sel epitel di mata.
  • Mengatur gen untuk hormon pertumbuhan
  • Menjaga sistem imun tubuh dan mencegah terjadinya infeksi pencernaan

Vitamin E

  • Berperan pada pertumbuhan dan perkembangan sistem saraf
  • Berperan sebagai antioksidan dan mencegah terjadinya infeksi penyakit pada anak

Squalene

  • Berfungsi dalam pembentukan kolesterol baik sebagai faktor penting perkembangan otak
  • Membantu pembentukan asam empedu (bile acids), hormon steroid, dan oxysterol

5 dari 5 halaman

Kemudian, minyak makan merah ini juga punya kemampuan mencegah penyakit kardio vaskular. Hal ini dikarenakan Komposisi asam linoleat yang lebih tinggi dibandingkan dengan minyak makan konvensional. Huga kandungan tokoferol, tokotrienol dapat mengurangi tekanan darah sistolik. Nah, kandungan tokotrienol dapat mengurangi efek stroke sampai 50% (melindungi saraf otak) loh Diazens.

Lalu, Kandungan tokotrienol (Vitamin E) dapat meningkatkan fungsi kognitif otak Alzheimer, Parkinson, Brain Aging (Dementia). Lalu, kandungan tokotrienol merupakan neuroprotective yang sangat powerful Alzheimer, Parkinson, Brain Aging (Dementia).

Jadi itu ya Diazens bebera hal terkait minyak makan merah mulai dari kandungan gizi hingga manfaatnya buat kesehatan. Beralih ke minyak merah nggak nih?

Beri Komentar