Apa Itu Diffuse Axonal Injury? Cedera yang Dialami David Setelah Dianiaya Mario Dandy

Reporter : Anif Fathul Amin
Sabtu, 25 Februari 2023 10:31
Apa Itu Diffuse Axonal Injury? Cedera yang Dialami David Setelah Dianiaya Mario Dandy
Setelah dianiaya oleh Dandy, David divonis mengalami Diffuse Axonal Injury

Kondisi David, korban penganiayaan Mario Dandy, pengendara Rubicon yang merupakan anak pejabat Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (Ditjen Pajak Kemenkeu) mengalami diffuse axonal injury. Hal itu disampaikan oleh rekan ayah korban sekaligus anggota Bidang Cyber dan Media PP GP Ansor, Ahmad Taufiq. Taufiq mengatakan saat ini kondisi David sudah menunjukkan perkembangan meski belum sadarkan diri.

1 dari 4 halaman

" Kondisi ananda David sudah menunjukkan progres yang baik meski masih dalam kondisi tidak sadarkan diri dan secara fisik sudah ada pergerakan baik tangan dan badan," ujarnya, seperti dikutip dari laman Kompas.cm.

Kini, pemuda 17 tahun itu dirawat di Rumah Sakit Mayapada Kuningan, Jakarta Selatan setelah dipindah dari Rumah Sakit Medika Permata Hijau pada Rabu (22/2/2023) lalu.

2 dari 4 halaman

Apa Itu Diffuse Axonal Injury?

Menurut jurnal kesehatan di laman ukrida.ac.id, diffuse axonal injury (DAI) adalah cedera mikroskopis yang terjadi di akson pada substansia alba di traktus neuron otak, korpus kalosum, dan batang otak.

Biasanya keadaan ini ditandai dengan koma setelah cedera kepala traumatis yang menyebabkan edema dan iskemia pada otak. Keadaan ini sering berujung pada morbiditas maupun mortalitas.

3 dari 4 halaman

Berdasar lama kondisi koma pada pasien, DAI dibagi menjadi 3 kategori, kelas I (ringan), kelas II (sedang), kelas III (berat). Bila tidak ditangani dengan cepat dan tepat, kemungkinan pasien akan mengalami cacat permanen dan tetap dalam kondisi vegetative (gangguan fungsi otak kronis).

Penyebab tersering seseorang mengalami DAI adalah kece

Beri Komentar