Apa Hubungan antara Yogurt, Makanan Berserat dan Kanker Paru-paru?

Reporter : Riza Umami
Senin, 30 Desember 2019 12:30
Apa Hubungan antara Yogurt, Makanan Berserat dan Kanker Paru-paru?
Ternyata mengonsumsi yogurt dan makanan berserat dapat menurunkan risiko terkena kanker paru-paru. Baca ulasannya berikut ini.

Sebuah penelitian yang telah dipublikasikan di jurnal JAMA Oncology terbaru mengungkapkan fakta yang cukup mengejutkan yaitu mengonsumsi yogurt dan makanan berserat dapat menurunkan risiko terkena kanker paru-paru lebih rendah.

Dilansir dari laman Medical News Today, tim peneliti melakukan penelitian pada dua jenis makanan yaitu prebiotik dan probiotik. Makanan prebiotik adalah makanan yang banyak mengandung serat makanan yang berasal dari buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan kacang-kacangan serta mendukung pertumbuhan bakteri usus sedangkan makanan probiotik adalah makanan yang mengandung mikroorganisme seperti pada yogurt.

Ada hubungan antara bakteri usus dengan kesehatan paru-paru yang ditunjukkan dalam sebuah studi di mana bakteri usus berperan dalam peradangan paru-paru. Metabolit yang diproduksi oleh bakteri ini seperti asam lemak rantai pendek yang dapat menekan peradangan di paru-paru.

Sebenarnya masih sedikit penelitian tentang hubungan yogurt dan kanker paru-paru tetapi para peneliti telah mengumpulkan berbagai informasi dari jurnal dan tesis yang kemudian didapati bahwa orang yang mengonsumsi banyak makanan berserat akan memiliki risiko 17% lebih rendah untuk terkena kanker paru-paru dibandingkan mereka yang mengonsumsi makanan yang berserat lebih sedikit.

Pada orang yang mengonsumsi yogurt paling banyak memiliki risiko terkena kanker paru-paru lebih rendah 19% daripada orang-orang yang tidak mengonsumsi yogurt. Begitu pula dengan mereka yang mengonsumsi yogurt dalam jumlah sedikit, memiliki risiko terkena kanker paru-paru lebih rendah 15% daripada mereka yang sama sekali tidak mengonsumsi yogurt.

Dari ulasan di atas ini, dapat kita ketahui bahwa dengan mengonsumsi yogurt dan makanan berserat seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian ternyata akan menurunkan risiko untuk terkena kanker paru-paru pada diri kita. Jadi, marilah kita perbanyak mengonsumsi yogurt dan makanan yang kaya akan serat agar paru-paru kita terhindar dari penyakit mematikan seperti kanker.

Seberapa sering nih kamu makan yogurt atau makanan berserat? Tulis di bawah ini, ya.

Beri Komentar