Aliando Idap Obsessive Compulsive Disorder, Siapa Saja yang Bisa Alami Gangguan Ini?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Sabtu, 29 Januari 2022 12:26
Aliando Idap Obsessive Compulsive Disorder, Siapa Saja yang Bisa Alami Gangguan Ini?
Kabar Aliando Syarief mengidap OCD buat ramai netizen.

Kabar mengejutkan baru-baru ini datang dari pesinetron tanah air, Aliando Syarief. Aliando mengungkapkan bahwa dirinya mengidap gangguan mental yang disebut dengan Obsessive Compulsive Disorder (OCD).

Dari Instagram Live-nya, Aliando mengungkapkan bahwa karena OCD tersebut Aliando tidak keluar rumah 2 tahun.

"Saya kena OCD, makanya kenapa enggak keluar dua tahun dan maksudnya jangan sampai ada berita-berita aneh juga karena yang akurat berita langsung dari akunnya Ali ini."

 

1 dari 4 halaman

Apa Itu OCD?

OCD yang diidap Aliando ini merupkan gangguan mental, punya pikiran dan dorongan yang tak bisa dikendalikan, serta sifatnya berulang, dan kompulsif. Misalnya aja nih, setelah menyentuh hal kotor sedikit saja, tapi cuci tangannya bisa 7 kali.

Meski demikian, perilaku cuci tangan ini di luar kendali pengidap. Mereka tak berdaya untuk menghentikan atau tidak memikirkan apa yang dia lakukan tersebut meski ingin banget berhenti. Bisa disimpulkan OCD ini emang berdampak banget terhadap kehidupan pengidap.

 

2 dari 4 halaman

Siapa Saja?

OCD sendiri ternyata bisa menyerang berbagai usia, mulai dari anak-anak, remaja, dan dewasa. Meski demikian, biasanya orang didiagnosis di usia 19 tahun, dan pada usia dini rata-rata anak laki-laki daripada anak perempuan.

Penyebab OCD sendiri belum bisa dipastikan secara pasti. Meski demikian, faktor ketururan, stuktur otak dan fungsinya, serta lingkungan hidup bisa jadi faktor penyebabnya. Faktor lingkungna hidup ini yang paling berpengaruh, sebab bisa tidak mendukung perkembangan psikis sejak kecil.

 

3 dari 4 halaman

Kabar buruknya, disebutkan OCD ini tidak dapat disembuhkan, serta tidak ada cara pencegahannya secara pasti. Meski demikian, gejala OCD bisa diredakan. Bisa dengan obat-obatan, atau psikoterapi.

Untuk lebih jelasnya, memang alangkah lebih baiknya pergi ke pihak yang bersangkutan agar mendapatkan perawatan yang lebih baik dan tepat. Aliando pun sekarang mendapatkan banyak dukungan dan respek setelah mengungkapkan gangguan mentalnya.

Beri Komentar