9 Penyebab Jantung Berdebar-Debar dan Badan Gemetar

Reporter : Wicha Mashita
Jumat, 19 Juni 2020 10:11
9 Penyebab Jantung Berdebar-Debar dan Badan Gemetar
Kenali penyebab jantung berdebar-debar karena 5 hal ini!

Ada beberapa kemungkinan yang bisa jadi jantung berbedar-debar sampai badan gemetar. Sebenarnya hal ini biasa terjadi sebagai bentuk reaksi normal saat merasakan beberapa emosi, seperti kemarahan, ketakutan atau kecemasan.

Nah kalau karena hal-hal di atas, biasanya jantung berdebar hanya berlangsung dalam waktu sebentar. Gejala ini pun bisa hilang dengan sendirinya seiring dengan berjalannya waktu. Namun, ada juga suatu kondisi tertentu yang berpengaruh pada kesehatan.

1 dari 5 halaman

Penyebab Jantung Berdebar-Debar

Ilustrasi Wanita Cemas © Diadona
Ada faktor penyebab jantung berdebar-debar karena kondisi kesehatan maupun luapan emosi yang dirasakan. Berikut beberapa alasan kamu merasa jantung berdebar.

Kecemasan


Sedang mengalami kecemasan atau tekanan emosional yang tinggi. Misalnya ada masalah dalam keluarga, pertemanan atau bahkan urusan pekerajaan. Selain itu juga bisa karena kemarahan maupun ketakutan.

Panic Attack (Serangan Panik)


Panic attack merupakan gangguan psikologis yang biasanya muncul gejala kepanikan secara spontan tanpa alasan yang jelas. Serangan panik ini bisa terjadi tanpa prediksi dan yang mengalami biasanya akan kehilangan kendali atas tubuh dan pikirannya.

Penyebab jantung berdebar-debar karena serangan panik juga ditandai dengan badan gemetar menggigil, berkeringat dingin, sesak napas, mual, seperti tercekik, mata berkunang-kunang, hilang keseimbangan, kulit memerah, mati rasa bahkan sampai depersonalisasi atau perasaan terpisah dari tubuh atau kenyataan.

Bahkan ada beberapa orang yang bilang kalau serangan panik terasa seperti kena serangan jantung atau merasa benar-benar mati. Nah hal yang membedakan dengan panik biasa, serangan panik membuat penderitanya mengalami teror kecemasan dan kekhawatiran yang amat berat. Kalau panik biasa bisa merada begitu pemicunya hilang.

2 dari 5 halaman

Stres

Ilustrasi Wanita Stres © Diadona
Kamu mengalami stres tingkat tinggi? Penyebab badan gemetar dan jantung berdebar bisa juga dikarenakan stres loh! Kedua hal ini merupakan reaksi otomatis dari tubuh ketika hormon stres mengalami peningkatan. Sehingga hormon adrenalin dan kortisol yang dilepaskan otak merasa terancam.

Terlalu Banyak Mengonsumsi Kafein


Pernah dengar nggak, kondisi jantung berdebar setelah minum kopi? Yap, kopi juga salah satu penyebab jantung berdebar karena adanya kafein yang mengandung zat stimulan.

Zat ini bisa merangsang pusat otak untuk bekerja lebih keras. Sehingga sistem saraf yang berperan sebagai pusat perintah untuk seluruh tubuh ini menghasilkan hormon adrenalin dan mengatur kerja jantung.

3 dari 5 halaman

Gangguan Kondisi Medis

Penyebab Anemia © Diadona
Mengalami penyakit karena kena infeksi juga bisa menyebabkan jantung berdebar. Misalnya seperti infeksi saluran pencernaan, gangguan lambung, vertigo dan lainnya.

Kekurangan Glukosa


Kondisi kekurangan glukosa atau gula rendah (hipoglikemia) merupakan gangguan kesehatan yang bisa jadi penyebab jantung berdebar-debar. Soalnya kondisi ini mengakibatkan otak, saraf dan otot tubuh kehilangan bahan bakarnya untuk bekerja.

Normalnya kadar gula darah sekitar 100 mg/dL saat sedang tidak makan dan dalam keadaan istirahat sampai di bawah 140 mg/dL setelah makan. Hipoglikemia ini terjadi saat kadar gula jatuh di angkadi bawah 70 mg/dL.

Selain jantung yang berdebar, kekurangan glukosa juga menyebabkan kejang sampai hilangnya kesadaran. Untuk mengatasinya, kamu bisa menyediakan 5-6 permen, beberapa sendok gula atau segelas air gula atau satu sendok makan madu.

4 dari 5 halaman

Hipertiroid

Penyakit Hipertiroid © Diadona
Kondisi di mana kelenjar tiroid memproduksi hormon tiroid terlalu banyak disebut dengan hipertiroid. Saat kelenjar tiroid terlalu aktif, maka tubuh otomatis bakalan bekerja terlalu cepat. Sehingga membuatmu susah tidur, jantung berdebar bahkan tangan sampai gemetar.

Gangguan Jantung


Kemungkinan selanjutnya yang bisa jadi penyebab badan gemetar dan jantung berdebar adalah adanya gangguan pada jantung. Hal bisa terjadi karena penyakit jantung bawaaan atau penyakit jantung terkait gaya hidup.

Mengonsumsi makanan yang tidak sehat, alkohol, rokok, obesitas menjadi pemicunya. Penyakit jantung lainnya juga bisa muncul, seperti hantung koroner, gagal jantung dan sebagainya.

5 dari 5 halaman

Anemia

Penyebab Anemia © Diadona
Penyakit anemia atau kekurangan sel darah merah menjadi penyebab jantung berdebar selanjutnya. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya untuk memeriksakan diri ke dokter.

Coba kenali penyebab jantung berdebar dan beristirahat. Lalu jangan lupa konsumsi makanan bergizi dan minum air putih 2-3 liter sehari. Semoga sehat selalu guys!

Beri Komentar