9 Penyakit Dermatitis dan Penyebabnya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 4 Juni 2020 18:23
9 Penyakit Dermatitis dan Penyebabnya
Penyakit dermatitis ini memang berupa gatal-gatal yang nggak nyaman. Tapi penderitanya ngak perlu dijauhi karena nggak menular..

Penyakit dermatitis merupakan istilah medis untuk penyakit iritasi kulit. Bukan sekedar gatal-gatal ya, karena iritasi kulit ini luas banget. Dermatitis punya banyak penyebab dan terjadi dalam beberapa bentuk. Gejalanya bisa berupa gatal, dan kulit kering, namun juga bisa berupa kulit yang melepuh dan berisi cairan.

Apakah penyakit dermatitis ini menular? Nggak kok. Meskipun iya sih bikin nggak nyaman banget.

1 dari 2 halaman

Penyakit Kulit Dermatitis

Penyakit DermatitisPenyakit Dermatitis © shutterstock.com/leadenpork

Dilansir dari Mayo Clinic, ada lima jenis penyakit dermatitis di mana masing-masingnya punya gejala yang berbeda, diantaranya:

Dematitis Atopik

Penyakit dermatitis ini biasanya dimulai saat bayi, dengan ruam merah dan gatal yang terjadi saat kulit tertekuk. Munculnya ada di dalam siku, di belakang lutut, atau di depan leher.

Gejalanya kayak gimana? Bisa bervariasi antar orang dan termasuk:

  • Kulit Kering
  • Gatal, yang biasanya makin parah terjadi di malam hari
  • Benjolan kecil yang dapat bocor dan mengeras saat tergores
  • Kulit menebal, pecah, bersisik

Penyakit dermatitis atopik ini paling sering muncul sebelum penderita berumur 5 tahun, dan bisa aja bertahan sampai yang bersangkutan dewasa. Bagi sebagian orang, gejalanya bisa aja kambuh secara berkala dan hilang seiring waktu.

Dermatitis Kontak

Ruam menyengat merah dan gatal ini terjadi ketika kulit penderita bersentuhan dengan zat yang mengiritasi kulit atau menyebabkan reaksi alergi. Singkatnya nih, yaitu penyakit kulit karen alergi. Selanjutnya ruam dapat berkembang menjadi lepuh.

Cradle Cap

Atau yang dikenal juga dengan penyakit dermatitis seboroik pada bayi. Ini terlihat seperti ketombe di kulit bayi, meski juga bsia banget muncul di kepala atau dada. Tapi nggak perlu panik ya karena hal ini wajar dan umum terjadi, serta nggak berbahaya.

Penyebabnya? Belum diktehaui secara pasti. Tapi sangat mungkin terjadi karena alergi, infeksi bakteri atau sanitasi. Namun para ahli percaya kalau salah satu penyebabnya yakni hormon yang diturunkan dari ibu ke bayi.

Ruam Popok

Adalah penyakit kulit pada bayi yang disebut dengan dermatitis popok, menyerang 35 persen bayi di beberapa titik di tahun pertama kehidupan mereka. Insidensinya memuncak pada usia sekitar 9-12 bulan.

Penyebabnya?

  • Kontak berkepanjangan dengan urin dan feses
  • Kelembaban berlebih dari penggunaan popok dalam waktu lama
  • Gesekan dari kain atau pita perekat
  • Infeksi sekunder dari bakteri atau jamur/ragi

Dermatitis Dishidrotik

Pada jenis penyakit dermatitis ini, kulit nggak bisa melindungi dirinya sendiri. Hal ini menyebabkan kulit kering dan gatal, sering disertai lepuh kecil. Ini terjadi terutama pada kaki dan tangan.

Tipe yang lainnya dari penyakit dermatitis, yaitu:

Neurodermatitis

Yaitu kulit yang gatal yang sering dipicu oleh stres atau sesuatu yang mengiritasi kulit.

Dermatitis Nummular

Dermatitis nummular melibatkan luka oval pada kulit, sering terjadi setelah cedera kulit.

Dermatitis Stasis

Merupakan perubahan kulit karena sirkulasi darah yang buruk

Dermatitis Neglecta

Yaitu penyakit dermatitis karena tidak mempraktikkan kebiasaan kebersihan yang baik

2 dari 2 halaman

Penyebab Penyakit Dermatitis

Penyakit DermatitisPenyakit Dermatitis © webmd.com

Penyebab penyakit dermatitsi dibedakan menjadi jenisnya. Beberapa jenis, seperti eksim dishidrotik, neurodermatitis, dan dermatitis nummular, mungkin memiliki penyebab yang tidak diketahui.

Dermatitis Kontak

Beberapa bahan menyebabkan reaksi alergi pada kulit seseorang, menyebabkan munculnya penyakit dermatitis ini, diantaranya:

  • Detergen
  • Kosmetik
  • Racun

Eksim

Eksim disebabkan oleh kombinasi faktor-faktor seperti kulit kering, lingkungan, dan bakteri pada kulit. Ini sering bersifat genetik, karena orang-orang dengan eksim cenderung memiliki riwayat keluarga dengan eksim, alergi, atau asma.

Dermatitis Seboroik

Penyakit dermatitis ini kemungkinan disebabkan karena jamur di kelenjar minyak. Gejalanya cendrung lebih buruk di musim semi atau di musim dingin. Pada sebagian orang, dermatitis ini juga sepertinya disebakn karena faktor keturunan.

Dermatitis Statis

terjadi karena sirkulasi yang buruk dalam tubuh, paling sering pada tungkai bawah dan kaki.

Pemicu kambunya penyakit dermatitis bisa apa aja yang membuat kulit jadi bereaksi. Bisa berupa zat, lingkungan, atau sesuatu yang ada dalam tubuh.

Tapi pemicu yang paling umum, yaitu:

  • Stres
  • Perubahan hormon
  • Lingkungan
  • Zat yang mengiritasi

Beri Komentar