Obat Rumahan yang Bisa Meringankan Penyakit Gatal

Reporter : Novi Hardita Larasati
Senin, 27 Januari 2020 10:00
Obat Rumahan yang Bisa Meringankan Penyakit Gatal
Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan kulit gatal, salah satunya adalah alergi.

Kulit gatal tidak selalu membutuhkan obat dari dokter, namun dengan menggunakan obat rumahan juga bisa membantu kalian saat mengalami gatal-gatal pada kulit. Secara umum, kunci meredakan gatal adalah dengan menghilangkan apa yang menjadi penyebabnya atau mendapatkan perawatn untuk kondisi yang mendasarinya.

Dikutip dari Prevention, kamu bisa mencoba dengan beberapa pengobatan rumahan untuk kulit gatal, namun saat kamu merasakan untuk menggaruk luka tersebut, segerah untuk mengunjungi dokter kulit terdekat. Berikut pengobatan rumahan yang bisa kamu lakukan.

1 dari 7 halaman

Gunakan Pakaian yang Longgar dan Ringan

Cara ini sangat sederhana, kalau kamu merasakan gatal pada kulit, mengganti pakaian bisa membuat keadaan menjadi lebih baik. Pakaian yang mengiritasi, atau deterjen pelembut kain yang menempel pada pakaian dapat menyebabkan atau memperburuk kulit yang gatal.

2 dari 7 halaman

Singkirkan Gatalnya

Saat kamu merasakan kurang sehat, dan mengantisipasi dengan mandi air panas itu tidak selalu menyembuhkan, terutama saat merasakan gatal-gatal pada kulit. Panas dan paparan air dapat meningkatkan faktor gatal dari gigitan nyamuk dan mengelupas kulit terbakar itu akan membuat tersa lebih buruk dalam jangka panjang. Sebaiknya kompres dengan air dingin, karena dapat membantu meringankan rasa gatal.

3 dari 7 halaman

Gunakan Lotion Pelembab

Kalau kulit kamu kering, gatal, bahkan terlihat agak bersisik, solusinya adalah gunakan lotion pelembab yang bebas aditif untuk meringankan rasa gatal pada kulit.

4 dari 7 halaman

Dinginkan dengan Obat Herbal Nabati

Lotion, gel, dan krim yang dijual bebas dengan bahan seperti mentol, calamine, kapur barus dan lidah buaya menjadikan obat alami yang luar biasa untuk mengobati kulit gatal.

5 dari 7 halaman

Mandi Oatmeal Suam-Suam Kuku

Rendaman oatmeal jauh lebih tidak mewah daripada mandi busa beruap, tapi hal ini akan membantu untuk menenangkan kulit gatal kalian. Oatmeal koloid memiliki kualitas antiinflamasi dan antioksidan yang dapat merehidrasi kulit dan menurunkan intensitas rasa gatal.

6 dari 7 halaman

Tambahkan Antihistamin

Saat tubuh kalian bersentuhan dengan sejumlah iritan seperti gigitan serangga, ia akan bereaksi dengan melepaskan senyawa yang menyebabkan gatal-gatal, ruam, dan kulit gatal. Dalam hal ini, mengkonsumsi antihistamin bisa menjadi cara yang bagus untuk merawa kulit gatal.

7 dari 7 halaman

Coba Krim Hidrokortison

Krim hidrokortison yang dijual bebas dapat membantu kalian untuk mengatasi gatal yang disertai dengan banyak kondisi kulit pada umumnya. Namu perlu diingat, kalau dalam waktu seminggu kamu masih merasakan gatal, hentikan penggunaan krim dan mulailah untuk periksa ke dokter.

Beri Komentar