Ngerasa Gatal Padahal Nggak Ada Apa-Apa tuh Kenapa sih Sebenernya?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Selasa, 10 Maret 2020 15:12
Ngerasa Gatal Padahal Nggak Ada Apa-Apa tuh Kenapa sih Sebenernya?
Rasanya kayak tiba-riba gatal aja gitu.

Rasa gatal memang bisa muncul secara mendadak dan berada dimanapun. Berapa gatal bisa disebabkan karena penyakit kulit, namun kita psti pernah mengalami momen-momen dimana tiba-tiba terasa gatal tapi padahal nggak ada semut ataupun nyamuk yang mengigit. Kamu pernah mengalaminya nggak?

Nah dilansir dari dailymail.uk, memang ada beberapa hal yang bisa menyebabkan kita gatal secara mendadak.

1 dari 2 halaman

via GIPHY

Jika kamu merasa gatal yang ringan ketika digaruk dan rasa gatal tersebut hilang, maka kemungkinan besar itu hanya disebabkan karena kulit kering atau Xerosis. Kamu cukup segera mengoleskan pelembab seperti hand and body lotion. Kalau kamu sering mengalami ini kamu perlu juga memperhatikan kandungan yang ada dalam sabun mandimu. Hindari menggunakan sabun atau shampoo yang memiliki kandungan terlalu keras ya.

Tapi nggak cuma itu, kamu bisa juga mengalami gatal mendadak karena sedang grogi lho. Kondisi ini disebabkan karena ketika psikologis kita merasa grogi, takut, atau cemas, maka tubuh akan membentuk suatu stress respon yang menyebabkan reaksi spesifik baik secara fisiologis maupun psikologis.

2 dari 2 halaman

via GIPHY

Pada saat ini terjadi, peredaran darah menuju kulit akan tiba tiba berkurang, sehingga mengaktivasi sel sel syaraf di kulit dan menyebabkan rasa nyeri, gatal, menyengat sementara di kulit.

Jadi rasa gatal ringan yang muncul secara tiba-tiba padahal nggak ada gigitan hewan atau sakit apapun bisa disebabkan karena kulit yang kering atau memang kamunya sedang grogi. Nggak usah khawatir lagi ya. Bentar juga hilang kok gatalnya!

Beri Komentar