8 Manfaat Kacang Merah untuk Ibu Hamil, Bayi, dan Diet

Reporter : Shofi Febri
Kamis, 13 Februari 2020 13:31
8 Manfaat Kacang Merah untuk Ibu Hamil, Bayi, dan Diet
Manfaat kacang merah baik untuk bayi loh. Berikut manfaat kacang merah tersebut.

Kacang merah atau biasa dikenal kidney beans ini termasuk kedalam keluarga kacang-kacangan. Disebur sebagai kidney beans karena bentuk dan warna kacang merah yang menyerupai ginjal. Warna kacang merah berwarna merah kecoklatan. Rasa kacang merah yang enak apalagi bila telah direbus atau diolah dalam bentuk makanan lain.

Kacang merah kaya akan karbohidrat, protein, serat, kalsium, dan vitamin B9 atau asam folat. Selain itu, kacang merah juga mengandung zat besi, potasium, magnesium mangan, tembaga, vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin B6, vitamin B12, dan lainnya. Dari kandungan tersebut, manfaat kacang merah bisa digunakan untuk kesehatan tubuh dalam memenuhi nutrisi harian. Dilansir dari berbagai sumber, berikut manfaat kacang merah yang harus kamu tahu.

1 dari 3 halaman

Manfaat Kacang Merah untuk Ibu Hamil

Ilustrasi Ibu HamilIlustrasi Ibu Hamil © depositphotos.com/EugeneGensyurovksy

Manfaat kacang merah mengandung protein dan serat tinggi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan janin dan penambah energi tubuh. Manfaat kacang merah juga kaya vitamin dan mineral yang bisa menjaga kesehatan ginjal dan mendukung pertumbuhan janin sehat. Selain itu, manfaat kacang merah juga mengandung nutrisi penting bagi kesehatan ibu serta janin, seperti protein, asam folat, dan zat besi. Saat hamil, wanita membutuhkan zat besi dan asam folat lebih banyak.

Kedua nutrisi ini diperlukan untuk pertumbuhan bayi dan plasenta. Dalam masa kehamilan, seorang wanita juga akan mengalami peningkatan jumlah sel darah dalam tubuh, sehingga dibutuhkan lebih banyak zat besi untuk membentuk sel-sel darah baru guna memastikan kecukupan oksigen dalam tubuhnya dan janin. Menu sup kacang merah di pagi hari bisa meredakan mual dan sangat cocok untuk penambah tenaga ketika kamu mulai merasa mual dan cepat lelah.

Sebelum dimasak sebaiknya kacang merah direndam di dalam wadah air selama semalam agar kacang menjadi mengembang, segar dan cepat matang dan empuk ketika direbus bersama bumbu sup.

2 dari 3 halaman

Manfaat Kacang Merah untuk Bayi

Bayi membutuhkan nutrisi untuk pertumbuhan dan kesehatan tubuhnya. Salah satu makanan dengan kandungan nutrisi tinggi dan bisa membantu melengkapi nutrisi harian bayi adalah kacang merah. Berikut manfaat kacang merah untuk bayi.

Ilustrasi Bayi Tumbuh GigiIlustrasi Bayi Tumbuh Gigi © unsplash.com/@marslady

Mengontrol kadar gula darah

Manfaat kacang merah untuk bayi juga bisa mengontrol kadar gula darah. Kadar gula darah harus selalu dijaga agar tetap normal. Karena penderita diabetes juga bisa menyerang sejak kecil maka ,anfaat kacang merah sangat dianjurkan untuk para penderita diabetes karena bisa membantu mengontrol kadar gula darah. Peningkatan kadar gula darah yang drastis bisa dicegah dengan mengonsumsi kacang merah.

Menjaga kesehatan jantung

Manfaat kacang merah sangat baik untuk kesehatan jantung. Kamu akan temukan manfaat kacang merah bisa menurunkan kadar lipid darah yaitu kadar kolesterol LDL (jahat) dan trigliserida. Pengonsumsian kacang merah juga akan meningkatkan kadar kolesterol HDL (baik).

Manfaat kacang merah juga bisa mengendalikan tekanan darah. Ini sangat berkaitan dengan kesehatan jantung. Tingginya kolesterol HDL, rendahnya kolesterol LDL, dan tekanan darah selalu berada dalam kisaran normal bisa membantu jantung tetap sehat.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan antioksidan di dalam kacang merah juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Makrofag di dalam tubuh akan lebih aktif dan lebih banyak sehingga tubuh mampu menghancurkan zat-zat asing penyebab penyakit.

Mengatasi sembelit

Jika bayimu sedang mengalami konstipasi atau sembelit maka konsumsi kacang merah dapat membantu. Manfaat kacang merah bisa untuk mengatasi sembelit atau susah buang air besar. Hal ini disebabkan oleh kandungan serat di dalam kacang merah.

Serat makanan yang terkandung di dalam kacang merah bersifat tidak larut. Ini akan berdampak baik dalam hal ukuran massa tinja. Kandungan serat makanan juga bisa memperbaiki gerakan usus halus supaya lebih baik mencerna makanan.

Menguatkan tulang

Manfaat kacang merah juga bisa menguatkan tulang. Kandungan kalsium dan magnesium di dalam kacang merah dapat membantu bayimu untuk menjaga kesehatan tulang. Asupan kacang merah mampu mencegah dari osteoporosis karena tulang semakin kuat. Kacang merah juga bisa menurunkan risiko penyakit tulang lainnya dan sendi. Hal ini berguna juga bermanfaat bagi bayi karena membutuhkan kalsium untuk memperkuat tulangnya.

3 dari 3 halaman

Manfaat Kacang Merah untuk Diet

Banyak cara untuk menurunkan berat badan. Dengan menambahkan manfaat kacang merah untuk diet kamu, kamu juga akan mendapatkan manfaat seperti berikut.

Ilustrasi DietIlustrasi Diet © 2020 https://rawpixel.com

Menurunkan berat badan

Manfaat kacang merah untuk diet dapat menjadi pemenuhan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Diet yang sehat dan benar adalah dengan memenuhi beragam nutrisi yang dibutuhkan tubuh, termasuk protein dan serat, memerhatikan jumlah kalori yang dikonsumsi, serta menghindari konsumsi lemak jenuh dan gula. Kacang merah dapat memenuhi diet sehat tersebut. Karena kacang merah mengandung serat tidak larut yang dapat melancarkan pencernaan sekaligus mencegah sembelit, serta protein yang dibutuhkan untuk perbaikan jaringan tubuh.

Guna mendapatkan berat badan yang ideal, tidak jarang orang menjalani diet dengan cara yang tidak sehat. Manfaat kacang merah untuk diet ini menjadi salah satu solusi tepat untuk kamu.

Mengontrol nafsu makan

Selain itu, manfaat kacang merah untuk diet juga akan berkaitan dengan kemampuan kamu dalam mengontrol nafsu makan. Karena kacang merah kaya akan protein, serat larut, dan karbohidrat kompleks, maka mengonsumsi kacang merah bisa membuat kamu kenyang lebih lama. Begitulah manfaat kacang merah untuk diet selanjutnya ditentukan oleh kandungan nutrisi yang sangat banyak.

Dengan kemampuan untuk mengontrol nafsu makan, kamu pun tidak akan mudah tergoda untuk mencari camilan atau makanan lain. Untuk kamu yang sedang berusaha menurunkan berat badan, manfaat kacang merah untuk diet yang satu ini tentu akan sangat membantu dan sayang sekali untuk dilewatkan.

Setelah mengetahui manfaat kacang merah di atas, kamu jadi tidak ragu untuk menambahkan menu kacang merah ini ke dalam daftar makanan kesukaanmu kan? Semoga bermanfaat!

Beri Komentar