7 Manfaat Padi untuk Kehidupan Manusia, Sumber Energi hingga Atasi Masalah Kesehatan

Reporter : Novi Hardita Larasati
Selasa, 16 Maret 2021 11:41
7 Manfaat Padi untuk Kehidupan Manusia, Sumber Energi hingga Atasi Masalah Kesehatan
Manfaat padi ternyata tidak hanya sebagai bahan pokok makanan, namun juga berfungsi dalam mengatasi masalah kesehatan.

Memiliki nama latin Oryza sativa L, ternyata padi menjadi salah satu budaya tanaman paling penting di dunia, seperti di negara-negara tropis Asia, khususnya Indonesia.

Pasalnya, tanaman padi ini bisa menghasilkan beras yang beraneka ragam seperti beras putih, beras merah, beras hitam, dan beras coklat yang masing-masing jenisnya memiliki manfaat bagi kehidupan manusia.

Penasaran apa saja manfaat padi bagi kehidupan manusia? Langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Apa Manfaat Padi?

Manfaat Padi © Diadona

Berikut ialah ulasan mengenai manfaat padi yang umumnya untuk menjaga kesehatan tubuh manusia.

1. Sumber Energi Bagi Tubuh

Mungkin beberapa dari kalian masih ada yang menanyakan apa manfaat padi untuk kehidupan manusia. Tentu saja, khasiat padi bagi kehidupan manusia adalah sebagai sumber energi.

Sebagai yang diketahui, padi yaitu tanaman pangan jenis serealia yang bisa digunakan sebagai sumber makanan untuk dikonsumsi oleh manusia, termasuk orang Indonesia.

Sebab, padi memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Bahkan, kandungan karbohidratnya mencapai 79 g dalam per gram beras. Oleh karena itu, mengonsumsi makanan yang berasal dari padi sangatlah penting bagi manusia untuk memperoleh energi.

2. Kaya Nutrisi

Dikarenakan sebagai sumber energi bagi tubuh, benarkah manfaat padi salah satunya juga membantu orang-orang yang sedang melakukan diet? Yaps, benar sekali.

Akan tetapi, ini berlaku untuk beras merah ya. Hal ini karena beras merah memiliki kandungan kalori yang lebih rendah daripada beras putih, serta mengandung sejumlah vitamin seperti B kompleks, B1, B3, kolin, betaine, dan asam folat.

2 dari 3 halaman

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Ilustrasi Organ Jantung © Diadona

Manfaat padi untuk kehidupan manusia yang selanjutnya yaitu menjaga kesehatan jantung. Ya, beras hitam dapat mengurangi plak aterosklerosis yang berbahaya bagi arteri. Sehingga, hal ini sangat penting untuk menjaga arteri serta mencegah serangan jantung ataupun stroke.

Bahkan, kandungan anthocyanin fitokimia dalam beras hitam pun dipercaya bisa menjaga kadar kolesterol, konsentrasi triasilgliserol serta mengurangi kolesterol jahat, lho.

4. Untuk Mendetoksifikasi Tubuh

Tampaknya beras hitam memiliki segudang khasiat untuk tubuh nih, guys. Sebab, selain menjaga kesehatan jantung, beras merah juga bermanfaat untuk mendetoksifikasi tubuh.

Sebagai bahan informasi, ternyata manfaat padi yang satu ini bisa mengurangi peradangan dan membersihkan tubuh dari zat-zat berbahaya yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan. Wah, cukup menarik ya.

5. Untuk Obat dan Bahan Kosmetik

Manfaat padi untuk kehidupan manusia yang ke-lima ialah sebagai obat dan bahan kosmetik. Caranya, padi diambil berasnya, lalu direbus dan dikeringkan, kemudian ditumbuk sampai menjadi pasta yang bisa dioleskan ke kulit.

Ohiya, selain untuk kulit wajah, padi juga dapat membantu menambah ketebalan rambut hingga menghitamkan secara alami, lho. Patut kalian coba nih, guys.

3 dari 3 halaman

6. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Ilustrasi Gangguan Pencernaan © Diadona

Nah, khasiat padi bagi kehidupan manusia yang berikutnya adalah untuk mengatasi gangguan pencernaan. Jadi, padi yang telah diolah menjadi nasi sangat bermanfaat bagi seseorang yang terkena sembelit, diare hingga radang usus

7. Menguatkan Tulang dan Gigi

Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa beras memiliki beragam jenis dengan berbagai manfaat. Salah satunya yaitu beras coklat. Ternyata, kandungan mangan serta mineral yang tinggi dalam beras coklat bisa membantu mempertahankan struktur tulang dan gigi agar lebih kuat.

Selain itu, kandungan magnesium dalam beras coklat juga memiliki peran penting dalam mineralisasi tulang untuk melindunginya dari arthritis. Arthritis ialah peradangan yang terjadi di satu atau beberapa sendi. Nantinya kondisi ini menyebabkan sendi menjadi kaku bahkan sulit untuk digerakkan.

Itulah beberapa manfaat padi untuk kehidupan manusia, semoga informasi yang disampaikan bisa bermanfaat bagi kamu dalam menjaga kesehatan tubuh.

Beri Komentar