6 Hal yang Terjadi Saat Kamu Tidur Kurang dari 7 Jam Perhari

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 26 Desember 2019 15:19
6 Hal yang Terjadi Saat Kamu Tidur Kurang dari 7 Jam Perhari
Seseorang bisa saja terus menerus meremehkan kondisi kurang tidur selama masih sanggup melek keesokan harinya. Padahal, efeknya berbahaya bagi kesehatan.

Penelitian menyebut bahwa manusia harus tidur sekitar tujuh hingga sembilan jam dalam satu hari. Sayangnya untuk sebagian orang, hal ini kadang tidak mungkin terjadi. Mereka terpaksa terjaga hingga memotong waktu istirahat mereka.

Terlepas dari jam berapapun waktu tidur kamu, kurang tidur bisa membuat kesehatan fisik dan mental kamu terganggu. Kamu memang tidak bisa memilih untuk tidak tidur, kan. Tapi berikut 6 konsekuensi kesehatan yang terjadi kalau kamu kurang tidur, yang dirangkum dari Businessinsider (16/12).

1 dari 6 halaman

Kanker

Kurang tidur dikaitkan dengan tingginya resiko beberapa kanker, terutama kanker usus besar dan kanker payudara. Dugaannya, gangguan pada ritme sirkadian beresiko pada pertumbuhan kanker, dan jam biologis tubuh berpengaruh pada fungsi biologisnya. Gangguan pada ritme ini juga meningkatkan resiko penyakit pencernaan, seperti tukak lambung.

2 dari 6 halaman

Penuaan Kulit

Menurut penelitian dari University of Wisconsin, kualitas tidur yang buruk berkolerasi dengan masalah kulit. Wanita yang kurang tidur punya banyak tanda penuaan kulit di wajah, seperti kerutan, garis halus, dan pigmentasi tidak merata. Itu karena pada saat tidur, kulit sedang memperbaiki diri.

3 dari 6 halaman

Saat Lelah, Orang Cenderung Makan Makanan yang Tidak Sehat

Setelah kamu begadang atau kurang tidur semalam, kamu cenderung ingin makanan yang tidak sehat, berkalori tinggi dan sulit mengendalikan emosi. Kemungkinan hal ini terjadi karena ketidak seimbangan hormon akibat kurang tidur. Hormon ini juga yang berkolerasi pada tingginya Indeks Masa Tubuh.

Bagi yang belum tahu, Indeks Masa Tubuh merupakan suatu angka yang menentukan berat badan kamu ideal, atau tidak. Semakin tinggi angkanya maka menunjukkan kamu kelebihan berta badan.

4 dari 6 halaman

Merasa Sendirian

Peneliti mengungkapkan bahwa orang-orang muda yang kurang tidur sering merasa kurang bisa bersosialisasi dan selalu merasa sendirian. Yang lebih buruk lagi, perasaan sendiri tersebut membuat mereka jadi susah tidur lagi. Hmm, lingkaran setan yang nggak selesai-selesai, kan?

5 dari 6 halaman

Kurang Tidur Membuat Susah Belajar dan Gampang Lupa

Faktor kurang tidur jadi masalah yang umum menghantui siswa. Makanya, ketika jam masuk sekolah diundur selama satu jam untuk anak sekolah menengah, ada kecenderungan peningkatan nilai ujian mereka. Hal ini sepertinya juga berpengaruh untuk siswa sekolah menengah mengingat mereka biasanya lebih suka begadang.

6 dari 6 halaman

Mudah Pikun

Kurang tidur pada orang lanjut usia dapat menyebabkan perubahan struktural di otak yang berkaitan dengan gangguan memori jangka panjang. Penelitian di tahun 1924 membuktikan, mereka yang lebih banyak tidur bakalan nggak lebih gampang lupa. Artinya, kurang tidur membuat kamu cepat pikun.

Setelah tahu bahaya kurang tidur seperti di atas, masih tetap mau lanjut begadang?

Beri Komentar