5 Persiapan Penting Sebelum Menerima Vaksin Covid Dosis Kedua

Reporter : Mila Ismiranda
Kamis, 29 Juli 2021 19:57
5 Persiapan Penting Sebelum Menerima Vaksin Covid Dosis Kedua
Sebelum mendapatkan vaksin kedua, baca dulu ya!

Apakah kamu sudah menerima vaksin dosis pertama? Kalau iya, ada beberapa persiapan yang perlu kamu ketahui sebelum nantinya menerima vaksin Covid kedua.

Hal ini bertujuan untuk menghindarimu dari efek samping ringan atau pun berat vaksin dosis kedua. Langsung aja simak penjelasannya di bawah ya!

1 dari 5 halaman

Konsultasi Dokter

Persiapan pertama bagi kamu yang akan mendapat vaksin covid kedua adalah konsultasi ke dokter.

Hal ini ditujukan terutama bagi kamu yang memiliki kondisi medis berat, seperti hipertensi, diabetes, penyakit ginjal, masalah koroner, dan lain-lain. Meski begitu, kamu yang tidak memiliki masalah kesehatan juga perlu konsultasi ke dokter kalau merasakan efek samping vaksin dosis pertama.

2 dari 5 halaman

Perhatikan Alergi dan Obat-obatan yang Dikonsumsi

Seperti halnya vaksin pertama, pihak tenaga kesehatan tidak akan memperbolehkanmu mendapatkan dosis bila sedang menerima obat tertentu.

Nah, kamu juga perlu dapatkan izin untuk obat-obatan tertentu yang dapat meningkatkan kemungkinan reaksi alergi.

3 dari 5 halaman

Hindari Olahraga Berlebih dan Tidur Cukup

Melansir Indonesia Baik, persiapan yang perlu dilakukan penerima vaksin covid kedua adalah untuk tidak olahraga secara berlebihan dan tidur cukup. Hal ini wajib kamu patuhi agar tidak terjadi penurunan daya tubuh yang bisa menyebabkan efek samping vaksinasi.

Oleh karena itu, usahakan untuk berolahraga tapi secukupnya saja. Sediakan juga waktu tidur setidaknya 7-9 jam setiap harinya agar badan tetap bugar.

4 dari 5 halaman

Konsumsi Makanan Bergizi

Makanan bergizi diperlukan bukan hanya untuk menjaga kebugaran, tapi juga supaya kadar gula dalam tubuh bisa tetap stabil.

Perlu diketahui, makan bergizi secara langsung bisa membuat badanmu lebih siap saat vaksin disuntikkan ke dalam tubuh.

5 dari 5 halaman

Kelola Stres dengan Baik

Melansir Indonesia Baik, tingkat stres yang tinggi bisa memengaruhi kinerja imun tubuh. Tak hanya itu, stres berkepanjangan juga bisa meningkatkan produksi kortisol dan stres oksidatif pada tubuh, sekaligus menurunkan tingkat limfosit atau sel darah putih yang berfungsi sebagai pencegah infeksi virus.

Gimana, sudahkah kamu siap menerima vaksin covid dosis kedua?

Beri Komentar