5 Bahan Rumahan Yang Ampuh Meredakan Jerawat

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Sabtu, 28 Desember 2019 16:24
5 Bahan Rumahan Yang Ampuh Meredakan Jerawat
Jerawat masih menjadi salah satu permasalahan kulit yang dialami banyak orang, untuk meredakannya kamu bisa menggunakan bahan rumahan berikut ini!

Jerawat dimulai ketika pori-pori di kulit tersumbat dengan minyak dan sel-sel kulit mati. Setiap pori terhubung ke kelenjar sebaceous, yang menghasilkan zat berminyak yang disebut sebum. Sebum ekstra dapat menyumbat pori-pori, menyebabkan pertumbuhan bakteri yang dikenal sebagai Propionibacterium acnes, atau P. acnes. Sel darah putih menyerang P. acnes, yang menyebabkan peradangan kulit dan jerawat.

Banyak faktor yang berkontribusi pada perkembangan jerawat, termasuk genetika, diet, stres, perubahan hormon, dan infeksi. Dirangkum dari healthline (03/02) ini adalah bahan dirumah yang ampuh menyembuhkan jerawat.

1. Cuka Sari Apel
Cuka sari apel dibuat dengan cara memfermentasi sari apel, atau jus tanpa filter dari apel yang ditekan. Asam organik dalam cuka sari apel dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat dan mengurangi munculnya bekas luka. Menerapkannya pada kulit dapat menyebabkan luka bakar atau iritasi, sehingga harus digunakan dengan hati-hati.

2. Madu dan Kayu Manis
Buat Masker Madu dan Kayu Manis
Baik madu dan kayu manis adalah sumber antioksidan yang sangat baik. Menurut penelitian, penerapan antioksidan pada kulit lebih efektif dalam mengurangi jerawat daripada benzoil peroksida dan retinoid.

Madu dan kayu manis memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan dan antibakteri. Karena itu, mereka bermanfaat untuk kulit yang berjerawat.

3. Tea Tree Oil
Tea Tree Oil terkenal karena kemampuannya untuk melawan bakteri dan mengurangi peradangan kulit. Terlebih lagi, beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengoleskan tea tree 5% ke kulit secara efektif mengurangi jerawat.

Tea tree juga menghasilkan efek samping yang lebih sedikit seperti kekeringan, iritasi dan terbakar, dibandingkan dengan benzoil peroksida. Tea Tree Oil memiliki sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi yang kuat. Menerapkannya pada kulit telah terbukti mengurangi jerawat.

4. Lembabkan Dengan Lidah Buaya
Lidah buaya adalah tanaman tropis yang daunnya menghasilkan gel bening. Gel sering dikombinsikan dengan lotion, krim, salep dan sabun.
Ketika dioleskan ke kulit, gel lidah buaya dapat membantu menyembuhkan luka, mengobati luka bakar dan melawan peradangan. Lidah buaya juga mengandung asam salisilat dan belerang, yang keduanya digunakan secara luas dalam pengobatan jerawat.

Saat dioleskan ke kulit, gel lidah buaya dapat membantu menyembuhkan luka, mengobati luka bakar, dan melawan peradangan. Ini mungkin bermanfaat bagi orang-orang dengan kulit berjerawat.

5. Berolahraga secara teratur
Olahraga meningkatkan sirkulasi darah yang sehat. Peningkatan aliran darah membantu menyehatkan sel-sel kulit, yang dapat membantu mencegah dan menyembuhkan jerawat. Olahraga juga berperan dalam regulasi hormon.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga dapat mengurangi stres dan kecemasan, yang keduanya merupakan faktor yang dapat berkontribusi pada perkembangan jerawat. Dianjurkan agar orang dewasa yang sehat berolahraga selama 30 menit 3-5 kali per minggu. Ini bisa termasuk berjalan, hiking, berlari, dan mengangkat beban.

Beri Komentar