39 Manfaat Daun Sirih Merah dan Hijau Untuk Mata, Wajah, Juga Bagi Wanita

Reporter : Sofi
Selasa, 31 Desember 2019 14:07
39 Manfaat Daun Sirih Merah dan Hijau Untuk Mata, Wajah, Juga Bagi Wanita
Dapat diketahui manfaat daun sirih untuk para wanita, juga menghilangkan gatal pada tubuh. Tapi masih banyak manfaat daun sirih yang harus kamu ketahui. Berikut manfaat tersebut.

Daun sirih merupakan salah satu daun herbal yang memiliki banyak manfaat yang bisa digunakan. manfaat daun sirih yang paling terkenal dengan khasiat pembersih kewanitaannya ini pun punya banyak macam manfaat yang terkadung masing-masing di dalamnya. Daun sirih dikenal akan sifat anti-septik, anti-inflamasi, dan pendingin kulit.

Manfaatnya tak terbatas di permukaan tubuh. Jika dikonsumsi air rebusannya, manfaat daun sirih juga akan terasa untuk organ-organ tubuh.Dirangkum dari beberapa sumber, berikut manfaat daun sirih merah dan hijau untuk mata, wajah, dan bagi wanita.

1 dari 6 halaman

Manfaat Daun Sirih Merah

daun sirih merah © Diadona

Daun sirih merah sebenarnya memiliki kandungan yang tidak jauh berbeda jika dibandingkan dengan daun sirih hijau. Hanya saja daun sirih merah diperkaya oleh flavonoid. Berikut adalah manfaat daun sirih merah.

1. Pengobatan tukak lambung

Daun sirih merah dan kandungan vitamin C serta zat antiseptiknya mampu melawan kuman yang menyebabkan tukak lambung. Kunyah 1-2 lembar daun sirih merah, kulum selama 10 menit, kemudian dibuang. Lakukan minimal 2 kali sehari.

2. Menghentikan mimisan

Kandungan fenil poppies dan terpene pada sirih merah akan membantu menghentikan pendarahan hidung. Cukup gulung selembar sirih, kemudian masukkan ke lubang hidung yang mimisan.

3. Obat bronchitis

Rebus 6-10 lembar daun sirih dalam 300 ml air sampai airnya tinggal separuh. Minum secara teratur 3 kali sehari.

4. Obat gusi berdarah

Kandungan saponin, tanin, kalsium, dan mineral fosfor akan meredakan peradangan pada gusi berdarah. Rebus 10 lembar daun sirih merah dan gunakan airnya untuk kumur 3 kali sehari.

5. Pengobatan luka bakar ringan

Alkaloid, antioksidan, dan vitamin C pada sirih merah akan membantu meredakan peradangan di area kulit yang terbakar. Hancurkan 3-5 daun sirih merah, kemudian campur dengan 2 sendok teh madu, dan letakkan di kulit yang terbakar 2 kali sehari.

6. Obat inflamasi prostat

Kandungan tanin, saponin, dan hydroxychavicol akan meregenerasi sel-sel di kelenjar prostat. Rebus 3-7 lembar daun sirih merah yang masih muda dan minum air putih sebanyak 3 kali sehari.

7. Mengobati sakit perut

Kandungan terpenoid dan klavikula pada daun sirih merah bisa mengobati sakit perut. Minum air rebusan 7 lembar daun sirih dan 3 kali sehari untuk menyembuhkan gangguan pada perut.

8. Obat gatal karena alergi dan gigitan serangga

Siapkan rebusan 20-30 lembar daun sirih merah, lalu gunakan untuk mandi 2 kali sehari.

9. Obat batuk

Siapkan 5 lembar daun sirih merah, rebus dengan 300 ml air, kemudian minum 2 kali sehari.

10. Obat tekanan darah tinggi

Minyak esensial dan fenol akan menstabilkan tekanan darah. Campurkan air rebusan daun sirih merah dengan madu, kemudian minum 2 kali sehari.

11. Mengobati tumor

Senyawa antioksidan, flavonoid, dan terpenoid yang ada di sirih merah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ketika sistem kekebalan meningkat, maka sel-sel darah putih tubuh akan dapat menghancurkan zat-zat karsinogenik atau tumor berbahaya dari tubuh.

12. Obat alternatif pneumonia

Buat air rebusan dari 5-7 lembar daun sirih merah dan 500 ml air dan minum secara teratur untuk membersihkan area paru.

13. Obat asam urat

Daun sirih merah akan meredakan nyeri otot dan melepaskan kristal asam urat dalam tubuh. Rebus 8 lembar daun sirih muda dengan 500 ml air hingga tersisa 3 gelas. Minum segelas 3 kali sehari.

14. Perawatan diabetes

Konsumsi rebusan daun sirih merah. Kandungan terpenoid, klavikula, eugenol, dan pyrene pada daun ini akan membantu kinerja insulin dalam mengatur kadar gula darah.

15. Mengobati penyakit jantung koroner

Haluskan 3 lembar daun sirih merah, 7 butir cabai jawa atau buah kemukus, 3 butir bawang merah, dan sejumput jintan. Kemudian tuangi air mendidih dan endapkan. Minum airnya 2 kali sehari.

16. Mengurangi bau badan

Estradiol dan klavikula dalam sirih merah akan mengontrol produksi hormon dan kelenjar keringat. Konsumsi air rebusan daun sirih setiap hari dan terapkan 2 lembar daun sirih merah yang sudah ditumbuk ke area ketiak secara teratur.

17. Mengatasi bau mulut

Senyawa eugenol dan capitol pada daun sirih merah akan membantu mengatasi masalah bau mulut. Kumur dengan rebusan daun sirih merah secara teratur pada pagi dan sore hari.

18. Melancarkan kemih

Tidak kalah penting, manfaat daun sirih merah adalah melancarkan kencing. Caranya adalah dengan blender 5 lembar daun sirih merah, kemudian campur dengan segelas susu dan 1 atau 2 sendok madu. Minum setidaknya seminggu sekali.

2 dari 6 halaman

Manfaat Rebusan Daun Sirih

rebusan daun sirih © Diadona

Selain ditumbuk, untuk menggunakan manfaat daun sirih ini bisa dilakukan dengan cara merebusnya. Dari air rebusan tersebut biasanya bisa digunakan untuk kebutuhan yang diperlukan. Berikut manfaat rebusan daun sirih yang perlu kamu ketahui.

1. Menurunkan berat badan

Konsumsi daun sirih bermanfaat untuk meningkatkan sistem metabolisme, meningkatkan sekresi pencernaan, serta menghilangkan kelebihan air dan racun dari dalam tubuh. Semuanya penting dalam upaya penurunan berat badan.

2. Mengatasi gatal

Alergi atau masalah kulit bisa diobati dengan mandi air rendaman sirih. Rendam sirih hijau dalam seember air panas, kemudian tunggu sampai airnya menghangat dan pakailah untuk mandi.

3. Mengobati gangguan pencernaan

Minum air rebusan sirih akan membantu penyerapan mineral dan nutrisi. Sementara mengurapi perut dengan minyak daun sirih bermanfaat untuk memperlancar pencernaan.

 

3 dari 6 halaman

Manfaat Daun Sirih Untuk Mata

ilustrasi mata © Diadona

Manfaat daun sirih merah dan hijau bisa digunakan untuk mengobati mata yang merah karena iritasi berkat sifat antibakteri dan antiinflamasi yang terkandung. Caranya dengan rebus 20 lembar daun sirih merah atau daun sirih hijau dan gunakan airnya yang sudah disaring untuk mencuci mata selama 10 menit. Tetapi perlu diingat bahwa mata adalah organ tubuh yang sensitif, sehingga penanganannya tidak boleh sembarangan.

Ditekankan oleh Dokter Spesialis Mata dan Direktur Jakarta Eye Center, Dr. Johan Hutahuruk, MD, menjelaskan air sirih yang biasa digunakan sebagai obat itu bukannya tidak bagus sama sekali. Karena, air sirih yang biasa membunuh kuman yang menjadi penyebab terjadinya iritasi pada mata. Tapi yang ditekankan oleh Johan adalah, dalam penggunaan air daun sirih haruslah diproduksi dengan benar, dan tidak asal-asalan.

" Kalau kamu mengambil daun sirih langsung dikucek-kucek atau ditetes ke mata, akan membuat mata menjadi jamuran. Karena itu tergolong tidak steril dalam pengobatannya. Terlebih kalau sampai kornea sampai terkena, bisa membuat dia buta."

 

4 dari 6 halaman

Manfaat Daun Sirih Untuk Wajah

Ilustrasi Wajah Wanita Sehat Cantik © Diadona

Sifat antiseptik dan antibakteri dalam daun sirih merah dan daun sirih hijau efektif untuk mengatasi jerawat di badan, maupun di wajah. Berikut adalah manfaat daun sirih untuk wajah.

1. Menghilangkan flek hitam dan bekas jerawat

Senyawa dalam daun sirih bisa memudarkan hiperpigmentasi akibat sinar ultraviolet, jerawat, maupun pemakaian kosmetik. Hancurkan daun sirih dengan cara ditumbuk, lalu tambahkan air jeruk nipis. Gunakan handuk bersih untuk mengompres wajah menggunakan rendaman daun sirih dan air jeruk nipis tadi ke bagian kulit wajah yang terdapat flek hitam dan bekas jerawat.

2. Menyembuhkan jerawat meradang

Sifat anti-inflamasi dalam daun sirih mampu meredakan peradangan pada kulit, termasuk peradangan karena jerawat. Caranya, haluskan daun sirih lalu aplikasikan ke wajah seperti masker. Lakukan setiap pagi dan sore hari sampai terlihat perubahannya.

3. Mencegah munculnya komedo

Jika kulitmu bermasalah dengan komedo, daun sirih bisa diandalkan sebagai solusi alami. Caranya rebus daun sirih, tunggu airnya hingga dingin kemudian gunakan air tersebut untuk membasuh wajah.

4. Menghaluskan wajah yang kasar

Melakukan perawatan kulit dengan daun sirih di percaya mampu menghaluskan dan melembutkan kulit yang sebelumnya nya kasar. Cara perawatannya pun cukup mudah yaitu dengan menyiapkan 5 lembar daun sirih kemudian cuci sampai bersih. Tumbuk daun sirih hingga halus kemudian tambahkan satu sendok makan madu murni.

Aduk hingga kedua bahan tersebut tercampur rata, selanjutnya oleskan campuran tadi ke seluruh bagian wajah, dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah selesai jangan lupa bersihkan wajah dengan air dingin. Lakukan perawatan ini 2 kali dalam seminggu, dan lihat hasilnya setelah satu bulan pemakaian.

5. Mengatasi kulit berminyak

Masalah kulit berminyak bisa di atasi dengan cara tradisional yaitu dengan menggunakan air rebusan daun sirih, siapkan 10 lembar daun sirih yang masih muda, kemudian rebus dengan 1 liter air, biarkan sampai dingin atau hangat-hangat kuku, selanjutnya gunakan air tersebut untuk mencuci wajah setiap malam sebelum tidur.

6. Mencerahkan wajah yang kusam

Selain dapat menghaluskan wajah, dengan melakukan mencuci wajah dengan air rebusan daun sirih yang masih muda juga dapat mencerahkan wajah yang kusam secara alami. Lakukan cara tersebut secara rutin dan teratur, kemudian lihat hasilnya setelah satu bulan pemakaian.

7. Cegah penuaan dini

Radikal bebas menyebabkan tanda-tanda penuaan. Efek ini menyebabkan kerusakan sel, peradangan dan menyebabkan keriput serta bintik-bintik penuaan. Antioksidan pada sirih merah mampu melawan efek radikal bebas, mereka dapat memainkan peran utama dalam menunda tanda-tanda penuaan.

8. Antioksidan kulit

Kandungan antioksidan sirih merah mampu meregenerasi kulit wajah yang rusak akibat polusi dan radikal bebas. Untuk mencegah jerawat cukup gunakan air rebusan daun sirih merah sebagai pencuci muka dua kali sehari. Flavonoid dan tanin dalam sirih merah membantu melawan bakteri dan mengurangi peradangan, yang merupakan dua penyebab utama jerawat.

5 dari 6 halaman

Manfaat Daun Sirih Bagi Wanita

ilustrasi wanita © Diadona

Manfaat daun sirih juga terkenal untuk wanita. Banyak dari produk wanita menggunakan daun sirih sebagai bahan dasar juga. Berikut adalah manfaat daun sirih bagi wanita.

1. Pengobatan payudara bengkak

Daun sirih dapat mengobati payudara bengkak setelah menyusui. Senyawa allylprokatecol dan carvacrol akan membantu meregangkan otot-otot payudara yang meradang. Bakar daun sirih merah sampai layu dan tempelkan pada payudara yang bengkak selagi masih hangat.

2. Merawat miss V

Sangat penting tentunya untuk merawat miss V bagi wanita. Kamu bisa menggunakan manfaat daun sirih ini untuk merawat organ intim ini. Manfaat daun sirih sebagai antiseptik yang membunuh bakteri Candida penyebab leukorhea atau keputihan. Caranya sangat mudah, dengan merebus 5-10 daun sirih ke dalam 250ml air. Setelah direbus, saring airnya dan gunakan untuk mencuci area miss V yang bermasalah.

6 dari 6 halaman

Manfaat Daun Sirih Hijau

daun sirih © Diadona

Walaupun tidak mengandung flavonoid seperti daun sirih merah, manfaat daun sirih hijau juga tidak bisa diremehkan. Berikut ini manfaat daun sirih hijau yang penting bagi tubuh.

1. Mengobati nyeri

Daun sirih tinggi akan chavicol yang berfungsi sebagai zat anti inflamasi. Meminum air rebusannya akan membantu meringankan nyeri di dalam tubuh.

2. Menyembuhkan luka

Manfaat daun sirih hijau yang utama adalah membantu percepatan penyembuhan luka. Antioksidan di dalam daun sirih hijau mampu menyembuhkan stres oksidatif sehingga dapat menyembuhkan luka lebih cepat. Kompres luka dengan daun sirih yang sudah ditumbuk, kemudian balut dengan perban.

3. Mengobati disfungsi ereksi pada pria

Sirih bisa melebarkan pembuluh darah di alat vital serta bermanfaat sebagai anti depresan.

4. Mengobati sakit tenggorokan

Sifat anti bakteri dan antiinflamasi pada daun sirih menjadikannya obat alami untuk demam dan sakit tenggorokan.

5. Mencegah bau badan

Minyak esensial di dalam sirih akan mengatasi bau badan yang tak sedap. Begitu juga sifat antibakteri yang dimilikinya.

6. Melawan kanker

Manfaat daun sirih yang tak banyak diketahui adalah sebagai obat antikanker. Mengunyah daun sirih diketahui mampu mencegah dan mengatasi kanker sumsum tulang dan meningkatkan harapan kesembuhan bagi pasien leukemia myeloid kronis. Fakta ini dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan oleh Indian Institute of Chemical Biology (IICB), Institute of Haematology and Transfusion Medicine, Kolkata, dan Piramal Life Sciences, Mumbai.

7. Mengatasi luka bakar

Menurut Beauty Health Tips, daun sirih bisa dimanfaatkan untuk luka bakar ringan. Cuci bersih sirih, kemudian remas-remas. Tambahkan sedikit madu organik dan tempelkan pada bagian kulit yang luka bakar.

Perlu diingat bahwa manfaat daun sirih bisa dirasakan secara maksimal jika dikonsumsi sesuai anjuran. Takaran secara berlebihan justru bisa memberi efek negatif bagi tubuh. Bagaimana menurutmu mengeani manfaat daun sirih tersebut? Tulis jawabanmu di kolom komentar ya!

Beri Komentar