33 Manfaat Rebusan Daun Salam Untuk Kesehatan dan Diet

Reporter : Sofi
Selasa, 31 Desember 2019 15:44
33 Manfaat Rebusan Daun Salam Untuk Kesehatan dan Diet
Kebanyakan orang menggunakan daun salam sebagai bahan untuk memasak. Ternyata khasiat yang ada pada daun salam juga banyak. Berikut manfaat daun salam yang harus kamu ketahui.

Daun salam tetunya sudah cukup dikenal oleh sebagian besar orang. Daun ini biasa ada di dapur, dan digunakan sebagai bahan untuk memasak ibu rumah tangga. Daun salam ternyata tidak hanya sekadar bumbu dapur.

Manfaat daun salam yang terkandung tidak dapat diremehkan. Daun salam mengandung zat antibakteri, antiperadangan, dan diuretik. Daun salam dijadikan sebagai obat herbal untuk mengobati beberapa jenis penyakit, juga sebagai kecantikan. Dirangkum dari beberapa sumber, berikut manfaat daun salam mulai dari kesehatan hingga kecantikan.

1 dari 4 halaman

Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan

daun salam © Diadona

Manfaat daun salam meliputi pengobatan untuk penyakit organ dalam dan masalah kesehatan umum. Berikut adalah manfaat daun salam untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui.

1. Sebagai obat anticacing

Metanol yang terdapat pada daun salam berkhasiat sebagai anticacing.

2. Mengatasi masalah pencernaan

Daun salam baik digunakan untuk menyembuhkan masalah pencernaan dan mual. Kombinasikan dengan lemon dan gula, kemudian rebus dan minum airnya.

3. Sebagai obat antijamur

Daun salam memiliki kandungan etanol yang berfungsi sebagai antibakteri dan antijamur.

Daun salam memiliki kandungan etanol yang berfungsi sebagai antibakteri dan antijamur.

4. Membantu mengobati infeksi ginjal & mencegah batu ginjal

Rebus beberapa lembar daun salam hingga mendidih, kemudian minum selagi hangat 2 kali sehari.

5. Menyehatkan mata

Menambahkan salam pada masakan juga bisa memberikan efek menyehatkan bagi mata.

6. Mengatasi migrain.

Salam mengandung partenolida yang baik untuk migrain. Rebus beberapa lembar daun salam lalu minumlah air rebusan tersebut secara teratur.

7. Meringankan nyeri.

Daun salam dapat digunakan untuk meringankan rasa nyeri pada sendi, keseleo, rheumatik, dan arthritis, karena memiliki sifat antiinflamasi.

8. Menunda munculnya uban.

Resep hot oil di atas juga efektif untuk menjaga rambut tetap hitam sampai usia senja.

9. Untuk kesehatan rambut.

Panaskan daun salam yang dicampur minyak zaitun atau kemiri selama beberapa menit. Gunakan hot oil tersebut untuk memijat kulit kepala setiap dua hari sekali.

10. Mengatasi batuk

Batuk termasuk penyakit yang cukup lama fase penyembuhannya. Jika kamu sedang batuk dan belum kunjung sembuh, daun salam bisa jadi solusinya.

Rebuslah 2 lembar daun salam dengan segelas air. Setelah didinginkan selama 10 menit, kamu hanya perlu merendam kain bersih pada ramuan tersebut dan kemudian diusapkan kain ini pada dada. Lakukan secara rutin sampai batuk benar-benar sembuh.

11. Mengontrol diabetes

Bagi penderita diabetes, ada baiknya untuk rutin mengonsumsi daun salam. Kandungan oksidan pada daun salam dapat membantu proses produksi insulin pada tubuh dengan baik. konsumsi secara rutin maka penyakit tersebut akan berkurang.

12. Mempercepat penyembuhan luka

Sifat antibakteri yang terkandung dalam daun salam dapat membantu mengobati luka dan bekas luka. Caranya, tumbuk daun salam dan oleskan pada luka atau bekas luka tersebut.

13. Mengatasi masalah menstruasi

Rebusan daun salam bisa jadi obat jika kamu mengalami menstruasi tidak teratur. Daun salam juga memiliki sifat menyembuhkan keputihan. Untuk mendapatkan khasiat dari daun salam, konsumsilah air rebusan daun salam atau teh daun salam.

14. Perawatan untuk mimisan

Jika hal ini terjadi, maka cepat lakukan beberapa langkah awal. Setelah mimisan reda, maka sangat disarankan minum teh dari daun salam kering yang sudah digerus.

15. Meredakan stres

Untuk mengatasi stres, kamu bisa memanfaatkan daun salam. Daun salam mengandung linalool yang berguna untuk menurunkan kinerja hormon stres. Saat merasa panik, gelisah, atau lelah, hirup aroma teh daun salam kering untuk aromaterapi.

16. Menyehatkan jantung

Manfaat daun salam lainnya adalah menyehatkan jantung. Hal ini dikarenakan daun salam mengandung senyawa rutin dan asam caffeic. Kedua senyawa tersebut dapat menguatkan dinding jantung dan menurunkan kadar kolesterol. Seperti yang diketahui, kadar kolesterol tinggi dapat menyebabkan penumpukan plak dan berisiko menyebabkan serangan jantung atau stroke.

2 dari 4 halaman

Manfaat Rebusan Daun Salam

merebus air © Diadona

Manfaat daun salam biasa diambil dengan cara merebus daun salam tersebut. Berikut adalah manfaat rebusan daun salam yang perlu kamu ketahui.

1. Manfaat daun salam dan daun sirsak

Daun salam dan daun sirsak sama-sama memiliki khasiat luar biasa bagi kesehatan. Jika dikombinasikan khasiatnya semakin beragam. Berikut ini beberapa manfaat daun salam dan daun sirsak dalam bentuk ekstrak maupun rebusan.

- Mencegah asam urat
- Membantu pengobatan eksim
- Mengendalikan diabetes
- Mengontrol kadar kolesterol
- Meningkatkan kualitas tidur
- Mengobati rematik
- Menjadikan awet muda
- Meningkatkan kualitas tidur
- Pengobatan wasir
- Mencegah kanker
- Memperbaiki kinerja jantung
- Mengatasi sembelit
- Menurunkan tekanan darah
- Meningkatkan kekebalan tubuh

2. Manfaat daun salam, sereh, dan jahe

Daun salam yang dikombinasikan dengan sereh (serai) dan jahe bisa membantu meredakan sakit maag, kembung, dan nafsu makan yang hilang. Rebus 5 lembar daun salam, 1 ruas jahe, dan 1 batang sereh dalam 200 ml air. Boleh ditambahkan madu untuk rasa dan nutrisi ekstra. Minum air rebusannya 2 kali sehari.

3 dari 4 halaman

Manfaat Daun Salam Untuk Diet

ilustrasi wanita diet © Diadona

Ternyata manfaat daun salam juga bisa dirasakan oleh mereka yang sedang berjuang menurunkan berat badan. Dilansir Times of India, Mengunyah beberapa lembar daun salam setiap hari bisa membantu meluruhkan lemak.

Kamu yang ingin mendapatkan manfaat daun salam untuk diet juga bisa mencoba resep rekomendasi Step to Health berikut. Rebus 1 liter air dengan 1 sendok makan kayu manis bubuk, 6 lembar daun salam, dan 1 sendok makan madu murni. Minum air rebusan ini di pagi hari saat perut masih kosong.

4 dari 4 halaman

Manfaat Daun Salam Untuk Asam Urat

asam urat © Diadona

Daun salam cukup efektif untuk mengobati asam urat. Rebus 25 lembar daun salam dengan 500 ml air sampai airnya menyusut hingga separuh. Minum ramuan ini selagi hangat 2 kali dalam sehari.

Itulah beberapa manfaat daun salam untuk kesehatan dan kecantikan. Perlu diingat pengobatan dengan herba alami seperti daun salam hanya bersifat alternatif. Normalnya hanya untuk mendampingi medikasi profesional.

Jadi bagaimana menurut kamu mengenai manfaat daun salam ini? Apakah sudah pernah merasakan khasiat dari daun salam ini? Tulis di kolom komentar ya!

Beri Komentar