26 Manfaat Buah Naga Merah untuk Kesehatan Ibu Hamil, Diet, dan Kecantikan

Reporter : Sofi
Minggu, 26 Januari 2020 03:00
26 Manfaat Buah Naga Merah untuk Kesehatan Ibu Hamil, Diet, dan Kecantikan
Mungkin kamu sudah tidak asing dengan buah berwarna merah dengan biji yang tersebar dalam daging buahnya ini. Berikut adalah manfaat buah naga merah yang mengesankan.

Ada beberapa jenis buah naga. Buah naga dengan kulit berwarna kuning dan daging berwarna putih, kulit berwarna merah dengan daging berwarna putih, ataupun kulit berwarna merah dengan daging berwarna merah. Buah naga merah ini biasa dijadikan sebagai campuran olahan makanan lain karena warnanya yang cantik.

Dari warna merah tersebut, buah naga merah mengandung lycopene yang baik untuk tubuh. Berikut adalah manfaat buah naga merah yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Manfaat Buah Naga Merah untuk Ibu Hamil

ilustrasi ibu hamil © Diadona

Buah naga memiliki rasa yang manis dan segar. Selain itu, manfaat buah naga merah ini juga baik untuk ibu hamil. Berikut adalah manfaat buah naga merah untuk ibu hamil.

Menambah tenaga dan kekuatan

Manfaat buah naga merah sangat baik untuk ibu hamil, sebab dalam 100 gram buah naga mengandung sekitar 9 - 14 gram karbohidrat yang berfungsi sebagai suplemen energi yang alami. Ibu hamil yang mengonsumsi buah naga akan mendapatkan tambahan tenaga dan kekuatan.

Memperlancar pencernaan

Manfaat buah naga merah untuk ibu hamil mampu untuk memperbaiki pencernaan. Ibu hamil mudah mengalami sembelit atau susah buang air besar, karena pengaruh hormonal dan desakan janin dalam perut. Buah naga adalah buah yang kaya akan serat yang berfungsi untuk melancarkan pencernaan dan menjaga kesehatan usus.

Membantu pertumbuhan janin

Manfaat buah naga merah untuk ibu hamil yang juga amat penting, yakni membantu perkembangan janin. Bayi pun dapat lahir dengan keadaan normal dan sehat.

Mencegah keguguran dan kelahiran prematur

Kandungan asam folat yang terdapat pada buah naga berfungsi untuk memperkuat janin, serta mencegah keguguran dan kelahiran prematur.

Mampu mencegah dan mengatasi kurang darah (anemia)

Manfaat buah naga merah juga dapat mencegah dan mengatasi kurang darah atau anemia. Dengan mengonsumsi buah naga, dapat mencegah anemia, sebab buah naga kaya akan zat besi sebagai penyusun utama sel darah merah.

Menjaga tekanan darah dan gula darah stabil

Manfaat buah naga merah mampu untuk menjaga kestabilan tekanan darah dan gula darah pada ibu hamil sehingga dapat menghindari komplikasi kehamilan. Karena tekanan darah dan gula darah yang tinggi selama kehamilan dapat menyebabkan ibu hamil mengalami preeklamsia yang membahayakan keselamatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya.

Mampu meningkatkan imunitas (kekebalan tubuh)

Manfaat buah naga merah mengandung vitamin C, yang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan atau daya tahan tubuh. Mengonsumsi buah naga dapat mencegah serangan dari berbagai macam penyakit.

Memperkuat tulang dan gigi

Kandungan mineral-mineral juga terdapat pada buah naga, yaitu kalsium, magnesium, dan fosfor yang bermanfaat untuk memperkuat tulang dan gigi. Mengonsumsi buah ini membuat ibu hamil dan janin yang dikandungnya akan memiliki tulang yang kuat dan mencegah pengeroposan tulang.

2 dari 4 halaman

Manfaat Buah Naga Merah untuk Diet

Ilustrasi Diet Makan © Diadona

Dengan kandungan yang rendah kalori tapi kaya akan nutrisi ini, manfaat buah naga merah dapat digunkan sebagai menu diet kamu. Berikut adalah manfaat buah naga merah untuk diet.

Kaya serat

Serat yang ramah untuk diet adalah serat yang mengandung karbohidrat baik dan bisa meningkatkan kondisi kesehatan seseorang. Serat dikenal baik untuk pencernaan. Buah naga mengandung 7 gram serat dalam satu buah.

Kandungan ini tentu menjadikan buah naga sebagai menu yang cocok untuk diet. Namun jangan sampai kamu terlalu banyak mengonsumsi. Kelebihan konsumsi serat tidak baik bagi kesehatan. Apalagi jika tubuh kami selam aini tidak terbiasa mengonsumsi makanan berserat tinggi.

Kaya magnesium

Manfaat buah naga merah mengandung lebih banyak magnesium dibandingkan dengan buah-buah lain, hanya dengan satu gelas saja. Rata-rata tubuh kita mengandung 24 gram magnesium. Walau angkanya kecil, jenis mineral yang satu ini memiliki peran penting untuk sel dan 600 reaksi zat kimia lainnya yang ada dalam tubuh. Untuk mendapatkan cukup magnesium bagi tubuh, kamu bisa mengonsumsi buah naga secara rutin atau mengonsumsinya sedikit saja.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat buah naga merah bagi tubuh yakni menjaga kekebalan. Tubuh manusia memiliki kemampuan untuk melawan infeksi yang disebabkan oleh banyak faktor, seperti kualitas dan cara diet yang salah. Kandungan vitamin C dalam buah naga ternyata bermanfaat untuk mengatasi hal tersebut. Manfaat buah naga mampu melindungi sel darah putih yang rusak, sehingga akan meningkatkan kinerja sel darah putih untuk menjaga imun tubuh.

Mencegah penyakit kronis

Selain mengandung banyak nutrisi yang baik bagi tubuh, manfaat buah naga merah juga mengandung antioksidan yang bisa mengatasi radikal bebas. Radikal bebas bisa menyebabkan kerusakan sel dan menyebabkan berbagai jenis penyakit kronis. Manfaat buah naga mengandung banyak zat antioksidan seperti vitamin C, betalains, dan karoteniot.

Yang mana antioksidan tersebut mampu melindungi tubuh dari berbagai jenis penyakit kronis yang membahayakan. Karena kandungan nutrisi dan gizi yang tinggi, buah naga merah jadi makanan yang cocok dijadikan menu diet. Selain harganya bersahabat, rasanyapun tak kalah bersahabat.

Baik untuk usus

Di dalam usus manusia, terdapat 100 miliar organisme yang berbeda. Sebanyak 400 diantaranya termasuk dalam spesies bakteri yang berperan penting dalam sistem pencernaan. Untuk membuat bakteri baik dalam usus bekerja dengan baik, kita harus banyak mengonsumsi probiotik.

Zat ini dapat membantu menyeimbangkan kinerja bakteri baik dalam usus. Probiotik menjadi salah satu manfaat buah naga merah yang bisa diperoleh apabila kita mengonsumsinya secara rutin. Buah naga bisa meningkatkan kinerja bakteri dalam usus dan menjaga kesehatan pencernaan.

Tinggi nutrisi

Salah satu manfaat buah naga merah adalah kandungan nutrisinya yang tinggi. Selain itu buah naga juga rendah kalori dan kaya vitamin alami. Satu lagi kelebihannya adalah mengandung mineral dan serat yang dibutuhkan tubuh.

Dalam 227 gram buah naga, terdapat kandungan kalori, protein, karbohidrat, serta, zat besi, magnesium, dan vitamin C serta E. Berdasarkan kandungan nutrisi alami tersebut, buah naga menjadi makanan yang mengandung polifenol, karoteniot dan betasianin .

Meningkatkan zat besi

Manfaat buah naga merah lainnya adalah kandungan zat besi yang tinggi. Zat besi sangat penting dalam menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh. Tak hanya itu, zat besi juga membantu mengubah makanan menjadi energi.

Untuk meningkatkan zat besi dalam tubuh, mengonsumsi buah naga secara rutin bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain itu, buah naga juga mengandung vitamin C yang bisa membantu tubuh untuk menyerap zat besi.

3 dari 4 halaman

Manfaat Buah Naga Merah untuk Kesehatan

Ilustrasi Wanita © Diadona

Manfaat buah naga juga digunakan untuk kesehatan tubuh. Berikut manfaat buah naga merah untuk kesehatan.

Mampu mencegah tekanan darah tinggi dan serangan jantung

Lycopene, selain berfungsi sebagai pencegah kanker juga berfungsi sebagai penurun tekanan darah serta mencegah penyakit jantung seperti serangan jantung mendadak karena biji dari buah naga kaya akan lemak omega 3 dan omega 6 yang dapat membantu meringankan gangguan kardiovaskular.

Meningkatkan nafsu makan

Vitamin B1 dan B2 yang ada pada buah naga akan membuat nafsu makan menjadi meningkat jika rutin mengkonsumsi buah naga terutama untuk anak-anak yang biasanya susah makan. Memang bertolak belakang dengan manfaat buah naga untuk diet, namun bagi kamu yang diet, cukup dengan mengganti makanan sehari-hari dengan buah naga yang juga mengenyangkan tanpa takut tubuh melar.

Mampu mencegah diabetes

Sifat antioksidannya ini juga berfungsi untuk mencegah terjadinya diabetes melitus karena dapat membunuh sel jahat yang biasanya dihasilkan oleh pola hidup dan pola makan yang tidak sehat. Buah naga juga aman bagi penderita diabetes karena kadar gulanya yang sangat kecil.

Membantu proses detoksifikasi

Sebagai sumber antioksidan, buah naga dapat mengurangi radikal bebas dalam tubuh sehingga proses detoksifikasi (pengeluaran racun dalam tubuh)akan berjalan lancar.

Membantu mengurangi berat badan

Mengisi perut dengan makanan kaya akan serat serta rendah kalori yakni buah naga ini akan membuat perut kamu terus merasa kenyang tanpa perlu takut akan bertambahnya berat badan. Selain itu buah naga juga akan membuat pencernaan semakin lancar karena mengandung banyak air.

Membantu meringankan batuk dan asma

Biji dari buah naga kaya akan lemak omega 3 dan omega 6 yang dapat membantu meringankan gangguan respirasi sehingga bagi kamu yang menderita asma atau sedang batuk tidak berhenti-berhenti, maka akan sedikit terobati. Namun bukan juga bisa dikatakan bahwa buah naga merupakan obat dari asma.

Membantu pertumbuhan dan kesehatan tulang serta melancarkan peredaran darah

Kalsium yang ada dalam buah naga akan menjaga kesehatan tulang dan gigi kamu. Dan juga zat besi serta fosfor akan membantu melancarkan peredaran darah dan membantu memperbaiki jaringan yang rusak dalam tubuh.

Mampu mencegah kanker

Sama seperti buah merah lainnya, buah naga mengandung lycopene. Lycopene, yang bertanggung jawab sebagai penyedia warna merah pada buah naga, telah terbukti dapat merendahkan risiko terkena kanker prostat.

Tidak hanya lycopene, buah naga juga kaya akan antioksidan hytoalbumin yang membantu pembentukan radikal bebas karsinogenik dalam tubuh. Buah ini juga kaya serat, kalsium, fosfor, dan vitamin C dan B2, serta yang membantu mengeluarkan racun logam dari tubuh yang beberapa di antaranya dapat menyebabkan kanker.

4 dari 4 halaman

Manfaat Buah Naga Merah untuk Kecantikan

ilustrasi wanita senang © Diadona

Tidak hanya untuk manfaat kesehatan, manfaat buah naga merah juga baik untuk kecantikan. Berikut adalah manfaat buah naga merah untuk kecantikan.

Menunda penuaan dini

Manfaat buah naga merah untuk kecantikan adalah dengan memperlambat penuaan diri. Hal ini dikarenakan antioksidan yang akan membuat kulit tetap kencang dan beregenerasi dengan baik.

Menghaluskan kulit wajah

Kulit kasar dapat muncul disebabkan karena adanya penumpukan sel-sel kulit mati di permukaan wajah. Buah naga mengandung vitamin C, protein, dan asam folat yang sudah dipercaya sangat efektif untuk melarutkan sel-sel kulit mati tersebut.

Untuk mendapatkan khasiat buah naga,dengan cara menghaluskannya dan menggunakan sebagai masker scrubing. Ada baiknya jika mencampurnya dengan jeruk nipis, sebab kandungan vitamin C pada jeruk nipis jauh lebih tinggi dan efektif untuk mengelupaskan sel-sel kulit mati tersebut.

Melakukan peremajaan sel kulit baru

Peremajaan sel-sel kulit tidak akan terlepas dari yang namanya regenerasi. Dengan adanya regenerasi sel kulit baru, maka wajah kita akan terlihat lebih cerah dan bersinar dari pada biasanya. Manfaat buah naga merah untuk regenerasi ini bisa kita dapatkan dengan cara menggunakan masker buah naga yang telah dicampurkan dengan madu alami. Cukup gunakan selama 30-60 menit sehari untuk kulit cerah dan cantik.

Setelah mengetahui manfaat buah naga merah, apakah kamu menjadi lebih senang untuk mengonsumsi buah ini? Semoga manfaat buah naga merah tersebut bermanfaat untuk kamu!

Beri Komentar