20 Manfaat Sereh dan Jahe untuk Kesehatan

Reporter : Sofi
Rabu, 19 Februari 2020 11:23
20 Manfaat Sereh dan Jahe untuk Kesehatan
Banyak manfaat sereh yang bisa kamu dapatkan untuk kesehatan tubuh kamu. Apa saja? Berikut manfaat sereh tersebut.

Manfaat daun serai telah digunakan sejak lama dalam pengobatan tradisional. Baik tanaman dan ekstraknya telah digunakan untuk penyedap masakan serta untuk tujuan pengobatan selama berabad-abad. Serai, juga disebut sereh, adalah tanaman perdu tinggi, dengan tangkai dan daun memanjang.

Manfaat daun serai juga digunakan dalam pengobatan herbal. Manfaat daun serai didapat dari kandungan antioksidan dan anti-peradangannya. Serai mengandung senyawa anti peradangan asam klorogenik, isoorientin, dan swertiajaponin. Manfaat daun serai dapat megatasi dan mencegah berbagai gangguan kesehatan. Berikut adalah manfaat daun sereh yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Manfaat Daun Sereh

Manfaat daun serai bisa didapatkan dengan cara meminum air rebusan batang dan daun serai. Produk teh serai yang sudah dikeringkan juga dapat dengan mudah didapat di toko herbal. Berikut adalah manfaat daun sereh yang baik untuk tubuhmu.

Atasi tekanan darah tinggi

Ilustrasi Hipertensi © Diadona

Manfaat sereh kaya akan kalium yang meningkatkan produksi urin dalam tubuh. Efek ini dapat merangsang sirkulasi darah dan menurunkan tekanan darah. Dengan meningkatkan sirkulasi darah, serai juga membantu membersihkan hati. Manfaat sereh juga dikenal membatasi penyerapan kolesterol dari usus, sehingga meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

Meningkatkan kadar sel darah merah

Manfaat sereh berikutnya dap meningkatkan kadar sel darah merah. Dilansir dari Medical News Today, hasil studi 2015 menunjukkan bahwa minum infused water serai setiap hari selama 30 hari dapat meningkatkan kadar hemoglobin, volume sel, dan jumlah sel darah merah dalam tubuh. Para peneliti menyimpulkan bahwa minum teh serai meningkatkan pembentukan sel darah merah.

Kurangi kecemasan

Banyak orang menemukan bahwa menyeruput teh panas untuk membuat rileks, tetapi teh serai dapat menawarkan sifat mengurangi kecemasan lebih banyak lagi. Aroma serai dapat membantu orang mengatasi kecemasan. Manfaat sereh juga memiliki efek menenangkan, yang dapat membantu tidur nyenyak. Ini juga dapat membantu meringankan insomnia akibat kecemasan.

Menurunkan berat badan

ilustrasi diet © Diadona

Manfaat sereh bisa digunakan sebagai minuman detoksifikasi untuk melancarkan metabolisme dan membantu menurunkan berat badan. Ini karena sifat diuretik alaminya. Daun serai dan batangnya mengandung polifenol yang meningkatkan pengeluaran energi dan oksidasi lemak, efek ini bisa mendukung penurunan berat badan.

Meningkatkan kesehatan kulit

Sifat antiseptik dan astringen dari air serai dapat meningkatkan kesehatan kulit. Minyak esensial daun teh dapat mencerahkan kulit dan menjaga kesehatannya. Air serai juga dapat mensterilkan pori-pori dan memperkuat jaringan kulit. Manfaat sereh juga dapat mengobati infeksi seperti folikulitis dan selulitis, yang disebabkan oleh bakteri. Sifat antimikrobanya juga dapat membantu mengobati infeksi jamur pada kulit.

Redakan gejala PMS

Manfaat sereh dapat digunakan sebagai obat alami untuk kram menstruasi, kembung, dan rasa panas. Manfaat sereh memiliki sifat yang menenangkan perut dan antiinflamasi. Selain itu, minyak serai juga berguna membantu mendinginkan tubuh.

2 dari 3 halaman

Manfaat Sereh dan Jahe

Kombinasi jahe dicampur dengan serai atau sereh akan lebih efektif mengatasi berbagai masalah kesehatan. Bagian tanaman serai ini biasanya dimanfaatkan batangnya untuk penyedap atau pengharum masakan. Tapi di balik manfaat sereh untuk bumbu penyedap, ternyata tanaman ini memiliki manfaat untuk tubuh. Berikut manfaat sereh dan jahe.

Ilustrasi Serai © Diadona

Meredakan mabuk perjalanan dan masalah pencernaan

Beberapa orang sering mengalami mabuk perjalanan baik di darat maupun mabuk laut. Manfaat sereh dan jahe efektif untuk mencegah masalah ini, mengurangi gejala yang berhubungan dengan sakit kepala, mual dan muntah serta keringat dingin. Bahkan dengan ramuan bahan jahe dan serai ini juga bisa mengatasi maag dan gangguan pencernaan dan tentunya alami serta lebih irit.

Detoksifikasi racun

Sebagian besar orang mungkin kurang paham dan mengerti akan pentingnya mengeluarkan racun yang ada pada tubuh atau detoksifikasi. Detoksifikasi mengeluarkan racun seperti dari bahan makanan yang banyak mengandung MSG, bahan pengawet, obat-obatan serta polusi udara. Beberapa penyakit yang dapat timbul diantaranya kolesterol tinggi, kanker, kerusakan sel hingga darah tinggi. Teh jahe dan serai dapat mejadi salah satu solusi dalam melakukan perawatan tradisional di rumah untuk mengurangi racun dalam tubuh.

Meringankan peradangan

Jahe memiliki sifat antiinflamasi yang merupakan bahan aktif jahe. Kombinasi dari jahe dan serai ini dapat efektif mengatasi peradangan pada otot, radang sendi dan mempercepat penyembuhan. Senyawa antiinflamasi, gingerol pada jahe nantinya mengurangi peradangan dan memperluas pembuluh darah sekaligus mengatasi rasa sakit yang terjadi.

Sementara kandungan senyawa citral dalam sereh bisa menghambat pembentukan asam yang menyebabkan peradangan. Untuk itu, mengkonsumsi jahe dan sereh untuk minuman teh bisa mengurangi rasa sakit dan peradangan dalam jangka pendek.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Menurut para ahli jahe dan serai merupakan salah satu tanaman herbal yang ampuh menangkal inflamasi dalam tubuh. Manfaat sereh dan jahe bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjadi obat untuk mengatasi mual, flu, pilek karena sifat antijamur dari kedua rempah tersebut. Manfaat sereh dan jahe ini mampu membersihkan usus secara baik, tentunya juga baik untuk pencernaan yang akhirnya akan mendukung program berat badan.

Mengurangi bau mulut

Permasalahan mulut yang kerap membuat seseorang tak percaya diri adalah bau mulut tak sedap. Tak sedikit yang mengalami masalah tersebut. Bau mulut bisa disebabkan oleh sariawan, pencernaan yang buruk, sembelit atau masalah pada usus. Tak disadari, masalah pada usus bisa menyebabkan aroma dari makanan kembali menuju mulutmu.

Makanan yang kamu makan tidak dapat dicerna dengan baik yang menghasilkan acid reflux, yeast overgrowth atau fermentasi, yang disebut dengan bau napas tak sedap. Manfaat sereh dan jahe yang direbus menjadi salah satu solusi dalam menghilangkan bau mulut. Keduanya merupakan rempah-rempah yang cukup efektif dalam mengatasi masalah ini. Gunakan rebusan jahe dan serei sebagai obat kumur, lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Membantu mengurangi kolesterol

Jika kamu memiliki kadar kolesterol yang tinggi, sangat penting untuk menjaganya agar tetap terkendali. Untuk mencegah kardiovaskuler atau komplikasi, kamu harus tetap diet seimbang dan mengontrol kadar kolesterol kamu dengan obat yang tepat.

Manfaat sereh dan jahe yang dikonsumsi memberikan efek yang mendalam terhadap kadar kolesterol tinggi yang sering dikaitkan dengan obesitas. Bahan alami ini mampu menurunkan kolesterol secara signifikan pada organ hati. Selain itu, manfaat sereh juga mampu mengencerkan darah sekaligus menurunkan tekanan darah tinggi.

Membantu menurunkan berat badan

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Ethnopharmacology 2007, seekor tikus diberikan satu dosis ekstrak jahe dan serai setiap hari. Dalam enam minggu terlihat penurunan kadar glukosa, kolesterol tinggi seperti trigliserida, kolesterol LDL dan VLDL yang buruk, namun bisa meningkatkan kadar kolesterol HDL yang baik.

Manfaat sereh dan jahe juga sudah terbukti bisa mengurangi nafsu makan sehingga berperan penting untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Sedangkan pada studi tahun 2012 juga dikatakan jika jahe dan serai merupakan makanan untuk menurunkan rasa lapar sambil meningkatkan rasa kenyang pada pria.

Berfungsi sebagai antioksidan

Antioksidan berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Radikal bebas adalah bagian dari proses alami dalam tubuh. Radikal bebas juga disebut mendatangkan penyakit dan mengakibatkan penuaan dini.

Jika radikal bebas melampau kadar yang dapat ditangani tubuh, makan akan menyebabkan kerusakan pada tubuh atau menjadi penyakit. Jika kamu rutin mengonsumsi rebusan jahe dan serai ini secara teratur, maka beberapa risiko penyakit kronis dapat diturunkan.

3 dari 3 halaman

Manfaat Sereh untuk Kesehatan

Manfaat sereh ini juga bisa digunakan untuk kesehatan loh. Berikut manfaat sereh tersebut.

Ilustrasi Teh Serai © Diadona

Antimikroba

Manfaat sereh yang direbus dapat membantu mengobati infeksi mulut dan gigi berlubang berkat sifat antimikroba. Minyak atsiri sereh menunjukkan kemampuan antimikroba melawan bakteri Streptococcus mutans, bakteri yang paling bertanggung jawab atas kerusakan gigi.

Antioksidan

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry, manfaat sereh mengandung beberapa antioksidan, yang dapat membantu mengurangi radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan penyakit. Antioksidan dalam serai dalah asam klorogenat, isoorientin, dan swertiajaponin. Antioksidan ini dapat membantu mencegah disfungsi sel di dalam arteri koroner.

Mengurangi risiko kanker

Citral dalam serai juga dianggap memiliki kemampuan antikanker yang kuat terhadap beberapa garis sel kanker. Beberapa komponen serai membantu melawan kanker.

Anti peradangan

Dua senyawa utama dalam serai, citral dan geranial, dianggap bertanggung jawab atas manfaat antiperadangan. Senyawa-senyawa ini dikatakan membantu menghentikan pelepasan penyebab peradangan tertentu dalam tubuh. Dengan sifat antiperadangan ini, manfaat sereh dapat mencegah berbagai peradangan seperti flu, sakit tenggorokan, hingga masalah pecernaan akibat peradangan.

Detoksifikasi tubuh

Manfaat sereh dikenal sebagai diuretik yang dapat melancarkan buang air kecil. Buang air kecil yang lancar dapat membersihkan tubuh dari kelebihan cairan dan natrium. Meminum teh sereh dapat memiliki efek diuretik, yang berarti ia merangsang ginjal untuk mengeluarkan lebih banyak urin.

Efek diuretik ini membantu membersihkan ginjal dan meningkatkan fungsinya. Efek diuretik ini pada tubuh dapat bermanfaat dalam kasus di mana retensi air menyebabkan kembung.

Dukung pencernaan sehat

Secangkir teh serai adalah obat alternatif untuk mengatasi sakit perut, kram perut, dan masalah pencernaan lainnya. Minyak atsiri daun sereh dapat membantu melindungi lapisan perut terhadap kerusakan dari aspirin dan etanol.

Bagaimana menurutmu? Selain sebagai penyedap makanan, ternyata sereh baik untuk kesehatan tubuhmu. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar