19 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kecantikan Wajah, Rambut, Bibir, dan Payudara

Reporter : Sofi
Selasa, 14 Januari 2020 14:47
19 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kecantikan Wajah, Rambut, Bibir, dan Payudara
Minyak kelapa dengan minyak kelapa sawit adalah bahan yang berbeda. Minyak kelapa mempunyai banyak manfaat hingga disebut sebagai 'super food'. Berikut manfaat minyak kelapa yang harus kamu ketahui.

Minyak kelapa adalah salah satu makanan yang dapat digolongkan sebagai "super food". Hal ini karena kandungan nutrisi yang terdapat dalam minyak kelapa dapat bermanfaat untuk kesehatan, maupun kecantikan. Minyak kelapa adalah minyak yang dibuat dengan mengekstraksi minyak dari kelapa mentah atau biji kelapa kering.

Jika dibiarkan pada suhu kamar, minyak kelapa berbentuk padat dengan warna putih seperti balsam. Namun jika dipanaskan, ia akan berubah menjadi minyak cair dengan warna putih atau kekuningan. Berbeda dengan minyak kelapa sawit yang warna kuningnya lebih pekat. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah manfaat minyak kelapa.

1 dari 4 halaman

Manfaat Minyak Kelapa untuk Wajah

ilustrasi wanita © Diadona

Minyak kelapa dapat digunakan untuk kecantikan wajah kamu, lho!. Berikut manfaat minyak kelapa untuk wajah yang dapat kamu ketahui.

1. Menghapus makeup

Manfaat minyak kelapa yang pertama adalah bisa menghapus make up. Minyak kelapa akan membuat pori-pori kulit wajahmu terbebas dari make up.

2. Menghilangkan noda hitam

Manfaat minyak kelapa selanjutnya adalah menghilangkan noda hitam. Minyak kelapa mengandung vitamin E yang mampu menyamarkan noda bekas jerawat, noda hitam tanda penuaan dini, hingga noda bekas luka. Caranya dengan mengoleskan minyak kelapa di area yang diinginkan. Lakukan dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Untuk scrub

Manfaat minyak kelapa juga bisa digunakan sebagai scrub tubuh untuk mengangkat sel kulit mati pada tubuh. Caranya campurkan setengah gelas minyak kelapa dengan setengah gelas garam. Kemudian gunakan campuran ini untuk scrub saat mandi.

4. Pelembab kulit

Manfaat minyak kelapa berikutnya adalah untuk melembapkan kulit. Efek antibakteri yang terdapat pada minyak kelapa juga bisa digunakan pada penyakit kulit eksim dan psoriasis. Kemudian efek antibakterinya juga sangat berguna untuk melawan penyebaran bakteri stafilokokus pada penyakit ini.

5. Mengobati jerawat

Minyak kelapa murni yang mengandung asam laurat dapat mengurangi peradangan dan melawan bakteri pada jerawat.

6. Melindungi kulit dari mikroba

Asam lemak yang terkandung di dalam minyak kelapa memiliki khasiat antimikroba, sehingga bisa melindungi kulit dari beberapa jenis mikroorganisme berbahaya. Terutama lauric acid yang bisa menghambat pertumbuhan bakteri di kulit. Agar kulit terjaga dari infeksi jamur dan bakteri, oleskan minyak kelapa secara teratur.

7. Melindungi kulit dari sinar UV

Jika dioleskan pada kulit, minyak kelapa akan melindungi kulit dari sinar ultraviolet penyebab kanker kulit, flek, dan kerutan. Sebuah penelitian membuktikan manfaat minyak kelapa mampu menangkal sinar ultraviolet hingga 20%. Walaupun begitu, minyak kelapa tidak akan bisa melindungi kulit seefektif tabir surya konvensional yang bisa menangkal 90% sinar ultraviolet.

8. Meringankan sunburn

Karena sifatnya yang melindungi kulit dari sinar ultraviolet dan meredakan rasa sakit, manfaat minyak kelapa juga bisa menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari.

2 dari 4 halaman

Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut

ilustrasi rambut © Diadona

Selain untuk wajah, manfaat minyak kelapa ini bisa digunakan untuk kecantikan rambutmu. Berikut adalah manfaat minyak kelapa untuk rambut.

1. Untuk kesehatan rambut

Manfaat minyak kelapa, membantu dalam pertumbuhan rambut yang sehat dan memberikan rambut yang berkilau. Minyak kelapa juga sangat efektif dalam mengurangi hilangnya protein yang dapat menyebabkan kualitas rambut menjadi tidak sehat.

2. Mencegah rambut dari kekeringan

Sebuah studi membandingkan efektivitas minyak kelapa, mineral oil, dan minyak bunga matahari terhadap rambut. Ternyata hanya minyak kelapa yang mampu mencegah hilangnya protein secara signifikan dari batang rambut. Rambut sehat maupun rusak sama-sama menunjukkan hasil yang bagus saat dirawat dengan minyak kelapa.

3. Melancarkan sirkulasi darah di kulit kepala

Manfaat minyak kelapa selanjutnya adalah dapat melancarkan sirkulasi darah di kulit kepala. Gunakan masker minyak kelapa lalu pijat dengan lembut kulit kepala untuk meningkatkan sirkulasi darah kulit kepala. Dengan cara ini pula, rambut bisa mendapatkan nutrisi serta oksigen yang diperlukannya.

4. Membuat rambut jadi lebih halus dan lembut

Selain melembabkan, manfaat minyak kelapa juga bisa melembutkan. Kalau kamu bisa teratur menggunakan minyak kelapa sebagai masker, rambut akan terasa lembut serta halus.

5. Membuat rambut lebih hitam berkilau

Menggunakan minyak kelapa setiap hari sebagai minyak rambut membantumu rambut hitam dan berkilau. Zaman dahulu, banyak wanita yang melakukan perawatan menggunakan minyak kelapa. Dan hasilnya, sampai usia senja pun mereka masih memiliki rambut yang cukup hitam berkilau.

3 dari 4 halaman

Manfaat Minyak Kelapa untuk Payudara

Ilustrasi Wanita © Diadona

Siapa sangka minyak kelapa juga bisa untuk payudara? Mempercantik penampilan tentu sangat penting bagimu. Tak terkecuali payudara sekalipun. Berikut adalah manfaat minyak kelapa untuk payudara yang harus kamu ketahui.

1. Mengurangi stretch mark

Stretch mark adalah bekas luka yang dapat terjadi akibat peregangan kulit yang terlalu cepat atau melebihi kapasitas elastisnya. Stretch mark dapat terjadi di mana saja pada tubuh di mana kulit menjadi melar, seperti perut, pantat, paha, lengan bagian atas, bahkan payudara. Hal ini terjadi pada wanita maupun pria.

Stretch mark dapat dihasilkan dari kehamilan, membangun otot atau mengangkat beban berat, pembentukan payudara saat pubertas, dan pertambahan berat badan. Minyak kelapa memiliki sifat antiinflamasi dan dapat membantu mengurangi waktu penyembuhan untuk stretch mark yang ada. Kemampuannya untuk melembabkan kulit dalam juga dapat membantu mengurangi rasa gatal yang terkait dengan stretch mark.

2. Mencerahkan kulit

Manfaat minyak kelapa terkadang digunakan untuk mencerahkan kulit. kamu dapat mencoba memijatnya langsung ke stretch mark kamu untuk meringankannya, atau mencampurnya dengan jus lemon sebelum digunakan.

3. Mencegah stretch mark

Minyak kelapa sangat emolien dan dapat membantu menjaga kulit tetap terhidrasi. Ini mungkin membuatnya lebih elastis dan lebih mudah untuk diregangkan. Kandungan asam lauratnya juga membuatnya mudah diserap jauh ke dalam lapisan kulit, di mana ia mungkin memiliki efek positif pada produksi kolagen. Gunakan minyak kelapa sebagai pengobatan topikal, atau coba masukkan ke dalam bak mandi untuk kulit sutra.

4 dari 4 halaman

Manfaat Minyak Kelapa untuk Bibir

ilustrasi bibir © Diadona

Selain untuk kecantikan di atas. Minyak kelapa juga sangat bermanfaat untuk kecantikan bibir. Salah satunya adalah memerahkan warna bibir alami kamu. Berikut adlaah manfaat minyak kelapa untuk bibir.

1. Mengobati bibir pecah-pecah

Karena sifatnya yang melembapkan, minyak kelapa juga bisa dijadikan obat bibir kering dan pecah-pecah. Cukup oleskan minyak kelapa pada kulit bibir yang kering, kemudian diamkan semalaman. Kamu juga bisa mengoleskan minyak kelapa pada kapas higienis, lalu gunakan untuk menggosok-gosok lembut kulit bibir yang kering.

2. Membuat bibir tampak cerah

Gunakan minyak ini sebagai pelembap bibir sehari-hari. Sebelum tidur oleskan juga tipis-tipis saja.
Jika rutin melakukan kebiasaan ini sehari-hari, minyak kelapa yang mengandung asam lemak esensial yang menjaga bibir sehat dan terhidrasi. Sehingga perlahan-lahan bibir pun menjadi cerah.

3. Sebagai scrub alami

Minyak kelapa ini juga dapat dijadikan sebagai scrub bibir alami untuk mengangkat kulit sel-sel mati, yang kemudian menjadikan bibirmu pink alami.

Bahan:
- 1 sdt minyak kelapa
- 1 sdt jus lemon
- 1/2 sdt madu
- 3 sdt gula

Cara:
- Campurkan minyak kelapa, jus lemon, dan madu dalam sebuah wadah. Tambahkan gula dan aduk hingga merata sempurna selama lima hingga delapan detik.

- Aplikasikan scrub pada bibir kamu sembari pijat dengan gerakan melingkar. Berikan sedikit tekanan pada bibir kamu ketika mengaplikasikannya untuk mengalirkan darah sehingga bibir terlihat pink alami.

- Biarkan scrub pada bibir selama 30 detik hingga satu menit.

- Setelah mengering, angkat scrub dengan kain basah. Kemudian bersihkan bibir kamu dengan air bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin satu kali dalam seminggu, lihat sendiri perubahan pada bibir pink kamu.

Setelah mengetahui manfaat minyak kelapa di atas, manfaat manakah yang menarik bagimu untuk dicoba? Tulis jawabanmu di kolom komentar ya!

Beri Komentar