19 Manfaat Kulit Kentang Rebus dan Jusnya untuk Masker Wajah

Reporter : Bagus Prakoso
Jumat, 3 Januari 2020 18:40
19 Manfaat Kulit Kentang Rebus dan Jusnya untuk Masker Wajah
Selain karbohidrat, kentang juga memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh dan wajah. Selain itu, kentang juga bisa diolah menjadi berbagai macam olahan

Kentang adalah umbi yang biasa diolah menjadi sayur sup maupun kentang goreng. Ternyata, Kentang memiliki banyak manfaat yang banyak. Selain sumber karbohidrat alami, kentang juga memiliki kandungan lain yang bermanfaat bagi tubuh.

Kentang mengandung nutrisi seperti vitamin A, B-kompleks, vitamin C hingga asam folat. Dalam 100 gram kentang terdapat antara lain:
- Kalori: 87gr
- Air: 77 persen
- Protein: 1,9 gram
- Karbohidrat: 20,1 gram
- Gula: 0,9 gram
- Serat: 1,8 gram
- Lemak: 0,1 gr
- Kalium
- Asam klorogenik
- Katekin
- Lutein
- Glycoalkaloids

Apa saja sih manfaat kentang yang bisa kamu dapatkan? Berikut kami rangkum beberapa manfaat kentang yang bisa kamu peroleh.

1 dari 4 halaman

Manfaat Kentang Rebus

Selain sumber karbohidrat, kentang dikenal karena punya beragam manfaat. Apalagi jika dikonsumsi dengan cara dikukus. Pasalnya, mengonsumsi kentang yang direbus dapat memaksimalkan kandungan gizinya. Sementara jika diolah dengan digoreng justru bisa menambah angka kolestrol jahat dalam tubuh.

Berikut adalah manfaat kentang rebus yang bisa kamu dapatkan:

1. Kesehatan jantung

Manfaat kentang rebus adalah untuk kesehatan jantung. Asupan kalium yang tinggi dan natrium yang lebih rendah dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Kentang juga mengandung banyak serat yang bisa membantu menurunkan jumlah kolesterol dalam darah.

2. Fungsi otak

Manfaat kentang rebus dapat meningkatkan fungsi otak. Berbagai macam vitamin dan mineral dalam kentang dapat memengaruhi fungsi otak. Kandungan fosfor, seng, dan vitamin B kompleks memiliki peran tersebut. Sifat vasodilatasi kalium juga dapat menstimulasi fungsi otak karena meningkatkan aliran darah.

3. Mencegah kanker

Manfaat kentang rebus ternyata juga dapat mencegah kanker. Kentang mengandung folat yang berperan dalam sintesis dan perbaikan DNA. Hal ini dapat mencegah berbagai jenis sel kanker yang terbentuk karena mutasi pada DNA.

Selain itu, Vitamin C dan quercetin juga berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan dapat melindungi sel terhadap kerusaan akibat radikal bebas.

4. Mengatasi batu ginjal

Kentang mengandung magnesium yang dapat menghambat akumulasi atau pengendapatan kalsium di ginjal. Dengan rutin konsumsi kentang rebus, kamu bisa mendapat manfaat kentang rebus dengan yang satu ini.

5. Menyehatkan pencernaan

Manfaat kentang rebus yang selanjutnya adalah dapat menyehatkan pencernaan. Kentang mengandung banyak serat apalagi jika dimasak dengan cara direbus. Konsumsi kentang rebus dapat meningkatkan sekresi cairan lambung yang bisa memudahkan pencernaan dan mencegah sembelit.

2 dari 4 halaman

Manfaat Masker Kentang untuk Wajah

Ilustrasi Wajah Wanita © Diadona

Selain dikonsumsi untuk kesehatan tubuh, kentang juga memiliki manfaat untuk wajah. Kandungan antioksidan pada kentang dipercaya mampu mencegah penuaan dini, mencerahkan wajah dan lain-lain. Apa saja manfaat masker kentang untuk wajah yang lain? yuk kita simak!

1. Menghilangkan mata panda

Kentang efetktif dalam menghilangkan lingkaran hitam di sekitar mata karena sifatnya yang mampu mencerahakan secara alami.

Kamu bisa melakukannya dengan mengupas kentang menjadi potongan besar. Setelah itu bungkus dengan kain atau sapu tangan dan letakan di mata selama 15 hingga 20 menit. kemudian bersihkan dengan air hangat. Kamu bisa mendapat manfaat masker kentang ini dengan penggunaan secara teratur.

2. Menghilangkan keriput

Manfaat masker kentang untuk wajah sangat berguna untuk menghilangkan tanda-tanda penuaan dini. Salah satunya adalah kulit yang mengkeriput. Kandungan antioksidan dalam kentang ternyata dapat membantu menghilangkan keriput.

Antioksidan yang ada dalam kentang dapat melawan radikal bebas. Dengan begitu, kentang dapat mencegah kerusakan oksidatif pada sel-sel kulit. Proses ini dapat mengurangi tanda-tanda penuaan dini seperti garis-garis halus, kerutan, bintik-bintik penuaan, dan lainnya.

3. Memperbaiki kulit kering

Manfaat masker kentang untuk wajah dapat mengatasi kulit kering. Kentang memiliki kemampuan membuat kulit lembut dan sehat, yang dapat membantu melawan kulit kering.

Caranya cukup parut kentang kemudian tambahkan setengah sendok teh ke dalamnya sehingga membentuk masker. Oleskan masker pada wajah dan diamkan 20 menit. Basuh dengan air.

Kamu bisa mendapat manfaat kentang yang satu ini dengan rutin menggunakan masker wajah secara teratur.

4. Mengangkat sel kulit mati

Kentang adalah salah satu bahan pengelupas kulit mati secara alami. Dengan menghilangkan sel kulit mati, akan membantu membersihkan kotoran dari kulit wajah.

Caranya cukup parut beberapa kentang yang telah dikupas dan oleskan di wajah sebagai masker wajah. Lalu biarkan selama sekitar sepuluh menit hingga mengering. Setelah mengering, bilas dengan air bersih.

5. Pencerah kulit

Manfaat kentang selanjutnya adalah sebagai pencerah kulit wajah. Kentang mengandung enzim katekolase yang membantu mengurangi bintik gelap, bekas jerawat dan noda di wajah.

Kandungan ini juga digunakan sebagai pemutih kulit alami. Kamu bisa menggunakan irisan kentang dingin dan letakan di wajah sebagai masker. Kamu bisa merasakan manfaat masker kentang ini dengan penggunaan secara teratur.

3 dari 4 halaman

Manfaat Kulit Kentang

ilustrasi kulit kentang © Diadona

Beberapa sayuran tertentu biasanya dimasak langsung dengan kulitnya karena dipercaya berkhasiat untuk kesehatan. Salah satunya adalah kentang. Manfaat kulit kentang ternyata bisa sangat berkhasiat untuk kesehatan.

Kentang mengandung kalsium, kalium, tiamin, vitamin C, zat besi dan serat makanan yang bisa mengurangi kolesterol. Kentang juga memiliki sifat anti bakteri, penyembuhan dan antioksidan serta kulit kentang yang baik untuk menghilangkan racun.

Tidak heran jika kulit kentang bisa membantu mengobati gejala diabetes, mengurangi tekanan darah, menyembuhkan luka dan lain sebagainya.

Selain untuk kesehatan tubuh, kulit kentang juga bermanfaat untuk kecantikan. Salah satunya untuk rambut dan kulit. Kulit kentang ternyata bisa membantu menghilangkan ketombe, memperkuat dan memberi kilau pada rambut.

Kulit kentang juga dipercaya bisa mengurangi bintik gelap pada wajah dan dipercaya mengurangi lingkaran hitam pada mata, serta merawat kulit berminyak dan berjerawat.

4 dari 4 halaman

Manfaat Jus Kentang

Jus kentang? Pasti masih asing ditelinga kamu mendengar jus kentang. Bagaimana rasanya? tentu kamu yang belum mencoba juga masih menerka-nerka bagaimana rasanya. Nah, ternyata jus kentang mentah memiliki segudang manfaat lho.

Kentang lebih terkenal dikonsumsi dengan cara digoreng atau direbus. Menurut penelitian, kentang mentah adalah salah satu solusi rumah untuk kesehatan yang bisa dicoba. salah satunya dengan cara dijus. Apa saja manfaat jus kentang untuk kamu? Yuk kita simak!

1. Menetralkan asam lambung

Manfaat jus kentang yang pertama dapat menenangkan perut kamu. Hal ini karena jus kentang bersifat basa. Jus kentang bisa membantu kamu menetralkan asam lambung. Selain itu manfaat kentang yang satu ini dapat meredakan sakit perut serta gangguan pencernaan dengan mengonsumsinya secara dijus.

2. Baik untuk kesehatan kulit

Manfaat jus kentang selanjutnya adalah dapat membantu kesehatan kulit. Kandungan dalam kentang dipercaya dapat mencegah kulit dari kekeringan. Selain itu, manfaat kentang yang satu ini bisa mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh kulit yang terbakar matahari.

3. Detoksifikasi

Manfaat jus kentang yang ketiga adalah sebagai detoksifikasi yang efektif. Kentang dapat membantu membersihkan hati serta kantong empedu.

Kamu bisa mendapat manfaat kentang yang satu ini dengan rutin mengonsumsi jus kentang secara teratur di pagi hari.

4. Mengatasi anemia

Kandungan zat besi dan folat pada kentang baik untuk produksi sel darah merah dalam tubuh. Oleh krena itu, jus kentang sangat efektif digunakan sebagai pencegah atau pengobatan anemia.

5. Antiinflamasi

Manfaat kentang selanjutnya adalah sebagai anti inflamasi. Hal ini karena jus kentang memiliki antioksidan.

Ini baik bagi penderita eksim, radang sendi, dan nyeri sendi. Kamu bisa mendapat manfaat kentang yang satu ini dengan rutin minum jus kentang mentah setiap paginya.

Ternyata banyak ya manfaat dari umbi yang satu ini. Tertarik untuk mengonsumsi dan menggunakan masker untuk wajah kamu? Semoga bermanfaat.

Beri Komentar