19 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Jantung

Reporter : Sofi
Jumat, 21 Februari 2020 13:38
19 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Jantung
Tidak hanya untuk penyedap, manfaat bawang putih juga bisa kamu gunakan untuk kesehatan badan kamu loh.

Kamu pasti sudah tidak asing dengan bawang putih. Bawang putih ini biasa digunakan untuk bumbu masakan. Tapi selain itu, bawang putih juga bermanfaat untuk kesehatan loh.

Menurut penelitian, bawang putih mengandung minyak atsiri yang berkhasiat sebagai antibakteri alami. Berikut adalah manfaat bawang putih untuk kesehatan yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Manfaat Bawang Putih bagi Kesehatan

Penggunaan bawang putih sebagai obat herbal dapat dilakukan dengan dua cara yaitu mengonsumsi suplemen ekstrak bawang putih atau dapat juga mengonsumsi bawang putih mentah secara langsung. Berikut manfaat bawang putih bagi kesehatan.

Ilustrasi Bawang Putih © Diadona

Membasmi kolesterol jahat

Mengkonsumsi bawang putih secara teratur sudah terbukti dapat meningkatkan produksi insulin pada tubuh. Dan juga secara signifikan dapat memangkas kolesterol jahat atau LDL hingga 15%. Tidak perlu khawatir, karena bawang putih tidak akan mempengaruhi kolesterol baik (HDL). Maka dari itu, manfaat bawang putih untuk kesehatan adalah membasmi kolesterol jahat.

Mengobati infeksi paru-paru

Manfaat bawang putih untuk kesehatan selanjutnya adalah mengobati infeksi paru-paru. Sifat antibakteri dan antimikroba akan melawan kuman, bakteri, dan mikroba yang menjadi penyebab infeksi paru-paru. Rajinlah mengkonsumsi bawang putih 2 siung setiap hari.

Mengobati sakit gigi

Ilustrasi Sakit Gigi © Diadona

Sakit gigi umumnya disebabkan oleh bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Nah, antibakteri pada manfaat bawang putih untuk kesehatan akan segera membasmi. Dan juga kandungan analgesiknya ampuh untuk mengurangi rasa sakit yang terjadi akibat sakit gigi.

Membantu menurunkan berat badan

Dengan lancarnya sistem metabolisme tubuh, maka lemak yang tertumpuk pada bagian tertentu pada tubuh akan berkurang karena kini kamu mempunyai sistem metabolisme tubuh yang lebih baik. Dengan manfaat bawang putih untuk kesehatan ini kamu bisa menurunkan berat badanmu.

Mengobati keputihan

Manfaat bawang putih untuk kesehatan sudah merupakan resep herbal turun temurun dikarenakan zat-zat yang mengandung sifat antibakteri dan antijamur. Cara mengobati keputihan dengan bawang putih dapat dikatakan cukup efektif. Mengonsumsi bawang putih secara rutin bahkan dapat menghambat bakteri masuk pada area kewanitaan.

Kamu bisa mengkonsumsi bawang putih dengan cara apapun asalkan rutin dan teratur. Begitulah cara mengobati keputihan dengan bawang putih.

Meningkatkan imunitas

Semua kandungan yang ada pada manfaat bawang putih untuk kesehatan terutama vitamin C nya akan menguatkan sistem imunitas atau sistem kekebalan tubuh. Kamu bisa mengkonsumsinya baik dengan cara dimakan mentah maupun di jus.

Menurunkan tekanan darah tinggi

Ilustrasi Hipertensi © Diadona

Manfaat bawang putih untuk kesehatan mengandung antioksidan dan juga allicin. Kedua senyawa ini memiliki kemampuan untuk menurunkan tekanan darah tinggi dengan melancarkan sistem peredaran darah dan juga menyehatkan arteri.

Mengobati psoriasis

Psoriasis merupakan penyakit kulit yang terjadi karena peradangan seperti kulit mengelupas, gatal, dan disertai nyeri. Sifat antiinflamasi pada manfaat bawang putih untuk kesehatan dapat mengobati penyakit tersebut. Kamu bisa memakan mentah bawang putih bisa juga dengan mengoles-oles bawang putih pada kulit yang mengalami peradangan.

Mengobati jamur kaki

Sifat antiinflamasi dapat mengobati hingga sembuh jamur kaki dan juga dapat mengeringkan luka dan menyamarkan bekas jamur kaki.

Mencegah alzheimer dan demensia

Mengkonsumsi bawang putih dalam jumlah banyak terbukti dapat meningkatkan enzim antioksidan pada tubuh, hal ini akan mendukung mekanisme perlindungan tubuh terhadap kerusakan oksidatif sehingga dapat mencegah alzheimer dan demensia.

2 dari 3 halaman

Manfaat Bawang Putih Tunggal untuk Kesehatan

Salah satu jenis bawang putih yang bisa kamu jumpai dan memiliki manfaat kesehatan lainnya adalah bawang putih tunggal. Berikut adalah manfaat bawang putih tunggal untuk kesehatan.

Ilustrasi Bawang Putih Tunggal © Diadona

Mengobati sakit gigi

Manfaat bawang putih untuk kesehatan dapat menyembuhkan sakit gigi. Sifat antiseptik dalam bawang putih tunggal dapat membunuh kuman penyebab sakit gigi, sehingga nyeri dapat teratasi. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengunyah bawang putih tunggal saat sakit gigi. Senyawa allicin dalam bawang putih tunggal lah yang bisa membunuh kuman penyebab sakit gigi.

Mengobati diabetes

Manfaat bawang putih untuk kesehatan memiliki sifat hipoglikemik yaitu bisa menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Cara mengobati diabetes dengan bawang putih lanang adalah dengan menggepreknya terlebih dahulu, lalu dikunyah. Selain itu, kita juga bisa mencampurnya dengan madu sebagai penambah rasa namun pastikan agar madu tersebut adalah madu asli rendah gula.

Menurunkan kadar kolesterol

Manfaat bawang putih untuk kesehatan dikenal efektif untuk menurunkan tingkat kolesterol dari 500-100 miligram kolesterol. Sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa bawang putih mampu meningkatkan kadar kolesterol yang baik pada tubuh. Cara mengonsumsinya adalah dengan merebus bawang putih dengan air atau dihaluskan.

Mengatasi ambeien

Kandungan allicin yang tinggi dalam bawang putih tunggal berfungsi sebagai antioksidan dan antibakteri. Cara menggunakan bawang putih tunggal sebagai obat ambeien adalah dengan menghaluskannya terlebih dahulu kemudian dioleskan pada sekitar anus atau daerah yang sakit. Selain dioleskan, bawang putih tunggal juga bisa dikonsumsi dengan cara dijadikan jus sayuran.

Mengatasi flu

Ilustrasi Flu © Diadona

Manfaat bawang putih untuk kesehatan lainnya adalah untuk mengobati flu. Bumbu dapur ini kaya akan kandungan yang dapat memperbaiki sistem imun. Kandungan tersebut adalah vitamin C, selenium dan sulfut.

Senyawa tersebut sangat berkhasiat untuk mengatasi penyakit flu. Kamu bisa mencincang bawang putih sampai halus kemudian masukkan dalam satu gelas air, aduk merata lalu minum untuk mengobati penyakit flumu.

Mengobati asma

Memiliki sifat antiperadangan, bawang putih tunggal juga mampu mengobati penyakit asma. Asma sendiri termasuk dalam jenis penyakit radang. Cara menggunakannya adalah dengan menghaluskan bawang putih tunggal kemudian campur dengan madu lalu minum.

 

Mencegah demensia

Penyakit demensia adalah penyakit penurunan fungsi otak, salah satunya adalah penurunan daya ingat. Kandungan antioksidan dalam bawang putih tunggal mampu melindungi otak dari sel yang menua dan rusak, sehingga penyakit demensia dapat teratasi.

Mengobati infeksi paru-paru

Pada umumnya, infeksi paru-paru disebabkan bakteri, kuman dan virus pada paru-paru. Bawang putih tunggal mengandung sifat antimikroba dan antibakteri yang bisa mempercepat penyembuhan penyakit ini. Agar lebih maksimal, gunakan manfaat bawang putih tunggal dengan mengonsumsinya dua kali sehari.

3 dari 3 halaman

Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Jantung

Ilustrasi Jantung © Diadona

Manfaat bawang putih untuk kesehatan selanjutnya, yakni mengatur ritme jantung, sehingga membantu menyehatkan jantung dari gangguan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumsi bawang putih yang telah dikeringkan mampu mengurangi penumpukan plak lunak dan mencegah pembentukan plak baru di arteri. Plak tersebut berisiko terjadinya stroke dan serangan jantung.

Manfaat bawang putih untuk kesehatan, terbukti mampu menipiskan darah untuk berkurang dan melindungi dari gumpalan, sehingga memungkinkan zat besi untuk mengalir lebih baik bagi tubuh.

Jadi bagaimana menurutmu? Bagaimana kamu biasa mengolah bawang putih ini? Semoga bermanfaat!

Beri Komentar