18 Penyebab Mata Bengkak yang Perlu Kamu Tahu!

Reporter : Wicha Mashita
Senin, 29 Juni 2020 09:54
18 Penyebab Mata Bengkak yang Perlu Kamu Tahu!
Ternyata ada beberapa penyebab mata bengkak yang berbeda-beda nih!

Ada banyak ragam penyebab mata bengkak, mulai dari penyakut tertentu sampai kebiasaan yang bisa memicunya. Meski begitu kondisi mata bengkak ini nggak terlalu berbahaya kok, guys. Kamu bisa mengatasinya sendiri di rumah. Kecuali tanda dari penyakit tertentu yang perlu kamu waspadai ya!

Hal utama yang membuat mata bengkak adalah terjadinya cairan yang menumpuk secara berlebih di kelopak mata atau jaringan penghubung sekitar mata. Apalagi di area kantung mata. Siapa nih yang kantung matanya sering jadi mata panda?

Pembengkakan kantung mata ini bisa terjadi karena melemahnya jaringan dan otot yang bertugas menopang kelopak mata. Biasanya hal ini memang muncul sebagai tanda penuaan. Kalau yang masih muda, kenapa mengalaminya ya?

1 dari 7 halaman

Penyebab Kelopak Mata Bengkak

Penyebab Mata Bengkak © Diadona
Pertama kita akan membahas penyebab kelopak mata terlebih dulu. Berikut ini beberapa hal yang bisa memicu kondisi tersebut.

Alergi


Mengalami alergi bisa menjadi salah satu penyebab mata bengkak. Hal ini bisa karena salah satu gejala saat kontak dengan zat pemicu alergi, seperti debu, serbuk sari, makanan tertentu atau bahkan obat-obatan tertentu.

Biasanya kalau mata bengkak karena alergi juga muncul gejala lain guys. Bisa seperti mata terasa gatal, bersin, hidung tersumbat, wajah membengkak atau sesak napas.

Selulitis Orbita


Mata yang menjadi bengkak karena selulitas orbita ini biasa terjadi pada anak-anak yang cukup berbahaya karena bisa mengalami kebutaan.

Oleh sebab itu perlu ditangani dengan tepat. Biasanya disertai gejala lain, seperti mata merah, nyeri saat menggerakkan bola mata dan penglihatan mulai buram.

2 dari 7 halaman

Hordeolum


Penyakit yang satu ini sejenis infeksi yang biasa dikenal dengan istilah bintitan. Mulanya gejala akan muncul berupa benjolan kemerahan, gatal dan sakit di kelopak mata. Di hari selanjutnya benjolan akan berubah seperti jerawat besar atau bisul.

Mata bengkak karena bintitan ini dikarenakan kelenjar air mata atau kelenjar minyak yang terkena infeksi. Kamu bisa mengatasinya dengan kompres mata pakai air hangat guys.

Konjungtivitas


Kalau yang satu ini menjadi penyebab mata bengkak paling umum. Kondisi konjungtivitas ini ditandai dengan mata merah, gatal, berair dan belekan. Konjungtivitas ini diakibatkan infeksi karena virus, bakteri atau produk perawatan tertentu seperti sampo.

 

 

3 dari 7 halaman

Blefaritis


Ada juga blefaritas yang menjadi penyebab mata bengkak lainnya. Kondisi ini bisa dikarenakan dermatitis seborik, infeksi, tersumbatnya kelenjar minyak di kelopak mata atau adanya kutu di bulu mata.

Kalazion


Kalau kalazion gejalanya mirip sama bintitan atau hordeolum tadi guys. Namun penyebabnya bukan karena infeksi, melainkan adanya penyumbatan kelenjar minyak di kelopak mata. Kalazion membuat mata bengkak tanpa rasa sakit loh dan akan mengempis sendiri dalam beberapa hari.

 

4 dari 7 halaman

Penyakit Graves


Kelainan endoktrin yang membuat kelenjar tiroid menjadi terlalu aktif disebut dengan penyakit graves. Hal ini mengakibatkan kelenjar tiroid melepaskan sel-sel imunitas untuk memerangi infeksi di mata.

Padahal, infeksinya nggak pernah terjadi. Karena hal ini lah antibodi yang dilepaskan malah membuat kelopak mata meradang dan membengkak. Jadi antibodi justru menyerang kelopak mata yang tadinya baik-baik saja.

Herpes Mata


Tau nggak sih, penyebab mata bengkak bisa karena herpes mata atau herpes okular loh! Penyakit ini diakibatkan infeksi vorus herpes yang menyerang mata. Gejalanya muncul bintil berair dan bergerombol kemerahan.

5 dari 7 halaman

Jadi itu tadi guys, beberapa penyebab mata bengkak karena penyakit tertentu. Nah gejala lain yang bisa timbul itu kayak di bawah ini.

1. Mata menjadi sensitif terhadap cahaya.

2. Mata iritasi dengan muncul rasa gatal atau seolah ada kotoran yang mengganjal di mata.

3. Mata merah.

4. Kelopak mata bersisik karena kering.

5. Penglihatan terganggu karena terhalang pembengkakan.

6. Produksi air mata berlebihan, sehingga mata jadi berair terus.

7. Muncul rasa sakit, apalagi kalau mata jadi bengkak karena iritasi.

6 dari 7 halaman

Penyebab Kantung Mata Bengkak

Penyebab Kantung Mata Bengkak © Diadona
Selain kelopak mata, ada juga penyebab kantung mata bengkak dikarenakan kebiasaan buruk sehari-hari nih guys!

1. Kurang tidur bisa menjadi salah satu faktor paling umum penyebab kantung mata bengkak loh! Hayo.. siapa nih yang suka begadang?

2. Penuaan menjadi faktor alamiah kantung mata membengkak. Sebab terjadi kondisi penurunan kemampuan otot dan jaringan mata.

3. Kelelahan ditambah kurang tidur? Wah, siap-siap deh punya mata panda.

4. Setelah menangis mata juga bisa jadi bengkak.

5. Alergi.

7 dari 7 halaman

6. Kerusakan pembuluh darah.

7. Terlalu banyak mengonsumsi kafein, seperti kopi, teh dan cokelat juga bisa menjadi penyebab kantung mata bengkak loh! Kurang-kurangin deh!

8. Tembakau, yap, yang suka merokok nih rawan loh!

9. Keturunan atau faktor genetik juga bisa memengaruhi guys.

10. Wanita hamil juga biasanya rentan mengalami pembengkakan termasuk di mata.

Jadi, itulah beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab mata bengkak. Mulai dari kebiasaan buruk hingga tanda penyakit tertentu.

Beri Komentar