18 Manfaat Kacang Tanah Rebus untuk Ibu Hamil

Reporter : Sofi
Kamis, 9 Januari 2020 18:29
18 Manfaat Kacang Tanah Rebus untuk Ibu Hamil
Kulit kacang tanah, ternayata bisa kamu konsumsi. Apa saja manfaatnya dan bagaimana caranya? Berikut adalah manfaat kacang tanah yang harus kamu tahu.

Kacang tanah ( Arachis hypogaea ) adalah kacang-kacangan yang berasal dari Amerika Selatan. Di Amerika Serikat, kacang tanah jarang dimakan mentah. Sebaliknya, mereka paling sering dikonsumsi dipanggang atau sebagai selai kacang.

Kacang kaya akan protein, lemak, dan berbagai nutrisi sehat. Studi menunjukkan bahwa kacang tanah bahkan mungkin bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung. Berikut adalah manfaat kacang tanah yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Manfaat Kacang Tanah untuk Ibu Hamil

ilustrasi ibu hamililustrasi ibu hamil © pixabay.com

Manfaat kacang tanah bisa juga untuk ibu hamil. Nutrisi di dalamnya dapat mencegah anemia pada ibu hamil. Untuk lengkapnya, berikut adalah manfaat kacang tanah untuk ibu hamil.

1. Asupan folat

Kacang tanah mengandung asam folat tinggi yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Manfaat kacang tanah ini pastinya bisa mendukung pertumbuhan otak dan perkembangan otot. Selain itu, asam folat juga membantu pembentukan sumsum tulang belakang.

2. Mencerdaskan anak

Penelitian menemukan bahwa ibu hamil yang mengkonsumsi kacang tanah di trimester pertama kehamilannya, menyebabkan anak yang dilahirkannya lebih cerdas. Kecerdasan ini teerlihat dari hasil tes kognitif, kapasitas perhatian dan juga memori anak.

3. Mencegah anemia

Penyakit anemia merupakan penyakit yang sangat rentan dimiliki oleh ibu hamil. Untuk itu, kamu harus memenuhi kandungan zat besi pada tubuh ibu hamil, konsumsi kacang tanah secara cukup. Sebab, kacang tanah kaya akan kandungan zat besi dan mampu memenuhi kebutuhan zat besi pada ibu hamil.

4. Meningkatkan Kesuburan

Buat pasangan yang sedang merencanakan kehamilan, mengonsumsi kacang tanah dapat meningkatkan fertilitas. Disarankan pasangan untuk mengonsumsi kacang tanah setidaknya 100 gram per hari untuk meningkatkan kemungkinan kehamilan. Manfaat kacang tanah juga baik dikonsumsi semasa kehamilan, sebab kandungan asam folatnya dapat mendukung perkembangan otak dan saraf janin.

2 dari 4 halaman

Manfaat Kacang Tanah Rebus

Ilustrasi Kacang TanahIlustrasi Kacang Tanah © simplyrecipes.com

Salah satu cara untuk mengelola kacang tanah ini adalah dengan merebusnya. Hal ini bisa mengurangi kadar minyak dalam mengelola kacang tanah ini. Berikut manfaat kacang tanah rebus yang harus kamu ketahui.

1. Mengurangi risiko batu empedu

Kacang tanah alami maupun kacang tanah berbentuk selai dapat mengurangi risiko batu empedu dalam tubuh. Selain itu, kacang tanah juga bisa mencegah berbagai infeksi hati dan kantung empedu sebanyak 50%.

2. Mencegah stroke

Manfaat kacang tanah selanjutnya yaitu dapat mencegah stroke. Sebab, kacang tanah mengandung antioksidan dan juga resvreratrol yang dapat meningkatkan produksi oksida nitrat yang baik untuk mencegah stroke.

3. Menurunkan kolestrol

Kacang tanah mengandung asam lemah tak jenuh yang sangat tinggi. Sehingga bisa menurunkan kolestrol jahat dalam tubuh. Selain itu, asam lemak tinggi pada kacang tanah ini juga dapat mencegah penyakit jantung.

4. Mencegah penyakit jantung

Manfaat kacang tanah bisa didapatkan dengan mengonsumsinya secara teratur dan dalam jumlah yang dianjurkan. Hal ini sangat membantu menjaga kesehatan jantung. Pada kacang tanah terdapat asam oleat yang baik bagi jantung, yang menurunkan risiko kardiovaskuler yang menjadikan terjadinya penyakit jantung koroner. Optimalkan dengan tidak menggoreng kacangnya, sajikan dengan direbus atau dikukus.

3 dari 4 halaman

Manfaat Kulit Kacang Tanah

Ilustrasi Kacang TanahIlustrasi Kacang Tanah © health.harvard.edu

Kulit kacang tanah memiliki dua bagian, yaitu kulit kacang tanah ari dan kulit kacang tanah luar yang keras. Kulit kacang tanah yang dapat dikonsumsi adalah kulit kacang tanah ari yang berwarna coklat dan tipis menyelimuti kacang itu sendiri. Ahli gizi Persagi, Rita Ramayulis, DCN, M.Kes mengatakan bahwa kandungan kacang kulit ari kacang tanah ini persis seperti kandungan yang terdapat pada kacang tanah.

Jadi kulit ari ini kaya akan karbohidrat, lemak, terutama lemak tidak jenuh, dan protein. Berikut adalah manfaat kulit kacang tanah yang harus kamu tahu.

1. Obat tradisional paru-paru basah

Penyakit paru-paru basah atau bronkitis biasanya identik dengan hawa dingin dan kebiasaan keluar malam.

Bahan:
- Air
- Kulit ari kacang tanah
- Gula merah

Cara:
- Rebus kulit ari kacang pada air hingga mengental, atau kadar air berkurang banyak. Setelah itu matikan kompor.

- Saring air rebusan.

- Beri gula merah secukupnya pada air rebusan yang telah disaring sebelumnya.

- Minum selagi hangat, dan konsumsi 2 kali sehari selama 10-12 hari untuk mendapatkan manfaatnya.

2. Pembuat minuman isotonik

Kulit ari kacang tanah dapat dibuat sebagai minuman isotonik karena memiliki kandungan lemak, protein, karbohidrat, lesitin, kolin, serta vitamin A, B, C, D, E dan K.

Bahan:
- Air
- Kulit ari kacang tanah

Cara:
- Rebus kulit ari kacang tanah hingga mendidih.

- Angkat dan saring air rebusan ke dalam gelas.

- Kemudian beri gula dan garam secukupnya pada minuman tersebut, dan siap disajikan.

3. Meningkatkan trombosit

Trombosit merupakan bagian darah yang memiliki peran proses pembekuan darah agar tidak banyak yang terbuang pada saat pendarahan.

Bahan:
- 1 genggam kulit ari kacang tanah
- Air

Cara:
- Rebus air dan kulit ari kacang tanah hingga mendidih.

- Angkat dan tuang ke dalam gelas. Dinginkan

- Setelah dingin, minuman ini dapat dikonsumsi sebanyak 3 kali dalam sehari untuk merasakan manfaatnya.

 

4 dari 4 halaman

Manfaat Makan Kacang Tanah

Ilustrasi Kacang TanahIlustrasi Kacang Tanah © foodbusinessnews.net

Makan kacang tanah ini dipercaya dapat memebri asupan nutrisi lemak, dan protein bagi kesehatan tubuh. Kandungan protein juga lemak sehat di dalam kacang tanah dipercaya sangat baik dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Kacang tanah yang dikonsumsi secara rutin dalam porsi tepat, bisa sangat bermanfaat sehat buat tubuh. Berikut adalah manfaat kacang tanah yang harus kamu ketahui.

1. Mencegah risiko kanker perut

Poli fenolik dan antioksidan yang terkandung dalam kacang tanah mampu mengurangi risiko kanker perut di dalam tubuh. Nutrisi dalam kacang tanah dipercaya bisa mengurangi produksi karsinogenik nitroud amina penyebab utama tumbuhnya sel kanker di perut.

2. Kandungan nutrisinya baik untuk tubuh

Manfaat kacang tanah ini dapat mengontrol kemunculan berbagai penyakit seperti penyakit jantung, diabetes, risiko mengidap penyakit kandung empedu dan kanker, bahkan dapat menurunkan tekanan darah.

Hal ini karena kacang tanah sangat kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh seperti vitamin B6, vitamin E, magnesium, asam folat, asam pantotenat, thiamine, fosfor, kalium, seng, besi, tembaga, mangan, dan selenium.

3. Mengurangi depresi

Depresi memiliki beberapa pemicu mulai dari faktor genetik, perubahan atau pun paparan lingkungan serta gangguan neurologis yang disebabkan oleh paparan bahan kimia di otak. Produksi serotonin memengaruhi kemunculan depresi. Pada kacang tanah memiliki kandungan triptofan asam amino. Kandungan ini mampu memberikan manfaat kacang tanah berupa untuk pembentukan serotonin. Serotonin ini sangat membantu dalam membentuk suasana hati yang positif.

4. Meningkatkan memori

Kacang tanah diyakini dapat meningkatkan memori. Ini disebabkan karena adanya kandungan niacin dan resveratrol yang dapat melancarkan sirkulasi peredaran darah ke otak, sehingga dapat menguatkan ingatan. Selain itu, manfaat kacang tanah juga dapat meningkatkan konsentrasi serta memberikan tidur yang lebih lelap buatmu yang kerap mengalami gangguan tidur.

5. Mencegah keriput

Kacang tanah ternyata baik untuk kulit, terutama dalam mencegah keriput. Kacang tanah mengandung vitamin E yang dapat membantu mengurangi garis serta kerutan pada kulit. Tidak hanya itu, kandungan riboflavin dan vitamin B pada kacang juga akan membuat kulit lebih bersinar.

6. Antiaging

Manfaat kacang tanah lainnya adalah sebagai makanan yang dapat menunda penuaan. Penelitian menunjukkan terdapat molekul antiviral resveratrol yang tinggi di mana kandungan yang sama ditemukan pula pada anggur merah yang dapat melawan penuaan. Antiviral resveratrol ini dapat mengurangi produksi radikal bebas dan meminimalisir kerusakan kulit yang berhubungan dengan sinar matahari. Selain itu, resveratrol in juga dapat menghambat perkembangan dan pertumbuhan tumor serta kanker kulit.

7. Baik untuk kulit

Mengingat kacang tanah mengandung vitamin E, vitamin B6 dan nutrisi baik lainnya, kacang tanah memiliki manfaat mengagumkan untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Dengan konsumsi kacang tanah secara teratur, hal ini bisa bantu kulit terbebas dari bahaya radikal bebas penyebab kerusakan kulit.

Jadi, tidak takut lagi untuk mengonsumsi kacang tanah lagi bukan setelah mengetahui manfaat apa saja yan gada dalam kacang tanah? Semoga bermanfaat!

Beri Komentar