17 Tanda-Tanda Haid Mau Datang dan Awal Kehamilan, Serupa tapi Beda!

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Sabtu, 30 Mei 2020 14:46
17 Tanda-Tanda Haid Mau Datang dan Awal Kehamilan, Serupa tapi Beda!
Antara tanda-tanda haid dan tanda hamil emang banyak kemiripan. Padahal, kedua kondisi tersebutt kontradiktif, ya kan?

Tanda-tanda haid emang penting banget diketahui untuk menentukan aktivitas perempuan. Misalnya, yang berkaitan dengan ibadah atau kegiatan di luar. Karena sangat khas, biasanya tanda ini bakalan berbeda di setiap orang.

Tapi kebanyakan, perempuan udah paham banget dengan perubahan yang ada pada tubuhnya. Selain udah paham siklus mereka, biasanya mereka punya alarm tubuh tersendiri yang ngasih tau kalau tanda-tanda haid mau datang.

Tapi karena berbeda setiap orang yang bisa berubah, yuk simak lagi gimana sih tanda-tanda haid yang mungkin muncul?

1 dari 3 halaman

Tanda Awal Kehamilan Sebelum Telat Haid

ilustrasi test pack © Diadona

Test pack untuk mengetahui kehamilan biasanya baru bisa digunakan setelah umur kehamilan beberapa lama. Sementara, udah nggak sabar kan pengen kepastian beneran hamil atau engga.

Ada beberapa kondisi tubuh yang bisa menjadi acuan, tapi sayangnya tanda hamil muda ini hampir tumpang tindih dengan tanda-tanda haid yang bakalan muncul.

Biar lebih jelas, simak deh uraian di masing-masing kondisi.

2 dari 3 halaman

Tanda-Tanda Mau Haid

Tanda-Tanda Haid © Diadona

Tanda-randa haid bakalan dateng biasanya dikenal dengan istilah PMS. Ada 13 tanda nih, apa aja?

Payudara yang Mengeras

Kadar progesteron mulai meningkat di tengah siklus di sekitar ovulasi. Ini membuat kelenjar susu di payudara membesar. Perubahan ini menyebabkan payudara terasa sakit, bengkak, tepat sebelum atau selama menstruasi.

Payudara jadi Lembut

Bisa juga nih ini menjadi tanda-tanda haid. Maka, penting banget kan untuk mengenali perubahan pada payudara. Selain untuk tahu tentang siklus haid, juga untuk mendeteksi adanya masalah pada payudara.

Masalah Usus

Karena usus ini sensitif terhadap perubahan hormon, maka mungkin terjadi perubahan pada waktu kamu BAB sebelum dan selama menstruasi.

Kram Perut

Ini merupakan tanda-tanda haid yang paling umum. Kram menstruasi ini biasanya dimulai beberapa hari menjelang menstruasi dan berlangsung selama beberapa hari atau lebih lama setelah menstruasi dimulai.

Rasa sakitnya ini punya tingkat kesakitan yang bervariasi, bisa aja tumpul, ringan, sedang, atau sakit banget sampe berasa pengen teriak-teriak.

Jerawat

Tahu nggak sih kalau sekitar setengah dari perempuan di seluruh dunia, menjadikan kemunculan jerawat sbagai tanda-tanda haid akan datang?

Saat terjadi ovulasi tapi tidak terjadi kehamilan, maka kadar estrogen dan progesteron menurun dan androgen, seperti testosteron, sedikit meningkat. Androgen inilah yang dalam sistem tubuh merangsang produksi sebum, minyak yang diproduksi oleh kelenjar sebaceous kulit. Akibatnya, muncullah jerawat.

Kecapekan

Saat haid semakin dekat, tubuh bakalan mengatur diri dari mode 'siap hamil', jadi 'siap menstruasi'. Hormon bakalan menurun, trus tanda-tanda haid berupa kelelahan bakalan terjadi. Bahkan perubahan mood juga bakalan membuat seseorang ajdi merasa lelah.

Kembung

Eh, bukan kembung karena masuk angin ya?

Perubahan kadar estrogen dan progesteron dapat menyebabkan tubuh menahan lebih banyak air dan garam dari biasanya. Nah, ini lho penyebab munculnya tanda-tanda haid berupa kembung.

Sakit Kepala

Serotonin adalah neurotransmitter yang sering memicu migrain dan sakit kepala. Estrogen dapat meningkatkan kadar serotonin dan jumlah reseptor serotonin di otak pada titik-titik tertentu selama siklus menstruasi. Interaksi antara estrogen dan serotonin dapat menyebabkan migrain terjadi pada mereka yang rentan terhadap kedua hormon tersebut.

Ngerasa Haus

Beberapa saat menjelang menstruasi, biasanya wanita jadi merasa sering haus. Ini terjadi karena terjadi retensi air.

Perubahan Suasana Hati

Jadi moody? Tanda-tanda haid ini lebih karena tingkat hormon estrogen dan progesteron yang berfluktuasi.

Susah Tidur

Tanda-tanda mhaidseperti kram, sakit kepala, dan perubahan suasana hati semua dapat mempengaruhi tidur. Misalnya, ajdi susah mulai tidur atau bikin tidur kurang nyenyak.

Keputihan dengan Konsistensi Tertentu

Tahu nggak sih kalau kondisi keputihan bisa menjadi pertanda siklus pada tubuh. Misalnya, kesuburan, atau tanda-tanda haid. Sebelum haid, biasanya keputihan bakalan berupa lendir yang kental seperti lem.

Ngidam

Nggak cuman hamil doang, ngidam juga bisa menjadi tanda-tanda haid. Hal ini nggak bisa dijelaskan sih. Selain ngidam, biasanya juga terjadi kenaikan nafsu makan

3 dari 3 halaman

Tanda Awal Kehamilan Sebelum Haid

Ilustrasi Ibu Hamil © Diadona

Siklus kehamilan bisa aja berbeda dan nggak teratur tiap bulannya. Jadi, bisa banget kalau mau cari tanda kehamilan tanpa harus menunggu terlambatnya haid.

Apa aja yang bisa menjadi tanda kehamilan?

Bercak dan Kram

Setelah masa pembuahan, sel telur yang telah dibuahi oleh sperma akan menempel di dinding rahim. Ini dapat menyebabkan salah satu tanda awal kehamilan yaitu bercak dan kadang-kadang munculnya kram.

Perubahan pada Payudara

Perubahan pada payudara nggak cuman sebagai tanda-tanda haid, tapi bisa juga tanda kehamilan.

Misalnya, apakah payudara merasa penuh, namun lembut saat disentuh. Area di sekitar puting susu, yang disebut areola, juga bisa menjadi gelap.

Gampang Capek

Di awal kehamilan, perempuan jadi merasa lebih mudah lelah bahkan hanya dalam waktu satu minggu di masa kehamilan. Karena ini sering berhubungan dengan tingginya tingkat hormon yang disebut progesteron, meskipun hal-hal lain - seperti gula darah yang rendah, tekanan darah rendah, bisa sangat berkontribusi.

Morning Sickness

Wah, ini sih biasanya nggak perlu nunggu tanda-tanda haid nih untuk memastikan lagi hamil atau tidak.

Tanda-tanda haid yang saling tumpang tindih dengan tanda kehamilan memang sering bikin bingung sih. Dikiranya mau haid, eh ternyata malah merupakan tanda hamil.

Beri Komentar